Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PENELITIAN TINDAKAN KELAS TEMATIK SD KELAS II DOC

PENELITIAN TINDAKAN KELAS TEMATIK SD KELAS II DOC-Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui permainan kartu huruf tematik dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia bagi siswa kelas II SD Semester I Tahun 2016/2017.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas II SD Negeri Wanasari 10 Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi semester I Tahun 2016/2017. Model PTK yang digunakan model target dengan dua siklus dan langkah-langkah mulai dari perencanaan, implementasi dan observasi, sampai dengan refleksi. contoh proposal ptk tematik sd kurikulum 2013 Tehnik analisis yang digunakan statistik diskriptif yakni distribusi frekuensi, mean, skor minimal-maksimal, dan persentase Contoh PTK untuk publikasi Jurnal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan kartu huruf tematik dapat menjadi sumber belajar untuk meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas II SD Negeri Wanasari 10 Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi. Hal ini Nampak pada (1 ) Jumlah siswa yang tuntas dalam pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran yang biasa dan tidak menggunakan permainan kartu huruf tematik sebesar 16,6 %, Yang menggunakan permainan kartu huruf tematik pada siklus I sebesar 53,4 %, dan siklus II sebesar 93,4 % yakni peningkatan ptk sd kelas 1 tematik doc ketuntasan terjadi sebesar 36,7 % dan 40 %. (2) Skor rata-rata kelas dalam pembelajaran yang tidak menggunakan permainan kartu huruf tematik sebesar 52,40, yang menggunakan permainan kartu tematik pada siklus I sebesar 59,40 dan siklus II sebesar 69,10 yakni peningkatan sebesar 7 dan 5,7 (3) Skor minimal dan skor maksimal dalam pembelajaran yang tidak menggunakan download ptk sd kelas 2 tematik permainan kartu huruf tematik 30 dan 80 dan yang menggunakan permainan kartu huruf tematik pada siklus I adalah 30 dan 88 dan siklus II adalah 50 dan 88. Ini berarti skor minimal mengalami kenaikan 95 % dan skor maksimal mengalami kenaikan 0 %.

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA LANCAR MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF TEMATIK BAGI SISWA KELAS II SD NEGERI SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991
DOWNLOAD PTK 

PTK  Pembelajaran Tematik SD Kelas 2

BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang Masalah
Kemampuan membaca lancar untuk Siswa kelas II SD Negeri Wanasari 10 Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi rendah.Rendahnya kemampuan membaca bagi siswa kelas II ini dimungkinkan karena adanya beberapa faktor antara lain diri siswa yang belajar,keluarga, dan faktor lingkungan.
Harapan yang diinginkan dari penulis sebagai peneliti adalah yang semula siswa kurang dapat membaca lancar,pada ptk tematik kelas 4 akhirnya dapat membaca lancar .Sehingga setelah penerapan model pembelajaran dengan permainan kartu huruf tematik kemampuan membaca lancer meningkat menjadi 80 %.Untuk mencapai hasil yang diinginkan seperti tersebut maka penulis menerapkan pembelajaran dengan permainan kartu huruf tematik.

Selain ketiga faktor yang telah dipaparkan tersebut yang meliputi diri sendiri, keluarga dan lingkungan siswa yang belajar,maka bisa dimungkinkan masih ada faktor yang lain yang membuat rendahnya kemampuan membaca secara lancar bagi siswa. Secara jujur dapat dikatakan bahwa pola mengajar guru yang monoton, tidak berinovasi atau tidak menggunakan alat peraga sehingga membuat siswa belum bisa membaca secara lancar. Sebagai akibatnya hasil belajar rendah. Bukti bahwa hasil belajar siswa rendah,sesuai data yang penulis peroleh pada waktu di kelas I semester 2 dengan sejumlah 30 siswa,rata-rata nilai untuk pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi membaca lancar adalah 52,40. Sedangkan siswa yang mendapat nilai sama atau di atas KKM 60 hanya 5 siswa. Kemudian yang sisanya 25 siswa mendapat nilai di bawah KKM.

Sehingga sebelum di laksanakan penelitian ni lai ketuntasan keberhasi lan pembelajaran berkisar 16,6 %, sedangkan Siswa yang belum tuntas ada 83,4 %, skripsi ptk tematik sd dan masih jauh dari harapan. Hal itu terjadi dimungkinkan karena siswa belum bisa membaca secara lancar. Disamping itu strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang menarik. Kemudian cara seperti itu sebagai bukti pada guru bahwa, proses pembelajaran yang dilakukan kurang menarik perhatian siswa.ntuk membuktikannya hasil belajar siswa rendah, dapat dilihat pada tabel berikut ini .

