Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK SMK PELAYARAN UNTUK KENAIKAN GOLONGAN GURU

Salam hangat untuk rekan guru semua..!! Kembali lagi di sini dengan Admin untuk mengupas tuntas mengenai PTK SMK Pelayaran. Selain menarik untuk dibaca, ternyata penelitian tindakan kelas ini cukup banyak memiliki manfaat dan tujuannya, pastikan rekan guru menyimaknya ya!

Untuk meningkatkan mutu pendidikan dan juga efisiensi pengelolaan SMK pelayaran, maka diperlukan penelitian tindakan kelas sebagai salah satu cara untuk mengidentifiksi berbagai persoalan yang menghambat semua prosesnya. Terutama dalam bidang kelautan yang digelutinya.

Bahkan tidak hanya itu, PTK ini juga akan membantu memberikan solusi untuk setiap masalah yang dihadapi. Dalam prosedurnya penelitian tindakan kelas ini akan diawali dengan perencanaan tindakan atau planning yang dianjutan dengan penerapan tindakan atau action.

Setelah prosedur tersebut berhasil dilalui maka guru akan mengobservasi dan mengevaluasi semua hasil dari proses dan tindakan tadi. Hingga pada akhirna hasil dari penelitian akan dimuat menjadi sebuah jurnal yang nantinya bermanfaat bagi guru itu sendiri dan juga siapa saja yang membacanya.
PTK SMK Pelayaran sendiri berasal dari berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran yang sudah pernah dihadapi oleh guru dalam pengajarannya. Bisa dikatakan, jika kegiatan penelitian ini didasarkan pada tugas dan pengambilan tindakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi.

Untuk lebih jelasnya, penelitian ini merupakan sebuah upaya perbaikan dalam proses pembelajaran yang menggandeng siswa untuk berkolabrasi bersama. Hal ini perlu dilakukan untuk mewujudkan adanya peningkatan kualitas dalam pembelajaran di dalam kelas.

Di sini admin juga menyarankan untuk membaca lebih banyak mengenai jurnal PTK Pelayaran, yang mana hal tersebut bisa menjadi salah satu referensi dan juga memotivasi untuk membuat penelitian tindakan kelas di permasalahan yang lainnya.

Sehingga semakin banyak penelitian tindakan kelas yang dilakukan maka semakin bertambah pula permaslahan yang akan terpecahkan. Tidak hanya bermanfaat bagi pembacanya saja, seorang guru juga bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan akreditasi.

Admin juga percaya, melalui PTK SMK Pelayaran ini, guru mampu mengembangan keterampilan diri dan ikut berperan aktif sebagai pelaku dan perancang dari perbaikan tersebut. Dengan demikian, mereka diharapkan mampu memberikan angin segar mengenai berbagai teori baru dalam praktik pembelajaran.

MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR MELAKUKAN PENCEGAHAN POLUSI LINGKUNGAN LAUT SISWA KELAS XI SMK NEGERI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ATAU ALAT PERAGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Latar Belakang Masalah

