Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTS MTS KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK MENINGKATKAN KINERJA GURU

Salah satu faktor penentu di dalam menunjang keberhasilan peningkatan mutu pendidikan adalah guru (pendidik). Guru merupakan sumber daya manusia yang berada di front paling depan tempat saat terjadinya interaksi belajar mengajar. Guru merupakan faktor yang sangat dominan dan paling penting dalam pendidikan pada umumnya, karena bagi siswa guru sering dijadikan tokoh teladan bahkan menjadi tokoh identitas diri. Dengan memiliki etos kerja yang tinggi dan kinerja yang baik tentunya akan berpengaruh pada mutu dan kualitas pembelajaran. Setiap sekolah tentu sangat mengharapkan adanya guru yang memiliki etos kerja yang tinggi. Begitu pula yang terjadi di MTs Salah satu cara untuk meningkatkan etos kerja guru di MTs yaitu dengan implementasi kegiatan supervisi. Kegiatan supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan yang membantu guru untuk mengembangkan kemampuannya mengembangkan proses pembelajaran. Dari sini peneliti tertarik untuk melalukan penelitian yang berjudul “Implementasi Kegiatan Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru di MTs Tahun Ajaran 2016/2017”

Penelitian ini dilakukan 2 siklus dengan langkah-langkah: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi .Hasil penelitian ini adalah dari hasil observasi yang di lakukan pada siklus 1 terdapat sekitar 60% guru mata pelajaran yang dapat meningkatkan etos kerjanya. Sementara hasil observasi pada siswa terdapat sekitar 65 % siswa yang aktif dalam pembelajaran. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan supervisi akademik berjalan dengan lancar meskipun hasil yang didapatkan pada siklus 1 belum memuaskan pts kenaikan pangkat kepala sekolah.
Dari hasil observasi siklus 2 terdapat sekitar 90% guru mata pelajaran yang meningkat etos kerjanya. Sementara hasil observasi pada siswa menunjukan bahwa 87% siswa meningkat keaktifan belajarnya. Dari hasil observasi siklus 1 dan sikul 2, dapat di nyatakan bahwa ada peningkatan etos kerja guru dari siklus 1 ke siklus 2, juga terdapat peningkatan keaktifan belajar siswa  dari siklus 1 ke siklus 2. Maka Kegiatan supervisi akademik mampu meningkatkan etos kerja guru di MTs. Implementasi Kegiatan Supervisi Akademik, Etos Kerja Guru.

Pendidikan selalu berkenaan dengan upaya pembinaan manusia. Keberhasilan pendidikan sangat tergantung pada unsur manusianya. Paling menentukan keberhasilan pendidikan adalah pelaksanaannya yaitu para pendidik khususnya guru. proposal pts kepala sekolah dan pengawas 2017 Guru merupakan ujung tombak pendidikan. Sebagai pendidik secara langsung berupaya mempengaruhi, membina dan mengembangkan kemampuan siswa agar menjadi manusia yang cerdas, terampil dan bermoral tinggi. (Sudjana, 1996: 2).


UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DALAM KEHADIRAN MENGAJAR DIKELAS MELALUI PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT DI SD TAHUN 2018

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MEMBANGUN BUDAYA LITERASI DI SEKOLAH MELALUI BIMTEK DENGAN METODE BIMBINGAN LANGSUNG DI SMA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU MATA PELAJARAN PADA PROSES MENGAJAR MELALUI PROGRAM PEMBINAAN KEDISIPLINAN OLEH KEPALA SEKOLAH DI MIS AJARAN 2015/2016

Salah satu faktor penentu di dalam menunjang keberhasilan peningkatan mutu pendidikan adalah guru (pendidik). Guru merupakan sumber daya manusia yang berada di front paling depan tempat saat terjadinya interaksi belajar mengajar. Hal itu mengandung makna bahwa meningkatkan mutu pendidikan harus dimulai dari guru dan tenaga kependidikan lainnya. Dalam mengoptimalkan kinerja mengajar guru yakni dalam rangka melaksanakan tugas dan pekerjaannya, menggerakkan, memotivasi, mengajak, mengarahkan, menasehati, membimbing, menyuruh, memerintahkan, melarang dan bahkan memberikan sanksi, serta membina dalam rangka mencapai kinerja sekolah secara efektif dan efisien. Melalui peningkatan kinerja mengajar guru dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, diharapkan prestasi kerja guru dapat mencapai hasil yang optimal.


Untuk menjadi guru yang profesional, guru harus memenuhi kualifikasi akademik minimum dan sertifikasi sesuai jenjang kewenangan mengajar. (amanat UU No. 20 tahun 2003 pasal 42 dan PP No. 29 tahun 2005 Bab VI pasaql 28). Program sertifikasi kepada guru akan menjadi kontrol yang mendorong para penyelenggara pendidikan untuk meningkatkan profesionalismenya dan memberikan layanan maksimal kepada para stakeholder. Gaffar (Sumaryani, 2008:5) mengemukakan bahwa “sertifikasi dalam sistem pendidikan guru adalah proses pendidikan yang mencakup program D4, S2 dan pendidikan profesi”

Guru merupakan faktor yang sangat dominan dan paling penting dalam pendidikan pada umumnya, karena bagi siswa guru sering dijadikan tokoh teladan bahkan menjadi tokoh identitas diri pts kepemimpinan kepala sekolah.

Dengan memiliki etos kerja yang tinggi dan kinerja yang baik tentunya akan berpengaruh pada mutu dan kualitas pembelajaran. Upaya-upaya untuk meningkatkan mutu akademik suatu lembaga ilmiah akan selalu terjalin dengan usaha-usaha untuk meningkatkan semangat profesionalisme, sedangkan upaya untuk meningkatkan semangat profesionalisme sangat dipengaruhi upaya peningkatan etos kerja contoh laporan penelitian tindakan sekolah sd doc.

DOWNLOAD CONTOH PTS KEPALA SEKOLAH DAN PENGAWAS SEKOLAH

PTS PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH BAGI PENGAWAS SEKOLAH

LAPORAN PTS KEPALA SEKOLAH SMP

CONTOH PTS UNTUK KEPALA PAUD ATAU GURU TK

Post a Comment for "PTS MTS KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK MENINGKATKAN KINERJA GURU"