Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK PENJAS SD KELAS V GERAK DASAR LOMPAT DAN LONCAT

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan gerak dasar lompat dan loncat melalui pendekatan bermain dan media bantu pada siswa kelas V SD Negeri Tahun Pelajaran 2018/2019 tentang atletik doc. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 31 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan teknik lari jarak pendek.

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MELALUI PENERAPAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TAHUN PELAJARAN 2016/2017

PENERAPAN METODE TALKING STICK DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

UPAYA MENINGKATKAN ANTUSIAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MAPEL PAI  POKOK BAHASAN Q.S. AL-FIIL   DENGAN MENERAPKAN METODE KISAH  PADA SISWA KELAS IV B SDN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

UPAYA MENINGKATKAN MINAT MEMBACA DAN MENULIS AL-QURAN SISWA MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS IV SEMESTER 1 SDN 005 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan bermain dan media bantu dapat meningkatkan minat, keaktifan, dan penguasaan gerak dasar lompat dan loncat siswa dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II  gerak spesifik memasuki garis finish lari jarak pendek. Proses pembelajaran pada pratindakan belum menggunakan pendekatan bermain dan media bantu sehingga minat, keaktifan, dan penguasaan gerak dasar lompat dan loncat siswa rendah. Peningkatan terjadi pada siklus I. Minat, keaktifan, dan penguasaan gerak dasar lompat dan loncat siswa meningkat walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan minat, keaktifan, dan penguasaan gerak dasar lompat dan loncat siswa meningkat menjadi tinggi sehingga bisa mendukung suatu pembelajaran yang berkualitas sd kelas 1-6 doc.
Simpulan penelitian ini adalah melalui pendekatan bermain dan media bantu meningkatkan minat, keaktifan, dan penguasaan gerak dasar lompat dan loncat siswa Kelas V SD Negeri  Kata Kunci: Pendekatan Bermain, Media Bantu, Minat Belajar, Keaktifan Siswa, ptk penjas sd olahraga tradisional.
Tema/ Subtema : Kerukunan Dalam Bermasyarakat /Cara Menjaga Kerukunan
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (4 x 35 Menit)
Tgl Pelaksanaan : ……………………………………….


Post a Comment for "PTK PENJAS SD KELAS V GERAK DASAR LOMPAT DAN LONCAT"