Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK SMK PERTANIAN KURIKULUM 2013

Sebagai tenaga pendidik apakah rekan guru sering menemukan permasalahan dalam kelas? Dalam artikel ini, Admin akan membagikan informasi mengenai PTK SMK Pertanian dengan lengkap yang mungkin bisa menjadi sumber inspirasi. 

Seperti diketahui bahwa dari dahulu sampai saat ini kondisi pendidikan di Indonesia cukup banyak ditemukan permasalahan, baik faktor internal dan eksternal. Terlebih untuk saat ini, tidak banyak generasi millenial yang mau terjun di dunia pertanian, apalagi berkutik di area persawahan.

Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut dan bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan khususnya bidang pertanian, perlu membuat kajian yang sifatnya reflektif oleh tenaga pengajar. Sehingga kemampuan rasional peserta didik semakin bagus melalui cara penelitian tindakan kelas.

PTK SMK pertanian perlu dirancang secara matang karena diharapkan dapat menjadi solusi dan upaya untuk memperbaiki kondisi praktek pembelajaran di sekolah. Metode penelitian tindakan kelas ini di dasarkan pada masalah keseharian. 

Bukan hanya itu, metode penelitian tindakan kelas ini juga harus mengupayakan perbaikan sistem pembelajaran secara kolaboratif dan partisipatif antara tenaga pendidik atau guru dan para siswa. Dimana nantinya keseluruhan prosesnya akan terus dipantau. 
Metode penelitian dalam kelas ini juga harus memenuhi beberapa karakteristik yang bersifat situasional, artinya rancangan konsep PTK berkaitan langsung dengan permasalahan yang dihadapi baik oleh para peserta didik maupun guru di bidang pertanian.
Selain itu, metode penelitian tindakan kelas juga harus bersifat konstektual yang berarti upaya dalam memecahkan permasalahan praktek pengajaran berupa model dan prosedur tindakan sesuai dengan konteksnya. 

Penerapan PTK sendiri harus bersifat fleksibel yang memberikan kelonggaran dalam pelaksanaannya selama hal tersebut tidak melanggar kaidah metodologi ilmiah. Hal ini mengingat bahwa obyek penelitian adalah manusia sehingga tidak bisa jika metodenya kaku.

Dengan memenuhi karakteristik penelitian tindakan kelas di atas ditambah persiapan yang dirancang dan disiapkan secara matang, diharapkan dapat memberikan hasil yang maksimal. Selain itu dalam pelaksanaannya bisa berjalan efektif  serta sesuai sasaran.

Demikianlah informasi Admin mengenai upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dalam bentuk PTK SMK pertanian yang bisa dijadikan referensi atau panduan, diharapkan dengan menerapkan metode ini sistem pengajaran di Indonesia semakin lebih baik. 

Post a Comment for "PTK SMK PERTANIAN KURIKULUM 2013"