Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013

CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013-PTK, Penelitian tindakan kelas ini mengkaji penggunaan metode demonstrasi dengan memicu kemampuan siswa dalam menulis karangan oleh siswa guna meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran menulis karangan di kelas VI SD Negeri ptk bahasa indonesia sd kelas 3

Tujuan tindakan penelitian untuk mengetahui apakah metode demonstrasi dalam mengajarkan menulis karangan dapat meningkatkan kemampuan siswa ? ptk sd kelas 4 bahasa indonesia pdf data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrument test formatif dalam bentuk pertanyaan tertulis,hasil observasi  terhadap siswa selama pembelajaran berlangsung dilakukan pengolahan data dengan teknik deskriftif melalui perhitungan presentase contoh ptk sd. 
Data statistik dalam bentuk angka kemudian ditafsirkan secara kualitatif. dan untuk mengukur sikap siswa terhadap metode pembelajaran digunakan dengan skala ordinal data yang diperoleh tersebut kemudian ditafsirkan secara kualitatif dan hasil tindakan pada setiap siklus I dan  II, menunjukkan :(1) prestasi siswa meningkat menjadi 84%, pada katagori baik sekali. (2) hasil test belajar siswa secara tertulis ada kenaikan hingga 30%,(siklus.I = 7%, Siklus.I=11% dan pada Siklus.II=30%) download ptk sd lengkap doc.

Berdasarkan penelitian tindakan kelas ini dapat disarankan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran menulis karangan cerita dapat meningkatkan prestasi belajar siswa ptk bahasa indonesia sd kelas 6.  

PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK  MENINGKATKAN MENULIS KARANGAN PADA SISWA  KELAS  VI  SDN 

Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991 
DOWNLOAD PTK 

Contoh Lengkap PTK Bahasa Indonesia Kelas 5 SD

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah
Menulis karangan adalah adalah bagian dari kompetensi yang harus dimiliki oleh semua anak, sehingga perlu pelajaran menulis karangan cerita di kelas VI Sekolah Dasar karena saat ini dirasakan kurang sehingga tidak sedikit peserta didik bila di beri pelajaran mengarang mereka tidak mampu berbuat dan ini merupakan suatu tantangan sehingga penulis merasa penting untuk mencoba melakukan pemecahan masalah dengan menggunakan  metode demontrasi. Penulis membuat sebuah Pokok uraian judul penelitian tindakan kelas yang penulis bahas mengenai “ Penerapan metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Cerita di Kelas VI SDN, dengan latar belakang yang penulis dapat dikemukakan seperti berikut, bahwa Suparno Mohamad Yunus (2007:13), menyatakan bahwa menulis mempunyai makna dan arti sebagai suatu kegiatan penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan bahasa tulis sebagai alat atau medianya, sedangkan tulisan merupakan sebuah simbol atau lambang bahasa yang dapat dilihat dan disepakati pemakaiannya. penelitian tindakan kelas kurikulum 2013

Menurut ilmu psikologi dengan pekerjaan  menulis akan memiliki   beberapa manfaat  yang    didapat, yaitu  diantaranya dalam hal : (1)  peningkatan kecerdasan, (2)  pengembangan daya  inisiatif dan  kreativitas, (3) penumbuhan keberanian ptk bahasa indonesia sd kelas 3 dan (4) pendorong kemauan dan kemampuan mengumpulkan informasi. Bila seseorang enggan menulis, itu karena tidak tahu untuk apa dia menulis,merasa tidak berbakat menulis, dan merasa tidak tahu bagaimana harus menulis.

PTK Bahasa Indonesia SD Doc

BAB II
KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS TINDAKAN


A. Kajian Teori
1. Pembelajaran Menulis 
Sebuah proses pembelajaran tidak bisa bisa terlepas dari tulis menulis, sehingga menulis sebagaimana dikemukakan Suparno Mohamad Yunus (2007:13) adalah sebagai suatu penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan bahasa tulis sebagai alat atau medianya. Pekerjaan menulis merupakan pekerjaan yang tidak mudah terutama bagi peserta didik yang masih duduk dibangku kelas VI Sekolah Dasar dan karena itu dalam penelitian tindakan kelas akan dibatasi kepada upaya membimbing peserta didik untuk membiasakan download ptk bahasa indonesia sd diri belajar menulis dengan tulisan yang baik menurut kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar melalui metodologi yang dipergunakan dengan demonstrasi, artinya dengan melakukan pertunjukan cara-cara merangkai kata-kata sehingga mengandung arti dan dapat dipahami makna katanya oleh pembaca seusia peserta didi, lebih jauh dapat dipahami makna katanya oleh pembaca untuk segala umur.

Seperti dikemukakan oleh W.J.S Poerwadarminta (1984:445), bahwa menulis karangan cerita adalah sebagai uraian tentang sesuatu hal buatan atau rekaan, seperti sajak dan lagu, sedangkan makna cerita sebagai tuturan yang membentangkan bagaimana terjadinya sesuatu peristiwa atau kejadian, atau rekaan yang menuturkan perbuatan pengalaman atau penderitaan orang baik yang sungguh-sungguh terjadi ataupun yang hanya rekaan belaka. ptk sd kelas 3 bahasa indonesia kurikulum 2013 Sedangkan pengertian metode demonstrasi menurut pendapat di atas adalah pertunjukan mengai cara-cara memakai perkakas-perkakas baru, namun disini dimaksudkan suatu cara yang dipergunakan guru dalam menyajikan dan/atau menyampaikan materi pembelajaran menulis karangan cerita pada peserta didik yang sedang menduduki kelas dasar.

