Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK BAHASA INDONESIA SD KELAS 4

PTK BAHASA INDONESIA SD KELAS 4-Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian tindakan kelas tentang permainan terka gambar yang dilakukan secara berkelompok untuk meningkatkan ketrampilan berbicara siswa pada siswa kelas IV semester I tahun ajaran 2017/2018, ..........ptk bahasa indonesia sd kelas 4
Jenis metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus tindakan, dan di setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV .......... yang berjumlah 13 siswa, yang terdiri dari 9 laki-laki dan 4 perempuan. Teknik analisa data menggunakan deskripsi kuantitatif, yaitu dengan melihat hasil pengamatan dan refleksi tentang peningkatan aktivitas belajar siswa berupa penilaian ketrampilan bicara siswa yang memenuhi indikator ketrampilan berbicara pada tahap pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. contoh ptk bahasa indonesia sd kelas 2

CONTOH PTK SD BAHASA INDONESIA UNTUK JURNAL

PTK BAHASA INDONESIA

CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013

PENELITIAN TINDAKAN KELAS TEMATIK SD KELAS II DOC

DOWNLOAD CONTOH PTK BAHASA INDONESIA KELAS III LENGKAP

CONTOH LAPORAN PTK BAHASA INDONESIA SD KURTILAS TERBARU

CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAHASA INDONESIA SD

DOWNLOAD CONTOH PTK BAHASA INDONESIA SD LENGKAP DOC

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pra siklus, jumlah siswa yang nilainya memenuhi indikator hanya 8 siswa. Setelah dilakukan siklus 1, jumlah siswa yang nilainya memenuhi indikator ketrampilan berbicara meningkat menjadi 11. Kemudian setelah dilakukan siklus 2, terjadi peningkatan siswa yang nilainya memenuhi indikator menjadi 18 dari 13 siswa.
Oleh karena itu, hasil penelitian ini menerima dan membuktikan kebenaran hipotesis yang menyatakan bahwa pembelajaran dengan menerapkan permainan terka gambar dengan berkelompok dapat meningkatkan ketrampilan berbicara siswa ptk bahasa indonesia sd kelas 3
Kemudian berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat juga diajukan saran-saran sebagai berikut:
1.    Untuk siswa, keterampilan berbicara yang sudah diperoleh hendaknya dipertahankan atau lebih ditingkatkan lagi.
2.    Untuk guru, perubahan yang baik ini hendaknya terus dikembangkan dan penerapan pendekatan, metode, dan teknik yang tepat dapat terus dipertahankan
3.    Untuk sekolah, kiranya sekolah dapat memberi kesempatan untuk peningkatan keterampilan berbicara para siswanya secara lebih intensif.


MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBICARA SISWA PADAPELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN TEKNIK PERMAINAN TERKA GAMBAR BERKELOMPOK PADA SISWA KELAS IV MIN ............I TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991
DOWNLOAD PTK 

 

DOWNLOAD CONTOH PTK SD BAHASA INDONESIA


BAB I

PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang Masalah
Manusia adalah makhluk sosial yang harus berinteraksi dengan manusia lainnya, termasuk dengan lingkungan sekitarnya, sehingga peranan bahasa sebagai alat pengungkap ide, gagasan, dan perasaan menjadi sangat dibutuhkan. Bahasa adalah alat komunikasi verbal yang dimiliki manusia dan merupakan sarana perhubungan rohani yang sangat penting dalam hidup bersama (dalam Soejono, 1983). Dengan kemampuan berbahasa, seseorang akan mampu berkomunikasi dengan lainnya. Sebagaimana diungkap Pringgowidagdo (2001) bahwa bahasa menjadi sarana komunikasi manusia dalam berhubungan sosial. download ptk bahasa indonesia sd
Keterampilan berbahasa seseorang dapat dikembangkan melalui lembaga pendidikan formal semacam sekolah. Bahasa Indonesia menjadi salah satu mata pelajaran penting dan mempunyai pengaruh yang besar terhadap kemampuan siswa berkomunikasi dengan baik. Melalui pembelajaran Bahasa Indonesia, siswa dibekali dengan pengetahuan formal bahasa, baik yang terkait dengan pengetahuan kaidah bahasa, proses berbahasa, maupun keterampilan berbahasa. Keterampilan berbahasa meliputi empat macam, yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis.
Berbicara adalah merupakan keterampilan berbahasa yang bertujuan untuk mengungkapkan dan mengekspresikan ide, gagasan, serta perasaan secara lisan. Dengan berbicara akan terjalin komunikasi secara langsung antara komunikasi dan komunikator yang mencakup proses transaksi dan negosiasi dalam interaksi mereka. Kemampuan berbicara sangat penting, terkait dengan prinsip utama pembalajaran bahasa bahwa awalnya anak dibelajarkan berbicara dan mendengarkan, baru kemudian membaca dan menulis. Dengan keterampilan berbicara yang memadai, seseorang akan mampu berkomunikasi lebih efektif dengan yang lain. Dengan demikian, ia akan mampu mengkomunikasikan segala sesuatu dengan lancar, baik dan lengkap.


