Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PTK SD MATEMATIKA LENGKAP 2013

CONTOH PTK SD MATEMATIKA LENGKAP 2013-Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil pembelajaran Matematika dengan materi operasi bilangan bulat. Dari  hasil  ulangan formatip menunjukan 32 orang siswa kelas VI hanya 34,3% (11 orang) siswa sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), selebihnya sebanyak 66,7% (21 orang) siswa belum mencapai KKM, sedangkan target KKM mata pelajaran matematika kelas VI di SDN  adalah 66 ptk matematika sd kelas 6 doc.

Upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satu metode yang dianggap dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah metode demonstrasi contoh ptk matematika sd kelas 2. Melalui pembelajaran dengan metode demonstrasi diharapkan siswa mampu memahami sepenuhnya pembelajaran yang dilaksanakan khususnya pelajaran matematika di Sekolah Dasar. Siswa dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa meningkat ptk matematika sd kelas 3. 

Masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan secara umum yaitu : Apakah Penggunaan metode demonstrasi Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang dampak operasi penjumlahan dan pengurangan?” contoh ptk matematika sd lengkap Secara rinci masalah penelitian adalah: Bagaimanakah perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa dengan metode demonstrasi pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan? contoh ptk kelas 6 kurikulum 2013 Penelitian ini dilakukan melalui tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah 32 orang siswa kelas VI Negeri. Tindakan penelitian dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Untuk pengolahan data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes akhir siklus I diperoleh nilai rata-rata 69 ketuntasan belajar klasikal 80% dengan nilai terendah 45 dan nilai tertinggi 95. ptk matematika sd kelas 1 pada siklus II diperolek nilai rata-rata 74 ketuntasan belajar klasikal 92% dengan nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 100. Dengan demikian pembelajaran menggunakan metode demonstrasi  pada pembelajaran matematika  dapat dikatakan berhasil download ptk matematika sd.

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE DEMONSTRASI TENTANG OPERASI BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 
Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991 

55 Contoh PTK SD Terbaru

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah
Dewasa ini perkembangan pengetahuan dan teknologi menuntut peningkatan kualitas pendidikan. Upaya peningkatan kualitas pendidikan merupakan salah satu fokus di  dalam pengembangan pendidikan Indonesia. Salah satu pemecahan berbagai permasalahan yang digunakan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan  itu adalah pemanfaatan penelitian pendidikan. Penelitian pendidikan yang dimaksud ptk sd kelas 4 matematika doc salah satunya adalah penelitian tindakan kelas. IGAK Wardhani dkk.(2007:1.4)menjelaskan bahwa penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat. 

Penelitian tindakan kelas merupakan salah satu cara yang strategis bagi guru untuk memperbaiki dan meningkatkan layanan pendidikan yang harus diselenggarakannya dalam konteks pembelajaran di kelas atau peningkatan kualitas  program secara keseluruhan ptk sd kelas 5 lengkap.

Dalam proses belajar mengajar ada empat (4) komponen penting yang berpengaruh bagi keberhasilan siswa belajar, yaitu bahan ajar, suasana belajar, media dan sumber belajar, serta guru sebagai subyek belajar. Komponen–komponen tersebut sangat penting dalam proses belajar, sehingga melemahnya satu komponen atau lebih komponen dapat mengahambat tercapainya tujuan belajar yang optimal. Media dan sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran dipilih atas dasar tujuan dan bahan pelajaran yang telah ditetapkan. Disamping itu guru harus bisa menentukan metode yang tepat sehingga anak dapat dengan mudah menerima pembelajaran yang diberikan oleh guru karena guru sebagai subjek pembelajaran judul ptk matematika sd kls 5.

Contoh PTK Matematika Kurikulum 2013

BAB II
KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS TINDAKAN


A. Kajian Teori
1. Pengertian Matematika di SD
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Kurikulum 2006 (Depdiknas, 2006: 109) menyatakan bahwa:
Mata pelajaran matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari Sekolah Dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemapuan bekerjasama contoh ptk pkn sd kelas 5 lengkap.
Karena seperti yang kita ketahui bahwa ruang lingkup matematika terdiri dari bilangan, geometri dan pengukuran, serta pengolahan data. Sehingga sesuai dengan pengertian di atas bahwa pelajaran matematika perlu diberikan kepada siswa Sekolah Dasar.