Download Contoh PTK SD Kelas 2

BAB II
KAJIAN PUSTAKA


2.1. Kajian Teori
2.1.1. Kemampuan Membaca Lancar
Menurut Puji Santosa, (2008), Kemampuan membaca merupakan suatu proses yang dilakukan serta depergunakan pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media bahasa tulis. Dijelaskan pula bahwa membaca dapat dianggap sebagai proses untuk memahami hal tersirat dan melibatkan pikiran yang terkandung dalam kata-kata yang tertulis. contoh ptk tematik sd kurikulum 2013 Oleh sebab itu, pesan yang tersurat ataupun yang tersirat akan dipahami dalam proses membaca dan dapat terlaksana dengan baik.

Menurut Sulistianingsih (2008) membaca adalah pemahaman/understanding. Selain itu, membaca adalah proses kegiatan mencocokkan huruf atau melafalkan lambang­lambang bahasa tulis (Anderson yang dikutip oleh Harras dan Sulistianingsih, 2008 : 43). Pengertian lain dijelaskan oleh Bonomo yang dikutip oleh Harras dan Sulistianingsih (2008 :43 ) bahwa membaca merupakan proses memetik serta memahami arti atau makna yang terkandung dalam bahasa tulis. Selain itu, membaca ialah kegiatan memetik makna atau pengertian, bukan hanya deretan kata yang tersurat saja, melainkan juga makna yang terdapat diantara baris, bahkan makna yang terdapat dibalik baris tersebut (Goodman yang dikutip Harras dan Sulistianingsih, 2008 ).

Hasil belajar adalah perubahan sikap/tingkah laku setelah anak melalui proses belajar W.S Winkel ( 1999:77 ). Hasil belajar merupakan hasil yang dicapai peserta didik dalam menuntut suatu pelajaran yang menunjukkan taraf kemampuan peserta didik dalam mengikuti program belajar waktu tertentu sesuai dengan kurikulum yang telah ditentukan. ptk sd kelas 2 bahasa indonesia

Dari pendapat ketiga tokoh kajian teori itu,maka penulis menyimpulkan bahwa kemampuan membaca lancar adalah suatu proses yang dilakukan untuk memperoleh pesan yang tersirat pada tulisan atau bacaan melalui perbuatan dan prilaku seseorang.

Contoh PTK SD TEMATIK KELAS 2

BAB III
METODE PENELITIAN

3.1. Setting dan Subyek Penelitian
3.1.1. Jenis Penelitian
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK adalah tindakan (action) yang dilakukan berulang-ulang dalam rangka mencapai perbaikan yang diinginkan. 
3.1.2. Tempat dan Waktu penelitian
Penelitian dilakukan di kelas II SD contoh proposal ptk tematik sd kurikulum 2013 kelas 5 yang dilaksanakan pada semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. 
3.1.3. Subyek Penelitian
Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD ptk kelas 2 sd lengkap yang berjumlah 30 siswa terdiri dari 10 laki-laki dan 20 perempuan.
3.2. Variabel dalam PTK
Permainan kartu huruf tematik,dan kemampuan membaca lancar.Permainan kartu huruf tematik yaitu suatu pembelajaran bahasa Indonesia yang dilakukan di Sekolah dan pengerjaannya praktik membaca lancar oleh siswa. Hasil Belajar siswa adalah besarnya skor yang diperoleh dari pengamatan,presentasi,dan laporan yang dilakukan pada siklus I dan II.
3.3. Rencana Tindakan
Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai guru. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang dilaksanakan dari bulan September sampai bulan November 2016. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan kegiatan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Gambarkan kegiatan setiap siklusnya sebagai berikut :

Contoh PTK SD Kelas 2 Terbaru Lengkap

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN


4.1. Deskripsi Kondisi Sekolah
Sudah di jelaskan secara mendasar bahwa siswa kelas II SD ptk sd kelas 2 tematik sangat heterogen,baik dari tingkat sosial ekonomi ,pendidikan maupun penghasilan dan pekerjaan orang tua.Karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Memang selama ini pembelajaran di kelas II SD Negeri ptk kelas 2 sd doc belum seperti yang diharapkan.Hal itu disadari, karena untuk menciptakan situasi belajar seperti yang diharapkan pada tujuan pendidikan,harus ditunjang berbagai faktor.Akhirnya proses pembelajaran di kelas II hanya dilaksanakan pembelajaran yang berpusat pada guru.Adapun proses pembelajaran yang dimaksud adalah sebagai berikut

Pertama seperti biasa guru menjelaskan operasional secara ceramah. Kemudian dilanjutkan dengan menjelaskan materi pembelajaran. Pada saat seperti ini diharapkan siswa dapat memperhatikan dan mendengarkan..Setelah selesai pembelajaran guru mengadakan evaluasi secara tertulis dan mengoreksinya.

