Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK BAHASA INDONESIA

PTK BAHASA INDONESIA-Penelitian bukanlah hal asing bagi seorang guru, termasuk dengan PTK (penelitian tindakan kelas).  Mengapa diberi nama dengan penelitian tindakan kelas? Diketahui nama ini dulunya berasal dari data penelitian tindakan. Penelitian tindakan awalnya dilakukan di negara-negara Eropa dan Amerika. Kebanyakan di gunakan untuk memecahkan berbagai macam permasalahan seperti halnya pengangguran. Seiring berjalannya waktu, metode penelitian tersebut semakin berkembang dan digunakan di bidang pendidikan. Penelitian tindakan dilakukan para praktisi dalam lingkungan kelas, sehingga disebut sebagai penelitian tindakan kelas. Awal mula ini yang menjadi cikal bakal terbentuknya berbagai macam penelitian, seperti PTK Bahasa Indonesia SD.

Pengertian PTK adalah penelitian yang dilakukan guru di dalam kelasnya sendiri, dengan refleksi diri dan bertujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru. Sehingga, hasil belajar dari siswa bisa meningkat dan maksimal. Pelaksanaan PTK Bahasa Indonesia bukanlah hal yang mudah bagi seorang guru, yang mana PTK adalah sarana dalam pemenuhan keprofesionalan. Dan menjadi wajib untuk melaksanakan dan mengetahui langkah seperti apa yang dirancang.Melaksanakan PTK ini diperlukan perencanaan dan persiapan yang baik, agar hasil yang didapat dari pelaksaanaan mancapai hasil yang maksimal. Terutama dalam penggunanaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan EYD.

CONTOH PTK BAHASA INDONESIA SMP CERITA FABEL KELAS 7

PTK SMP BAHASA INDONESIA KURANGNYA MINAT BACA ANAK

Dalam langkah awal yakni melakukan perencanaan yang isinya mengidetifikasi masalah, merumuskan masalah dan pemecahan masalah. Dalam kegiatan perencanaan sebaiknya dilakukan dengan baik untuk menunjang sempurnanya hasil.Kemudian ke tahap pelaksanaan menerapkan langkah-langkah yang telah direncakan pada tahap awal dalam lingkungan kelas. Dalam pelaksanaan tindakan yang dilakukan harus mengalir apa adanya tanpa rekayasa dan kaku, sehingga kesannya lebih alamiah.Setelah proses pelaksanaan dilaksanakan proses pengamatan (observing) peneliti harus menguraikan hasil data yang didapat saat penelitian, cara pengumpulan dan alat yang digunakan dalam proses pengambilan data. Karena akan berpengaruh terhadap proses selanjutnya dan hasilnya juga relevan dengan yang dimaksudkan di awal. Seperti angket, wawancara dan dokumen lainnya.
Ketika seorang guru Bahasa indonesia melakukan tindakan dalam kelas dengan otomatis perhatian dipusatkan pada reaksi siswa dan tindakannya.dengan dilaksanakan tahap pengamatan selanjutnya adalah refleksi, refleksi merupakan kegiatan mengemukakan kembali apa yang telah dilaksanakan. Atau bisa disebut sebagai tahap evaluasi diri.Pelaksanaan PTK Bahasa Indonesia SMP merupakan kebutuhan yang penting bagi tenaga pendidik agar mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas serta kuantitas proses pembelajaran bahasa. Penelitian tindakan kelas berpengaruh terhadap keprofesionalan seorang guru.Guru akan menjadi lebih kreatif karena dituntut untuk melakukan upaya inovasi dari berbagai teori dan teknik pembelajaran. 
Seperti halnya guru Bahasa Indonesia yang diharuskan untuk bisa membuat inovasi dalam pembelajarannya tidak hanya menggunakan metode ceramah saja. Agar suasana pembelajaran tidak monoton dan mampu meningkatkan hasil belajar.Berikut beberapa contoh judul PTK Bahasa Indonesia SMA yang dapat membantu dalam pelaksanaan dan memudahkan dalam mencari inovasi  pembelajaran yang baru.

  • MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN TEKNIK PERMAINAN TERKA GAMBAR BERKELOMPOK PADA SISWA KELAS IV 

  • PENERAPAN   METODE   DEMONSTRASI UNTUK  MENINGKATKAN MENULIS KARANGAN PADA SISWA  KELAS  III  

  • PENGGUNAAN TEKNIK PERMAINAN BAHASA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII 

  • MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA TENTANG TEKS DESKRIPSI DENGAN METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS VII 

  • PENGGUNAAN MEDIA IKLAN NIAGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PERSUASI PADA SISWA KELAS X 

  • PENINGKATAN  KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI DARI TEKS WAWANCARA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXPLISIT INSTRUCTIONS  TEKNIK  RONOLOGIS PERISTIWA PADA SISWA KELAS XI  


Terima kasih telah berkunjung di blog Kami yang membahas PTK Bahasa Indonesia. Semoga PTK  Bahasa Indonesia ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Post a Comment for "PTK BAHASA INDONESIA"