Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK SMK TEKNIK OTOMOTIF

Pagi..!! rekan guru, tahukah Anda bahwa siswa di SMK lebih terfokus untuk menjadi tenaga terampil ketika sudah lulus nanti, salah satunya yakni jurusan otomotif. Namun, terkadang ada beberapa pembelajaran yang mengharuskan pendidik membuat PTK SMK teknik otomotif.

Negara Indonesia sebenarnya sudah memiliki pendidikan kejuruan yang memang difokuskan sistem pembelajaran dengan porsi lebih banyak praktek. Langkah ini dilakukan untuk menciptakan lulusan yang siap beradaptasi dengan lingkungan kerja.

Seperti diketahui bahwa, pembelajaran praktik memegang peranan penting karena melalui sistem pendidikan tersebut para siswa dibekali serangkaian latihan dimana konsepnya mengadopsi kondisi dunia kerja.

Sistem pendidikan kejuruan tersebut memerlukan latihan rutin, juga di dukung dengan peralatan yang memadai. Sehingga, jauh lebih maksimal hasilnya terutama dalam bidang teknik otomotif. Namun pada kenyataannya, di kelas banyak sekali ditemui kendala yang memicu penurunan kualitas pendidikan.

Kendala yang sering kali dihadapi di sekolah kejuruan bidang teknik otomotif yaitu metode pengajaran kurang tepat, dimana tenaga pengajar cenderung menggunakan teknik ceramah dibanding praktek dengan memanfaatkan media peraga.
Metode ceramah tersebut digunakan karena media praktek bengkel terkadang belum memadai, selain itu jumlah peserta didik kurang sebanding dengan peralatan yang tersedia. Ditambah lagi kesulitan menguasai kurikulum di dunia kerja membuat kondisi pengajaran kurang berjalan maksimal.

Kondisi tersebut menyebabkan kualitas pendidikan sulit untuk berkembang menjadi lebih baik. Untuk mengatasi hal itu, saat ini banyak dilakukan kajian salah satunya dalam bentuk penelitian tindakan kelas sebagai upaya perbaikan.

Namun perlu diingat bahwa agar PTK SMK teknik otomotif dalam penerapannya harus berjalan optimal. Dengan begitu, akan menghasilkan kualitas pendidikan yang lebih baik jika dirancang serta dipersiapkan secara matang dan jelas.

Tenaga pendidik dapat membuat konsep penelitian tindakan kelas khususnya dalam bidang teknik otomotif dalam bentuk proyek, dimana terdiri dari beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan kemudian evalusasi dari proses pembelajaran.

Untuk menilai hasil akhir dari penelitian tindakan kelas ini, diperlukan indikator keberhasilan yang mengacu pada kriteria ketuntasan minimum (KKM). Melalui metode PTK ini, juga diharapkan adanya kerjasama antara tenaga pengajar dengan peserta didik. 

Ulasan Admin informasi mengenai PTK SMK teknik otomotif sekiranya bisa menjadi salah satu referensi, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah kejuran. Meskipun sedikit lebih rumit dan memerlukan waktu, namun tidak ada salahnya untuk dicoba.

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTEK PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF PADA MATERI ALAT-ALAT UKUR MEKANIK DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW SISWA KELAS X KENDARAAN RINGAN SMK NEGEERI  TAHUN PELAJARAN 2018/2019

FILE PTK  SMK

Post a Comment for "PTK SMK TEKNIK OTOMOTIF"