Ternyata setelah dikoreksi hasilnya masih jauh belum seperti yang diharapkan, yaitu anak yang mendapat nilai sama atau di atas KKM ada 5 siswa sedangkan anak yang mendapat nilai kurang atau di bawah KKM ada 25 siswa. Sehingga sebelum dilaksanakan penelitian keberhasilan pembelajaran berkisar 16,6 %.Kemudian nilai rata-rata kelas mencapai 52,40. Hal itu dimungkinkan karena siswa tidak senang terhadap cara maupun strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru. Kemudian cara seperti ini sebagai bukti pada guru bahwa ketika menjelaskan materi pembelajaran,tidak semuanya siswa mendengarkan dan memperhati kan tetapi kebanyakan bermain sendiri tidak fokus pada pelajaran.

Melihat situasi dan kondisi seperti itu,maka dilaksanakanlah pembelajaran berikutnya yang biasa disebut pembelajaran siklus I dan siklus II.Pada kesempatan ini dibuat proses pembelajaran bentuk lain yaitu pembelajaran yang diawali dengan penyusunan skenario dan instrumen-instumen yang dapat menunjang dalam proses pembelajaran seperti lembar obserfasi,butir-butir soal ,Lembar kerja siswa dan tugas pekerjaan rumah siswa contoh ptk sd kelas 2 kurikulum 2013

DAFTAR PUSTAKA

Abimanyu,Soli,dkk.2008.Media Pembelajaran,Jakarta : DIKTI.
Departemen Pendidikan Nasional. ( 2008 ). Model Silabus Kelas I BSNP. Jakarta
Departemen Pendidikan Nasional. ( 2007 ). Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal SD BSNP. Jakarta
Miarso (2007) Media pembelajaran adalah se gala sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran.
Oemar Hamalik.1993.Metode dan Kesulitan Belajar.Bandung Tarsito.Russeffendi,E.T
Puji Santosa,dkk. ( 2008 ). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Piaget ( 1990 ) Cara Belajar Anak Teori Perkembangan kognitif.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SIKLUS 1

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Tema : Lingkungan
Kelas/Semester : II / 1
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit ( 3 x pertemuan)
Pelaksanaan : 27 Oktober ,7 dan 21 November 2016
I. Standar Kompetensi Membaca
     Memahami teks pendek dengan membaca lancer dan membaca puisi anak
II. Kompetensi Dasar
     Membaca lancar
III. Tujuan Pembelajaran 
Setelah berakhirnya pelajaran siswa dapat :
Membaca teks dengan bersuara.
Meringkas isi bacaan.
Menyususn kalimat menjadi cerita
Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin (discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness )
Kerja sama ( cooperation )
Toleransi ( tolerance )
Percaya diri ( confidence )
Keberanian ( bravery )
IV. Materi Pembelajaran : 
Hidup gotong royong
Gerakan meniru alam diri sendiri, kegiatan sehari-hari.
V. Metode Pembelajaran
1. Ceramah.
2. Demontrasi.
3. Permainan.
4. Pemberian tugas.
5. Tanya jawab.
VI. Langkah-Langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal (10 menit)
Apersepsi/Motivasi :
Mengisi daftar kelas,berdoa,mempersiapkan materi ajar, model ,alat peraga. 
Memperingatkan cara duduk yang baik ketika membaca.
Mengumpulkan tugas/PR
Pertemuan 1 ( Hari Kamis 27 Oktober 2016 ) B Indonesia
B. Kegiatan Inti (40 menit)
~ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
1. Melalui penjelasan guru tentang waktu diharapkan siswa dapat membaca dan menunjukkan waktu tepat dan setengah.
2. Guru membaca pesan pendek diharapkan siswa dapat menceritakan kembali isi cerita dengan kalimat sendiri. ptk bahasa indonesia sd kelas 6
~ Elaburasi
Dalam kegiatan elaburasi :
1. Membiasakan peserta didik membaca yang beragam melalui tugas­tugas yang bermakna.
2. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas ,diskusi,dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik tentang bermain kartu huruf
3. Member kesempatan untuk berfikir menganalisis ,menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
4. Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaburatif
5. Memfasilitasi peserta didik berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
6. Memfasilitasi peserta didik dalam membuat laporan eksplorasi yang
dilakukan baik lisan maupun tertulis baik individu/kelompok.
7. Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran ,turnamen,festifal,serta
produk yang dihasilkan.
8. Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Post a Comment for "PENELITIAN TINDAKAN KELAS TEMATIK SD KELAS II DOC"