Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PROPOSAL PTK BAHASA INDONESIA SMA LENGKAP

Salam sejahtera rekan guru semuanya! Semoga selalu berada dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa dan diberi semangat mengajar tunas-tunas muda Indonesia. Kali ini, Admin akan membahas salah satu mata pelajaran yang lumayan banyak di teliti juga, yaitu PTK SMA Bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia merupakan alat komunikasi nasional milik negara Kita, dimana juga digunakan berdampingan dengan dialek daerah masing-masing. Di sekolah sendiri, mata pelajarannya sudah diajarkan sejak dari Sekolah Dasar.

Namun, banyak sekali yang berkata kalau Bahasa Indonesia sejatinya merupakan mata pelajaran kamuflase. Karena terlihat sekali begitu mudah saat rekan guru menerangkannya kepada murid-murid. Garis besarnya, hanya soal membaca dan menulis.

Di balik itu semua, terdapat banyak sekali unsur-unsur penyusun bahasa, kalimat formal dan informal, penggunaan tanda baca, ejaan sesuai EYD dan masih banyak lagi yang sebenarnya jarang disadari murid-murid. Sehingga, menjadikan mata pelajaran ini termasuk sulit dicerna oleh para siswa.

Permasalahan utama dalam mata pelajaran ini yang masih banyak dikeluhkann dalam PTK SMA Bahasa Indonesia ialah rendahnya minat baca serta analisis kebahsaan para murid, bagaimanapun cara para rekan guru telah menerangkan materi proposal ptk.
Bahkan, tidak Admin sangka pula kalau masih banyak anak yang kesulitan mendapatkan nilai 100 dalam mata pelajaran ini. Paling bagus pun rata-rata hanya terjebak di angka 98 atau di bawahnya. Menjadikan Bahasa Indonesia juga salah satu pelajaran menakutkan di sekolah.

Ada dua faktor utama dan harus dibenahi terkait pengajaran mata pelajaran ini, yaitu bagaimana cara memberikan metode terbaik untuk menghilangkan kemalasan murid akan banyaknya bacaan serta penggunaan media yang tepat oleh guru agar siswa semakin menyukai Bahasa Indonesia.

Tidak hanya itu, dalam penelitian berbasis tindakan kelas seperti ini, Admin begitu berharap bahwa rekan guru sekalian juga bisa mengubah lingkungan belajar siswa menjadi lebih baik lagi. Karena hal tersebut juga bagus untuk para pengajar sendiri. 

Oleh sebab itu, PTK SMA Bahasa Indonesia begitu diperlukan oleh guru pada tingkatan kelas serta jurusan apapun di sekolah. Agar minat siswa pada salah satu pelajaran wajib ini semakin tinggi, serta bisa meningkatkan minat literasi pada peserta didik contoh proposal.


MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE HIPNOSIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1  TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Berdasarkan proses pelaksanaan pembelajaran menulis naskah drama dengan menggunakan metode hipnosis, kegiatan pembelajaran selama tiga siklus terangkum dalam lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, jurnal siswa, dan catatan lapangan yang dibuat setiap siklus.
Jika dilihat dari kemampuan siswa dalam menulis naskah drama yang mengacu pada skala lima dapat diperoleh data bahwa 8 siswa atau 28,57% dari 28 siswa mendapatkan kategori tuntas belajar pada siklus I, Pada siklus II meningkat menjadi 15 siswa atau 53,57%, dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 100% atau seluruh siswa mendapatkan nilai di atas KKM yang ditetapkan yakni 75. Berikut ini kemampuan siswa setiap siklus berdasarkan kriteria penilaian naskah drama dengan menggunakan metode hipnosis.


PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA CERPEN DENGAN METODE P2R DAN MODEL BERFIKIR BERPASANGAN-BERBAGI PADA SISWA KELAS XI IPA 2 SMAN 1  TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Keterampilan membaca  cerpen  siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1   masih rendah.
Perumusan masalah yang terjadi di penelitian ini  adalah (1) pembelajaran membaca cerpen pada siswa-siswi kelas XI IPA 2 SMAN 1  menggunakan metode P2R melalui model berpikir-berpasangan-berbagi, (2) berapa besaran peningkatan keterampilan membaca cerpen pada siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1  setelah mendapatkan pembelajaran membaca cerpen dengan menggunakan metode P2R dan model berpikir-berpasangan-berbagi, dan (3) bagaiamanakah  perubahan perilaku siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1  dalam mengikuti pembelajaran membaca cerpen dengan menggunakan metode P2R melalui model berpikir- berpasangan-berbagi. Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu (1) mendeskripsikan proses pembelajaran membaca cerpen pada siswa  kelas  XI IPA 2 SMAN 1  dengan menggunakan teknik P2R melalui model berpikir- berpasangan-berbagi,  (2)  mendeskripsikan  peningkatan  keterampilan pembelajaran membaca cerpen pada siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1  dengan menggunakan teknik P2R  melalui  model  berpikir-berpasangan-berbagi, dan (3) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas XI IPA 2 SMA  Negeri  dalam mengikuti pembelajaran membaca cerpen dengan menggunakan teknik P2R melalui model berpikir-berpasangan-berbagi.
Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan keterampilan membaca pada siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1  setelah mengikuti pembelajaran yang menggunakan metode  P2R  dan  model  berpikir-berpasangan-berbabagi.  Pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 76,63 dalam kategori cukup. Nilai rata-rata pada siklus I belum mencapai batas ketuntasan yang telah ditetapkan oleh peneliti sehingga dilakukan siklus II. Setelah dilaksanakan tindakan siklus II, nilai rata- rata siswa mengalami peningkatan sebesar 87,50 dan berada dalam kategori baik. Perilaku siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 dalam pembelajaran membaca cerpen dengan metode P2R dan model berpikir-berpasangan-berbagi mengalami perubahan ke arah positif.

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS


2 comments for "CONTOH PROPOSAL PTK BAHASA INDONESIA SMA LENGKAP"

  1. dapat dijadikan referensi buat pembuatan proposal ptk bagi guru profesional. salam sejahtera

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya pak Hasyim semoga bisa membantu dan bermanfaat

      Delete