       Peningkatan kualitas pembelajaran merupakan dampak dari perkembangan ipteks yang sangat pesat. Perkembangan ipteks mengharuskan penyesuaian dan peningkatan proses secara berlanjut dan terus menerus. Hal ini diikuti dengan perlunya mengadakan pembaharuan strategi dan konsep-konsep pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran itu sendiri.     Masalah yang berhubungan dengan kondisi masyarakat dan lingkungan yang secara besar mempengaruhi proses pembelajaran, misalnya perkembangan media hiburan (seperti playstation sampai ke pelosok desa) yang sulit dikendalikan dan mempengaruhi para siswa.
       Masalah yang lain misalnya kesulitan guru menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi informasi, perhatian orang tua yang kurang optimal terhadap pendidikan putra - putri mereka sehingga sebagai akibatnya sekolah dan guru merasa tidak mendapat dukungan dari orang tua untuk bersama-sama mendidik siswa mereka, jauhnya jarak rumah siswa dan sekolah yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi kinerja siswa di dalam kelas dan banyak lagi contoh-contoh lainnya yang semuanya dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran.
       Kualitas pembelajaran produktif dapat dilihat dalam dua segi yaitu kualitas proses dan kualitas hasil. Dari segi kualitas proses siswa masih cenderung pasif dalam proses belajar mengajar, sementara diharapkan siswa dapat secara aktif terlibat dalam proses belajar mengajar yang dilaksanakan. Dari segi kualitas hasil dapat dilihat dari prestasi belajar atau ketuntasan belajar yang dicapai siswa.
       Sebagai tenaga pengajar atau pendidik yang secara langsung terlibat dalam proses belajar mengajar, maka guru memegang peranan penting dalam menentukan peningkatan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar yang akan dicapai siswanya. Salah satu kemampuan yang diharapkan dikuasai oleh pendidik dalam hal ini adalah bagaimana mengajarkan pelajaran produktif dengan baik agar tujuan pengajaran dapat dicapai semaksimal mungkin. Dalam hal ini penguasaan materi dan cara pemilihan media atau alat peraga yang sesuai dengan menentukan tercapainya tujuan pengajaran. Demikian juga halnya dengan proses pembelajaran. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, perlu disusun suatu strategi agar tujuan itu tercapai dengan optimal. Tanpa suatu strategi yang cocok, tepat dan jitu, tidak mungkin tujuan dapat tercapai.
       Keterbatasan media atau alat peraga menuntut guru untuk dapat mengatasi permasalahan pembelajaran di dalam kelas, agar siswa tidak merasa bosan dengan cara pembelajaran monoton yang di berikan oleh guru, sehingga di dalam kelas tercipta pembelajaran yang menjadikan siswa senang dalam mengikuti pelajaran di kelas. Apabila kualitas pembelajaran yang di berikan kepada siswa baik hasilnya akan baik.
       Keterbatasan alat atau media pada pelajaran ini menyebabkan guru mengajar hanya dengan teori, sehingga penulis tertarik untuk mengadakan penelitian yang berjudul “Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Pencegahan Polusi Lingkungan  Siswa Kelas XI SMK Negeri  melalui Media atau Alat Peraga Tahun Pelajaran 2017/2018”

Rumusan Masalah

Dari latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.
1. Apakah ketuntasan  belajar melakukan pencegahan polusi lingkungan siswa kelas XI dapat meningkat melalui penggunaan media atau alat peraga tahun pelajaran 2017/2018 ?
2. Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri  selama proses pembelajaran pada materi melakukan pencegahan polusi lingkungan melalui penggunaan media atau alat peraga ?

Tujuan Penelitian

       Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Meningkatkan ketuntasan belajar melakukan pencegahan polusi lingkungan siswa kelas XI SMK Negeri  dapat meningkat melalui penerapan media atau alat peraga tahun pelajaran 2017/2018.
2. Meningkatkan hasil belajar siswa  kelas XI SMK Negeri e selama proses pembelajaran pada materi melakukan pencegahan polusi lingkungan melalui penggunaan media atau alat peraga.

Manfaat Penelitian

Penelitian ini diharapkan bermanfaat sebagai berikut.
1. Bagi Siswa
  Membantu siswa dalam kegiatan pembelajaran karena memberikan pengalaman baru dengan pembelajaran menggunakan media atau alat peraga.
2. Bagi Guru
   Sebagai bahan masukan dan pertimbangan untuk memanfaatkan media atau alat peraga yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan.
3. Bagi Sekolah
 Dapat dijadikan acuan bagi sekolah untuk meningkatkan kinerja sekolah pembelajaran yang diberikan di sekolah menggunakan berbagai strategi pembelajaran, fasilitas dan teknologi yang lebih maju.

Download PTK SMK dalam bentuk WORD

Post a Comment for "PTK SMK PELAYARAN UNTUK KENAIKAN GOLONGAN GURU"