Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

LAPORAN PTK SD MATEMATIKA KENAIKAN PANGKAT GURU

Selamat sore..!! Materi hitungan telah menjadi momok tersendiri oleh para murid ketika sekolah. Jangankan pada jenjang tertinggi seperti SMA, SMK dan MA. Bagi siswa Sekolah Dasar pun begitu. Sehingga rekan guru sering kali menemukan beragam kesulitan yang mengharuskan adanya PTK SD Matematika.

Dengan tingkat kesulitan matematika yang tidak bisa hanya disingkirkan dalam sekali mengajar, membuat rekan guru sekalian seringkali berpikir untuk menemukan beragam solusi agar siswa dapat menerima serta menyerap ilmu eksak itu dengan mudah.

Dalam membuat PTK SD Matematika tentu membutuhkan beberapa langkah utama. Tidak bisa langsung dibuat begitu saja setelah menemukan sebuah masalah. Oleh karena itu, dibutuhkan perencanaan terlebih dulu  sebelum memulainya. Makanya penelitian ini memakan waktu cukup lama.

Perencanaan merupakan langkah paling awal dilakukan sebelum penelitian dilaksanakan. Karena rekan guru perlu membuat strategi terlebih dahulu setelah mengetahui permasalahan di dalam kelas. Serta memikirkan akan melakukan apa saja saat observasi nanti berlangsung.

Selanjutnya, rekan guru baru boleh melaksanakan penelitian. Pilihlah kelas yang akan Anda teliti. Sekiranya memiliki permasalahan pada mata pelajaran matematika. Admin ingatkan agar jangan lupa untuk melihat bab atau bagian mana ketika para murid merasa kesulitan.

Setelah mengajukan proposal dan melakukan penelitian, langkah selanjutnya adalah membuat solusi atas permasalahan tersebut. Sembari dilakukannya pengamatan di dalam kelas untuk memantau apakah langkah yang rekan guru buat tersebut berhasil atau tidak.

Selain mengamati peserta didik dalam menerima pelajaran, dilakukan juga pengamatan terhadap pengajaran rekan guru sendiri. Sudahkah memenuhi kriteria yang dibuat dalam penelitian tersebut atau adakah perubahan ketika digunakan metode baru itu.
Terakhir yaitu melakukan refleksi. Dimana hal ini adalah jawaban atas apa yang telah rekan guru tanyakan selama proses pengamatan tadi berlangsung. Apabila terdapat banyak hal harus diperbaiki, berarti metode tersebut belum berhasil dan harus diganti dengan lainnya.

Sekilas, itu tadi beberapa hal tentang PTK SD Matematika dimana selalu menjadi pelajaran yang paling dimusuhi para murid. Dengan dilakukannya penelitian, diharapkan rekan guru bisa menemukan solusi atas beragam kesulitan yang ada. Semoga selalu bermanfaat..!!

1. UPAYA PENINGKATAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN ALAT PERAGA TABEL BILANGAN KELAS I SD

2. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENYEDERHANAAN BILANGAN PECAHAN  MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA BANGUN DATAR
PADA SISWA KELAS IV SD

3. PENGGUNAN METODE KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN PECAHAN KELAS V SD

4. PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MELALUI PEMBERDAYAAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS II SD

5. PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA DEKAK – DEKAK PADA SISWA KELAS III SD

6. PENINGKATAN  PRESTASI  BELAJAR MATEMATIKA   MATERI PENGERJAAN HITUNG BILANGAN BULAT DENGAN METODE THINK PAIR SHARE BAGI SISWA KELAS V SD

7. PENGGUNAAN    MODEL    PEMBELAJARAN     T G T  (TEAMS GAMES TURNAMENT)  DALAM  UPAYA  PENINGKATAN PRESTASI  BELAJAR  MATEMATIKA PADA  POKOK  BAHASAN PECAHAN BAGI SISWA KELAS V SD

8. PENGGUNAAN  STRATEGI  PEMBELAJARAN  AKTIF  UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATERI BILANGAN BULAT BAGI SISWA KELAS V SD


Post a Comment for "LAPORAN PTK SD MATEMATIKA KENAIKAN PANGKAT GURU"