Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK KELAS 4 SD KESEBANGUNAN SEMESTER 1

Untuk melaksanakan proses pembelajaran suatu materi pembelajaran perlu dipikirkan tentang suasana di dalam kelas. Saat sedang mengajar guru tidak hanya dihadapkan pada tantangan untuk menampilkan pembelajaran yang kreatif namun juga tantangan untuk mengendalikan perilaku siswa. Perilaku yang harus dikendalikan adalah perilaku yang membuat gaduh, mencari perhatian dan membuat si pelaku dan seluruh kelas menjadi tidak berkonsentrasi saat menerima pembelajaran.Guru juga menjadi mudah emosi dan tidak konsentrasi saat mengajar ptk matematika kelas 4 tentang pecahan. Terciptanya suasana kelas yang mendukung dalam proses pembelajaran dapat berpengaruh terhadap tingkat penguasaan konsep siswa. Khususnya dalam penelitian ini membahas tentang penguasaan konsep matematika pada pokok bahasa kesebangunan bangun-bangun datar pada semester 1. Seperti di kelas IV B SDN , pada semseter 1 di ajarkan materi kesebangunan bangun-bangun datar.

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE PEMBELAJARAN PEMODELAN PADA PESERTA DIDIK KELAS I.D MI TAHUN AJARAN 2016/2017

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENGURANGAN BILANGAN DALAM BENTUK SOAL CERITA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS III.B MI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

PENGGUNAAN STRATEGI INDEX  CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL  BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn  DENGAN TEMA MENGENAL SIMBOL-SIMBOL  PANCASILA  DALAM LAMBANG NEGARA PADA PESERTA DIDIK  KELAS I.D MI TAHUN  PELAJARAN 2017/2018

MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SISWA KELAS IV SD NEGERI MELALUI METODE ROLE PLAYING TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Namun, masih banyak siswa yang kurang menguasai konsep matematika pada pokok bahasan tersebut. Hal tersebut dapat terlihat dari prestasi belajar siswa yang terbilang rendah. Maka dari itu, peneliti yang disini juga berperan sebagai guru matematika di kelas IV B SDN mencoba untuk meniciptakan suasana belajar yang mendukung agar siswa mampu menguasai konsep matematika yang di ajarkan. Hasil Penelitian ini menunjukkan peningkatan penguasaan konsep matematika pokok bahasan setelah peneliti menerapkan suasana belajar yang mendukung yaitu pada pra siklus rata rata nilai siswa hanya 65,4, kemudian pada siklus 1 meningkat menjadi 74,4 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 80,3. Maka dari itu, dapat di simpulkan  suasana kelas yang mendukung belajar siswa dapat meningkatkan penguasaan konsep proposal ptk matematika sd kelas 4 semester 2 matematika pokok bahasan kesebangunan bangun-bangun datar pada siswa kelas IV B SDN Tahun Ajaran 2017/2018.

Kata Kunci : Suasana Kelas Yang Mendukung Belajar Siswa, Penguasaan Konsep Matematika, Pokok Bahasan Kesebangunan bangun-bangun datar contoh ptk sd kelas 4 matematika kurikulum 2013  

2 comments for "PTK KELAS 4 SD KESEBANGUNAN SEMESTER 1"

  1. Replies
    1. Terimakasih telah berkunjung bu Mega, silahkan klik link di atas dan ikuti persyaratannya.

      Delete