Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PTK SMK SISTEM PENDINGIN BENTUK WORD

CONTOH PTK SMK SISTEM PENDINGIN BENTUK WORD-Permasalahan yang diungkap dalam PTK ini adalah tentang Penggunaan Modul Sistem Pendingin Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Memelihara/Servis Sistem Pendingin dan Komponen-komponennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang memanfaatkan dan tanpa memanfaatkan modul Sistem Pendingin serta efek pemanfaatan modul ini terhadap hasil belajar Kompetensi Memelihara/Servis Sistem Pendingin siswa kelas XI SMK N 10 Penelitian ini menggunakan desain eksperimen jenis control group pre test-post test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKR SMK N 10  yang terbagi dalam tiga kelas yaitu XI TKR 1, XI TKR 2 dan XI TKR 3.

DOWNLOAD CONTOH PTK SMK LENGKAP TERBARU FORMAT DOC

PENELITIAN TINDAKAN KELAS SMK KURIKULUM 2013

CONTOH PTK TEKNIK BANGUNAN SMK KURIKULUM 2013

DOWNLOAD CONTOH PTK TATA BUSANA SMK TERBARU LENGKAP

DONWLOAD CONTOH PTK SMK JURUSAN ANIMASI DAN MULTIMEDIA

PTK SMK PELAYARAN UNTUK KENAIKAN GOLONGAN GURU

PTK SMK AKUNTANSI

DOWNLOAD PTK FARMASI LENGKAP DOC

CONTOH PTK SMK TERBARU

PTK SMK PARIWISATA

PTK SMK TATA BOGA

PTK SMK TATA BUSANA

PTK SMK PERTANIAN KURIKULUM 2013

PTK SMK TEKNIK OTOMOTIF


Penelitian yang dilakukan hanya dua kelas yang diambil secara acak dan didapat siswa kelas XI TKR 2 sejumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI TKR 1 sejumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol Contoh PTK. Hasil analisis data mendapatkan bahwa penggunaan modul sistem pendingin dapat meningkatkan hasil belajar dibandingkan tanpa menggunakan modul sistem pendingin, dan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara peserta didik yang menggunakan modul pembelajaran ptk smk kelas XI sistem pendingin ini dengan peserta didik yang yang tidak menggunakannya atau tanpa modul. Jumlah peserta didik pada kelas eksperimen yang mendapatkan nilai memenuhi KKM sebesar 81,3%. Sedangkan jumlah peserta didik pada kelas kontrol yang mendapatkan nilai memenuhi KKM hanya 40%. Sehingga dapat dikatakan kelas eksperimen lebih unggul 41,3% dibandingkan kelas kontrol ptk dalam bentuk  word. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan penggunaan modul sistem pendingin terhadap hasil belajar Kompetensi Dasar Memelihara/Servis Sistem Pendingin dan Komponen-komponenya ptk smk K13.


PENGGUNAAN MODUL SISTEM PENDINGIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MEMELIHARA/SERVIS SISTEM PENDINGIN
DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA PADA SISWA KELAS XI TKR SMKN

Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991 

Latar Belakang Masalah

Kemajuan suatu bangsa di tentukan oleh salah satu faktor yang sangat penting, yaitu faktor pendidikan (education). Bangsa yang kualitas pendidikannya sangat baik dapat dipastikan kemajuan bangsa tersebut akan berjalan cepat begitu pula sebaliknya apabila kualitas pendidikan suatu bangsa itu rendah maka kemajuan bangsa akan berjalan lambat.

Dalam hal ini sekolah sebagai sarana pendidikan suatu bangsa memegang peranan penting dalam hal memajukan pendidikan, fungsi pendidikan memajukan kualitas sumberdaya manusia, apabila sumberdaya manusia suatu bangsa sangat tinggi, dapat di pastikan bangsa tersebut akan mempunyai kemajuan yang sangat pesat di berbagai bidang.

Menjadikan lebih maju kualitas pendidikan sekolah mempunyai banyak kendala, salah satu dari kendala tersebut adalah kurang lengkapnya perangkat pembelajaran, perangkat pembelajaran berkaitan dengan sarana dan prasarana materi kurikulum pendidikan dalam menyusun perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, perangkat pembelajaran meliputi: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pengajaran (RPP), Modul, job sheet, Lembar Kerja Peserta didik dan buku pegangan bagi siswa download ptk smk otomotif. Kurangnya perangkat pembelajaran, permasalahan seperti ini sering terjadi di lembaga-lembaga pendidikan, padahal perangkat pembelajaran mempunyai andil yang sangat besar dalam membantu peserta didik memahami materi-materi pelajaran.