Contoh PTK Bahasa Indonesia SD

BAB III
METODE PENELITIAN


A. Setting Penelitian
Penelitian yang penulis maksudkan disini adalah  Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Reasearch). Dalam garis besarnya pelakanaan penelitian tindakan ini menggunakan 4 (empat) langkah yaitu pengembangan plan (perencanaan), act (tindakan), observe (pengamatan), dan reflect (perenungan) yang dilakukan secara sistematis, dan penelitiannya dilaksanakan di kelas V pada SD Negeri contoh proposal ptk bahasa indonesia sd

Fokus penelitian menekankan pada penggunaan metode demontrasi dalam mengajarkan menulis karangan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas SD Negeri 094099 Sirube-rube Kec. Dolok Pardamean Kabupaten Simalungun pada semester ganjil  tahun pelajaran 2017/2018. Dan penelitian ini dilakukan dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan dengan teknik pembelajaran menggunakan metode demonstrasi.

Penentuan jadwal waktu penelitian tindakan kelas di kelas VI SD  ini dilaksanakan selama  3 bulan mulai bulan Agustus tahun  2017 sampai dengan bulan Oktober tahun  2017,  sesuai dengan (RPP) Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran yang telah ditetapkan ptk bahasa indonesia sd kelas 6. 

Download PTK bahasa Indonesia Kurikulum 2013

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A. Hasil  Penelitian
Data hasil dari penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dalam kegiatan proses belajar mengajar dan merupakan bahan repleksi untuk merenungkan kembali hal-hal yang telah disampaikan dalam pembelajaran yang sudah barang tentu ada kekurangan dengan maksud guna memperbaiki dan meningkatkan hasil kegiatan belajar mengajar di kelas, begitu pula dari hasil pelaksanaan test menulis sebuah karangan, berkeinginan juga untuk mengetahui hasil belajar siswa. download ptk sd kelas 6 lengkap kurikulum 2013. Oleh karena maksud dari uraian di atas diharapkan hasil penelitian tindakan kelas ini dapat dibahas dengan lancar dan baik hasilnya.

1. Penelitian Awal
Dalam penelitian awal, peneliti melakukan observasi internal, kelas maupun lingkungan, dari situasi dan kondisi maupun karakteristik siswa hal ini dimaksudkan untuk memperoleh inpormasi dan masukkan tentang permasalahan-permasalahan yang ada hubungannya dengan rencana kegiatan dalam proses belajar mengajar dan selanjutnya membuat perencanaan pelaksanaan pembelajaran (RPP) untu pelajaran menulis karangan di kelas VI SD Negeri ,

2. Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I
Pelaksanaan pembelajaran menulis karangan pada kelas VI SD Negeri, dirancang menjadi dua siklus, membahas tentang materi pembelajaran menulis karangan berdasarkan pengalaman pribadi dalam judul pengalaman liburan yang mengasyikkan.  contoh ptk kelas 6

DAFTAR PUSTAKA

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas.
Iga Wardana , dkk,  2007, Penelitian Tindakan  Kelas,  Penerbit  Universitas Terbuka.  Mulyana,2002,
Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konse Karakteristik dan Implementasi, penerbit PT.  Rema Rosada Karya Bandung.
Sukardi, 2003. Metode Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Perakteknya Penerbit  Bumi Aksara. 
Suparno Mohamad Yunus,2002,Keterampilan Menulis,Penerbit Universitas Terbuka
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) RPP, Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas III Semester I dan II, 2007.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SIKLUS 1 
Jenjang : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VI/1
Pokok Bahasan : Cerita Pendek
Sub Pokok Bahasan : Pengalaman Pribadi
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit

Standar Kompetensi : Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
Kompetensi Dasar : Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita 
                                       pengalaman teman yangdidengarnya download ptk sd kelas 6 doc
Indikator : 1. Mendengarkan cerita pengalaman
  2. Menjawab pertanyaan
  3. Menanggapi cerita
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mendengarkan cerita pengalaman.
2. Siswa dapat menjawab pertanyaan.
3. Siswa dapat menanggapi cerita.
II. Materi Pokok
Cerita pengalaman, gambar
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, latihan, pemberian tugas, model
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
Siswa dan guru bertanya jawab tentang pengalaman yang pernah dialaminya.
Guru membahas tentang materi pembelajaran menulis karangan berdasarkan pengalaman pribadi dalam judul pengalaman liburan yang mengasyikkan. 
B. Kegiatan Inti
guru memotivasi siswa untuk belajar sungguh-sungguh
guru menyampaikan kepada siswa beberapa macam pertanyaan dengan menunjuk satu dua orang siswa secara random atau acak untuk dijawab oleh siswa
Siswa mendengarkan cerita pengalaman 
1-2 orang siswa ditampilkan di depan kelas untuk membaca karangan pengalaman pribadi siswa
guru selanjutnya meneruskan pembelajaran dan seluruh peserta didik diarahkan perhatiannya dengan mempersilahkan siswa untuk menulis karangan tentang pengalaman liburan yang mengasikan
guru menyuruh siswa untuk menulis karangan pribadinya
C. Kegiatan Akhir
guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran dan memberitahukan matreri pelajaran yang akan dipelajari selanjutnya. ptk bahasa indonesia sd pdf
Guru memberikan penguatan tentang kompetensi yang baru saja dipelajarinya.

Post a Comment for "CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013"