Berdasarkan uraian tersebut tampak jelas bahwa matematika itu sangat penting diberikan kepada peserta didik untuk membakali dirinya dalam mengembangkan kemampuan tersebut.
Menurut Handayani, (2009: 14) “Kata matematika berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata “Mathema” yang berarti pengetahuan atau ilmu (knowlage science)”. James dan James (Handayani, 2009: 14) mengatakan:
Matematika adalah ilmu tentang logika, mengenai bentuk, susunan,besaran dan konsep-konsep yang berhubungan satu sama lainnya dengan jumlah yang banyak terbagi dalam tiga bagian besar, yaitu aljabar, analisis, dan geometri contoh judul ptk sd kelas 5.
Berdasarkan beberapa pengertian matematika yang dikemukakan diatas, dapat disimpulkan bahwa matematika adalah ilmu pengetahuan tentang aljabar, analisis dan geometri yang berkaitan dengan konsep-konsep yang berhubungan satu sama lainnya. 

Kumpulan Judul PTK Matematika SD

BAB III
METODOLOGI  PENELITIAN

A. Setting Penelitian
Setting penelitian ini mengacu pada waktu dan tempat penelitian. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri. Pemilihan tempat ini didasarkan pada pertimbangan :
1. Merupakan tempat peneliti mengajar, sehingga mempermudah peneliti dalam melakukan penelitian. 
2. Tidak mengganggu tugas mengajar peneliti 
3. Tidak mengganggu proses belajar mengajar pada awal tahun pelajaran
Penentuan jadwal waktu penelitian tindakan kelas di kelas VI SD Negeri sesuai dengan (RPP) Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran yang telah ditetapkan pkp matematika kelas 5 tentang pecahan. 

B. Rancangan  Penelitian 
Metode yang akan digunakan dalam penelitian adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pertimbangan yang mendasari penelitian metode ini, karena langkah-langkah penelitian cukup sederhana, sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh peneliti. Dengan kata lain, model dan tekhnik PTK tidak bersifat kaku, sehingga sesuai dengan kemampuan peneliti dan alokasi yang tersedia ptk sd kelas 5 doc

Jasa Pembuatan PTK SD Kurikulum 2013

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

      
A. Hasil Penelitian
Sesuai dengan gagasan yang dikemukakan, maka peneliti mengembangkan rencana penelitian tindakan kelas ini berupa prosedur kerja dalam penelitian tindakan yang dilaksanakan di dalam kelas. Tahapan penelitian ini meliputi dua siklus. Dalam satu siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi ptk kelas 5 sd bahasa indonesia.

B.  Diskripsi Siklus 
1. Siklus I
a. Perencanaan
Siklus I merupakan pembelajaran mata pelajaran matematika pokok bahasan Operasi Bilangan Bulat dengan sub pokok bahasan Penjumlahan dan Pengrangan Bilangan Bulat dengan peragaan jalan maju mundur pada garis bilangan. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober 2016 pada jam pelajaran ke dua dan tiga selama 70 menit. Dengan rincian 35 menit digunakan untuk kegiatan pembelajaran dan 35 menit berikutnya untuk mengerjakan latihan secara individual dan tugas lanjutan yang dikerjakan di rumah ( pekerjaan rumah ) download ptk sd kelas 5 lengkap word.

DAFTAR PUSTAKA

Lie, Anita. (2002). Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo
Muhsetyo, Gatot. (2002). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Sadulloh, Uyoh, dkk. (2007). Pedagogik. Bandung : Cipta Utama.
Sagala, Syaiful. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Warnadi, IGAK 2007. Penelitian Tindakan Kelas Jakarta Universitas Terbuka. 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
(RPP)
SIKLUS 1

Nama Sekolah :  SD Negeri 091318 Pematang Raya
Mata Pelajaran :  Matematika
Kelas / Semester: VI/1
Alokasi Waktu   :  2 x 35 menit 

Standar Kompetensi
Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar
Menggunakan sifat operasi hitung termasuk operasi hitung campuran termasuk,  FPB dan KPK
Indikator
1. Malalui Tanya jawab tantang bilangan bulat positif dan bilangan bulat negative, siswa dapat menunjukan letak bilangan bulat positif dan negative pada garis bilangan.
2. Setelah mendengarkan penjelasan dari guru dan memperagakan jalan maju mundur pada garis bilangan siswa mampu mengerjakan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
3. Siswa terampil menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan benar.

A. Tujuan Pemabelajaran
1. Siswa dapat menyelesaikan soal penjumlahan bilangan bulat positif dan  bilangan bulat negative dengan benar.
2. Siswa dapat menyelasaikan soal pengurangan bilangan bulat posit dan bilangan bulat negative denga benar 
Tujuan Perbaikan Pembelajaran
1. Meningkatkan Motivasi siswa dalam belajar.
2. Meningkatkan prestasi siswa 

B. Materi Pembelajaran 
Operasi Bilangan Bulat 
Sub Pokok Bahasan : Penjumlahan dan Pengrangan Bilangan Bulat Positif dan Bilangan Bulat Negatif

C. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi,
Tanya jawab dan 
demonstrasi

Post a Comment for "CONTOH PTK SD MATEMATIKA LENGKAP 2013"