Pembelajaran yang dilaksanakan di SMK N 10  masih menggunakan pembelajaran ceramah biasa dengan memanfaatkan alat bantu papan tulis, dan peserta didik hanya di suruh mencatat yang kemudian guru akan menjelaskan, hal ini di rasa kurang efektif karena waktu belajar mengajar akan banyak terbuang jika peserta didik terus menerus mencatat dan peserta didik hanya mengandalkan materi yang diberikan pendidik saja dan tidak mau mencari materi dari sumber lain, kemudian peserta didik akan cenderung menjadi pasif penelitian tindakan kelas SMK.

Pembelajaran tanpa adanya buku pegangan membuat peserta didik terpaksa mencatat secara terus menerus materi pelajaran yang disampaikan oleh pendidik. Efek negatif dari mencatat yang terlalu berlebihan yaitu tidak efektifnya waktu pembelajaran karena waktunya habis terbuang untuk mencatat, sehingga kegiatan belajar peserta didik akan terganggu. Selain itu juga membuat bosan peserta didik karena pembelajaran berjalan monoton.

Untuk mengatasi permasalahan ini maka diperlukan buku ajar yang berupa modul agar kegiatan belajar dapat berjalan dengan baik dan materi bisa terserap secara maksimal, dan siswa dapat dengan cepat memahami suatu materi yang diberikan cotoh ptk smk.

Rendahnya hasil belajar siswa kelas XI SMK N 10 pada kompetensi memelihara/servis sistem pendingin dapat dilihat dari hasil observasi awal yang dilakukan peneliti pada 35 siswa kelas XI TKR1 di SMK N 10 Berdasarkan hasil obsevasi awal, diperoleh data bahwa sebanyak 15 siswa di kelas XI TKR1 yang memperoleh nilai hasil belajar kompetensi sistem pendingin belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu dengan nilai rata-rata 64. Untuk mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata kompetensi memelihara/servis sistem pendingin yang telah ditetapkan oleh SMK N 10, siswa harus memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 75. Pada kompetensi memelihara/servis sistem pendingin dan komponen- komponennya di SMK N 10 sejauh ini perangkat pembelajarannya kurang memadahi, khususnya pada pelajaran otomotif tentang sistem pendingin, salah satunya yaitu tidak adanya bahan atau buku ajar, disini buku ajar tersebut yaitu modul untuk mempelajari materi pelajaran.

Tujuan utama sistem pembelajaran dengan menggunakan buku ajar yang berupa modul ini adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran di sekolah, baik waktu, dan fasilitas, maupun tenaga guna mencapai tujuan secara optimal. Modul tersebut di jelaskan materinya oleh guru pendidik dan kemudian dipelajari oleh peserta didik sendiri secara perseorangan atau diajarkan oleh peserta didik pada dirinya sendiri (self instruksional) Depdiknas (2008:4). Penggunaan modul di dalam kegiatan pembelajaran juga memberikan berbagai keuntungan dan manfaat yaitu modul dapat memberikan balikan (feedback) sehingga siswa dapat mengetahui taraf hasil belajarnya, penguasaan materi secara tuntas (mastery learning), memunculkan motifasi yang kuat untuk belajar maksimal karena pembelajaran terbimbing modul, pembelajaran bersifat fleksibel yaitu pembelajaran disesuaikan dengan perbedaan siswa antara lain mengenai kecepatan belajar, cara belajar dan bahan pelajaran. Setelah peserta didik menyelesaikan satuan atau disebut juga dengan sub kompetensi yang satu, maka akan melangkah maju dan mempelajari sub kompetensi berikutnya download ptk sma kelas XI.
Bahan ajar memiliki peranan yang penting dalam proses belajar mengajar di dalam kelas, modul merupakan salah satu bahan ajar yang di kemas secara utuh dan sistematis (Depdiknas, 2008:4). Selain sebagai alat bantu belajar secara mandiri, modul sebagai salah satu bahan ajar juga memberikan kemudahan bagi siswa untuk mengembangkan aspek kognitif melalui pengembangan konsep.

Penggunaan Modul diharapkan mampu memudahkan peserta didik untuk belajar dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik sangat penting dan perlu mendapat perhatian baik dari pendidik atau pihak yang berkepentingan terhadap pendidikan, sebab hasil belajar memberikan gambaran sejauh mana keberhasilan dari proses pendidikan yang telah berlangsung, sehingga hal-hal yang berkaitan dengan hasil belajar peserta didik perlu diteliti untuk diambil manfaatnya.

Untuk itu penulis meyakini bahwa penggunaan perangkat pembelajaran dalam hal ini yaitu buku ajar yang berupa modul sangatlah penting untuk menunjang kelancaran kegiatan belajar mengajar dalam suatu lembaga pendidikan, namun hal ini kurang mendapat perhatian khusus dari pendidik.

Post a Comment for "CONTOH PTK SMK SISTEM PENDINGIN BENTUK WORD"