LAPORAN HASIL PENELITIAN PTK GURU BAHASA INDONESIA SD

BAB II

KAJIAN PUSTAKA


2.1. Kajian Teori
2.1.1. Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan yang menjadi identitas bangsa Indonesia. Untuk menjaga kelestarian dan kemurnian bahasa Indonesia maka diperlukan berbagai upaya. Contoh upaya untuk menjaga kemurnian bahasa Indonesia adalah dengan menuliskan kaidah-kaidah ejaan dan tulisan bahasa Indo-nesia dalam sebuah buku yang disebut dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). EYD dapat digunakan sebagai pedoman dalam kegiatan berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan benar, baik komunikasi secara langsung maupun tidak langsung. Sedangkan upaya lain yang dapat digunakan untuk melestarikan bahasa Indonesia adalah dengan menanamkan bahasa Indonesia sejak dini. ptk sd kelas 4 bahasa indonesia pdf
Penanaman bahasa Indonesia sejak dini adalah memberikan pelatihan dan pendidikan tentang bahasa Indonesia sejak anak masih kecil. Pelaksanaan pendi¬dikan bahasa Indonesia pada anak dapat dilakukan melalui pendidikan informal, pendidikan formal, maupun pendidikan nonformal. Pendidikan informal dilaku-kan oleh keluarga di rumah. Pendidikan ini dilakukan saat anak berada di rumah bersama dengan keluarganya. Sedangkan pendidikan formal dilaksanakan di dalam lembaga pendidikan resmi mulai dari Madrasah sampai dengan perguruan tinggi. Dalam pendidikan formal ini gurulah yang berperan penting dalam menanamkan pengetahuan akan bahasa Indonesia. Sedangkan pendidikan nonformal dilaksanakan di luar rumah dan sekolah, dapat melalui kursus, pelatihan-pelatihan, pondok pesantren dan lain sebagainya.

download contoh ptk bahasa indonesia sd lengkap doc

BAB III

METODE PENELITIAN


    3.1. Setting dan Karakteristik Subjek Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di MIN .....ptk bahasa indonesia sd pdf.... Meskipun lingkungan sekolahnya tidak luas dan berlokasi pinggir sawah namun fasilitas di Madrasah ini cukup baik dan lengkap.
Penelitian tindakan ini dilakukan dalam kurun waktu 1 bulan, yang meliputi keseluruhan kegiatan penelitian dari persiapan hingga pelaporan. Pelaksanaan dilakukan di semester genap atas permohonan guru dengan alasan kelas IV saat itu adalah kelas yang bermasalah seperti yang muncul dalam penelitian ini (baca lampiran: Refleksi Guru).
Lokasi penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah di kelas IV semester gasal 2017/2018 MIN .......
Subjek penelitian ini adalah siswa-siswa kelas IV MIN Nanga Pinoh Guru pelaksanaan tindakan ini adalah guru yang diajak berkolaborasi dalam penelitian. Guru merasa kesulitan menggerakan siswanya untuk maju berbicara didepan kelas. Para siswa tampak takut, tertekan, stres, selalu mengeluh, dan bersikap masa bodoh jika diberi tugas berbicara. Hal ini dirasakan menjadi kendala guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, sehingga dipilihlah kelas ini sebagai subjek penelitian. Adapun objek penelitian tindakan ini adalah peningkatan keterampilan berbicara para siswa.
    3.2. Variabel yang Diselidiki
Variabel yang diteliti ada 2, yaitu:
1.    Teknik permainan terka gambar sebagai variabel bebas.
2.    Ketrampilan berbicara siswa sebagai variabel tergantung.
Dalam penelitian ada 2 variabel yaitu aktivitas siswa selama penerapan permainan terka gambar melalui diskusi kelompok dan prosentasenya sebagai variabel pertama, sedangkan variabel kedua adalah ketrampilan berbicara siswa setelah teori ini.


PTK Bahasa Indonesia SD Kelas 1

BAB IV

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN


4.1. Pelaksanaan Tindakan 4.1.1. Pra Siklus
Pada tahap pra siklus, guru memberikan penugasan secara individu (bukan cooperative learning), dimana satu per satu siswa maju ke depan kelas menjelaskan tentang cara penggunaan alat elektronik. Untuk mengetahui ketrampilan siswa sebelum dilakukan kegiatan siklus 1 dan siklus 2. Ptk bahasa indonesia sd kelas 6
Keadaan kegiatan belajar mengajar, siswa banyak bertanya pada guru, tidak berkomentar atas tampilan teman, banyak berbicara sendiri, kebanyakan diam, banyak yang bercanda, banyak yang tertawa-tawa. Sehingga siswa kurang semangat belajar, tidak percaya diri, ada yang malu-malu, banyak yang izin ke toilet, banyak yang bermain sendiri, ada beberapa yang membaca buku lain, ada juga yang ketiduran, hanya sedikit yang menyimak guru dan siswa lain. Suasana keadaan belajar tidak kondustif, membosankan, ramai dan tidak terkendali.
Hasil penilaian dengan standar penilaian yang telah disusun sebelumnya, dengan nilai maksimum 50 (sesuai aspek, unsur indikator, dan skor penilaian) pada pra siklus dapat dilihat pada tabel berikut ini:


DAFTAR PUSTAKA


Arsyad, G. Maidar, dan Mukti U. S. 1993. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Madusari, Endah Ariani dan Alamsyah, Teuku dan Dihanti , Evi. 2009. Metodologi Pembelajaran, Jakarta: Depdiknas
Mulyasa, E. 2007. Kurukulum Tin gkat Satuan Pendidikan. Bandung: Ramaja Rosdakarya
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE
Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD, diakses tanggal 3 Desember 2011,
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Pro gresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Zaini, Hisyam. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Pustaka Insan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan    :     MIN Nanga Pinoh
Kelas/Semester    :     IV/1
Tema    :     Peduli Terhadap Mahluk Hidup
Sub Tema     :     Keragaman Hayati di Indonesia
Pertemuan Ke    :     6
Alokasi Waktu     :     6 x 35 Menit

A. Kompetensi Inti
KI 1    :    Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2    :    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI 3    :    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4    :    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


2 comments for "PTK BAHASA INDONESIA SD KELAS 4"