Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PTK SMK TERBARU

Bagi kebanyakan masyarakat, Sekolah Kejuruan merupakan kebalikan dari SMA dan sudah seperti dua sisi mata uang. Penelitian tindakan kelas keduanya pun memiliki beberapa hal yang berbeda meskipun tidak terlalu banyak, seperti contoh PTK SMK milik Admin.

SMK sudah terkenal dengan jurusannya yang berlimpah. Dimana mata pelajaran umum pastinya digabungkan bersama beragam penjuruan sesuai minat dan bakat siswa. Dengan spesialisasi Kejuruan seperti itu, bukannya tidak mungkin rekan guru memanfaatkannya sebagai bahan penelitian.

Bagi siswa SMA, mungkin di dalam sekolahnya hanya terdapat dua hingga tiga jurusan, dimana semuanya bersifat akademik seperti IPA, IPS serta beberapa lainnya memasukkan Bahasa sekalian. Hal ini sangat berbeda dengan apa yang dimiliki SMK.

SMK sendiri telah memiliki berbagai jenis penjurusan sesuai dengan sekolahnya. Seperti teknik mesin maupun informatika, bisnis dan manajemen, perhotelan, tata busana, boga serta banyak lainnya yang masih dapat dipecah lagi menjadi jurusan-jurusan kecil.

Sama saja dengan Madrasah Aliyah (MA), anak-anak SMK mungkin masih sedikit asing dengan mata pelajaran baru yang mereka terima di sekolah. Meskipun hal itu menyangkut minat serta bakatnya. Sesuatu seperti ini tentu memunculkan satu maupun dua masalah dan bisa dipecahkan guru.
Karena penelitian ini berfokus pada pemecahan suatu problem, maka harus dicari dimana letak dari masalah tersebut agar ditemukan solusinya segera. Sehingga pembelajaran bisa berjalan semakin baik. Beruntunglah, selain tersedia pengajaran di dalam kelas SMK juga memiliki praktek.

Setelah menemukan masalah dari pengajaran tersebut, tidak ada salahnya untuk mulai menyiapkan segala hal terkait penelitian tersebut. Apabila masih merasa bingung, rekan guru bisa melihat contoh PTK SMK yang Admin sediakan di sini.

Seperti namanya, SMK memiliki satu lagi tambahan pengajaran dimana dilakukan di laboratorium maupun ruang praktek. Semuanya di sesuaikan dengan jurusan masing-masing. Dari pemahaman ini saja, mungkin para guru bisa mulai mencari serta menemukan kendala-kendalanya.

Karena masalah di lapangan saat praktek berlangsung dengan pengajaran teori ketika di dalam kelas mungkin berbeda jauh. Masalah yang ditemukan juga pasti berlainan antara satu jurusan dengan lainnya. Di sini, guru bisa mengambil permasalahan tersebut menjadi fokus dari penelitiannya.

Sebagai negara yang berkembang, Indonesia masih memiliki beragam permasalahan dalam dunia pendidikan. Hadirnya contoh PTK SMK seperti di blog Admin ini bisa rekan guru jadikan acuan untuk memaksimalkan penelitian. Agar tercipta iklim edukasi yang lebih maju pada negeri ini.

PTK SMK multimedia

PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR INQUIRY DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PENINGKATAN MERAWAT PERALATAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS X SMK TAHUN AJARAN 2017 / 2018

PTK SMK jurusan Industri

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KEAMANAN PANGAN POKOK BAHASAN SANITASI INDUSTRI DALAM PENGOLAHAN HASIL PERIKANAN MELALUI METODE KOOPERATIF MODEL LEARNING TOGETHER PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

PTK SMK jurusan perkapalan

MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR MELAKUKAN PENCEGAHAN POLUSI LINGKUNGAN LAUT SISWA KELAS XI SMK NEGERI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ATAU ALAT PERAGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

PTK SMK jurusan agribisnis dan perikanan

UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI PERIKANAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN INQUIRY SISWA KELAS X SMK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Dapatkan File lengkap PTK SMK

Post a Comment for "CONTOH PTK SMK TERBARU"