Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PTK MATEMATIKA SD III PERKALIAN DAN PEMBAGIAN

CONTOH PTK MATEMATIKA SD III PERKALIAN DAN PEMBAGIAN-Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk (1) Untuk meningkatkan kemampuan menghitung perkalian dan pembagian melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas III SD  Untuk memaparkan carapenerapan Pendekatan Kontekstual dalam meningkatkan kemampuan menghitung perkalian dan pembagian pada siswa kelas III SD. contoh ptk matematika kelas 3 sd tentang perkalian

Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitiana dalah siswa kelas III.

Teknik pengumpulan data menggunakan, observasi, dokumen tasidantes. Teknik analisis data menggunakan tehnik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponenan alisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. contoh ptk lengkap sd kelas 3 matematika

Hasil penelitian ini adalah (1) Adanya peningkatan rata-rata nilai yang di peroleh siswa dari sebelumnya pada tesawal 42,72; kemudian padates siklus pertama 70,45; menjadi 82,72 pada siklus kedua, (2) Adanya peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa yang pada tes awal hanya 36,36%; danpadatessikluspertama 81,82%; kemudianpadasikluskeduamenjadi 100%. contoh proposal ptk kelas 3 sd
Ber dasar kan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan kontekstual mampu meningkatkan kemampuan menghitung perkalian dan pembagian pada siswa kelas III  Tahun Pelajaran 2016/2017).

UAPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN  MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SD

Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991 
DOWNLOAD PTK 

Contoh PTK Matematika Kelas III SD

BAB II
KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS TINDAKAN

A. Kajian Teori
1. Pengertian Matematika di SD
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Kurikulum 2006 (Depdiknas, 2006: 109) menyatakan bahwa:
Mata pelajaran matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari Sekolah Dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemapuan bekerjasama. contoh ptk sd kelas 3 matematika perkalian dan pembagian

 Karena seperti yang kita ketahui bahwa ruang lingkup matematika terdiri dari bilangan, geometri dan pengukuran, serta pengolahan data. Sehingga sesuai dengan pengertian di atas bahwa pelajaran matematika perlu diberikan kepada siswa Sekolah Dasar.

Berdasarkan uraian tersebut tampak jelas bahwa matematika itu sangat penting diberikan kepada peserta didik untuk membakali dirinya dalam mengembangkan kemampuan tersebut.

Menurut Handayani, (2009: 14) “Kata matematika berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata “Mathema” yang berarti pengetahuan atau ilmu (knowlage science)”.

James dan James (Handayani, 2009: 14) mengatakan:
Matematika adalah ilmu tentang logika, mengenai bentuk, susunan,besaran dan konsep-konsep yang berhubungan satu sama lainnya dengan jumlah yang banyak terbagi dalam tiga bagian besar, yaitu aljabar, analisis, dan geometri. contoh ptk sd kelas 3 lengkap

Berdasarkan beberapa pengertian matematika yang dikemukakan diatas, dapat disimpulkan bahwa matematika adalah ilmu pengetahuan tentang aljabar, analisis dan geometri yang berkaitan dengan konsep-konsep yang berhubungan satu sama lainnya. 

Download Contoh PTK SD Kelas 3 / III Terbaru Lengkap pdf

BAB III
METODOLOGIPENELITIAN


A. Setting Penelitian
Setting penelitian ini mengacu pada waktu dan tempat penelitian. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 091318 Pematang Raya, Kec.Raya. Pemilihan tempat ini didasarkan pada pertimbangan :
1. Merupakan tempat peneliti mengajar, sehingga mempermudah peneliti dalam melakukan penelitian. 
2. Tidak mengganggu tugas mengajar peneliti 
3. Tidak mengganggu proses belajar mengajar pada awal tahun pelajaran
Penentuan jadwal waktu penelitian tindakan kelas di kelas III SD Negeri 091318 Pematang Raya, Kec.Rayaini dilaksanakan selama  3 bulan mulai bulan September S/d Nopember 2016,  sesuai dengan (RPP) Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran yang telah ditetapkan. 

B. Rancangan  Penelitian 
Metode yang akan digunakan dalam penelitian adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pertimbangan yang mendasari penelitian metode ini, karena langkah-langkah penelitian cukup sederhana, sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh peneliti. Dengan kata lain, model dan tekhnik PTK tidak bersifat kaku, sehingga sesuai dengan kemampuan peneliti dan alokasi yang tersedia ptk matematika  perkalian dan pembagian sd kelas 3 pdf 
Menurut Depdikbud, (1999 : 9-10). Salah satu tujuan dari PTK adalah:
PTK dilaksanakan demi perbaikan dan/atau peningkatan praktek pembelajaran secara berkesinambungan, yang pada dasarnya melekat pada terlaksananya misi profesional pendidikan yang diemban guru. Oleh karena itu, PTK merupakan salah satu cara strategis dalam memperbaiki dan meningkatkan layanan pendidikan yang harus diselenggarakan dalam konteks, dan/atau dalam peningkatan kualitas program sekolah secara keseluruhan, dalam masyarakat yang cepat berubah  ptk kelas 3 sd ipa

Download ptk matematika sd doc

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN


A. Hasil  Penelitian
Berdasarkan hasil penelitian awal melalui observasi dan tes awal gambaran pembelajaran matematika pada siswa SD Negeri 091318 Pematang Raya Kec. Raya,  tentang perkalian dan pembagian adalah sebagai berikut : contoh ptk matematika sd kurikulum 2013
1. Guru kurang fokus saat mengajar
2. Kurang ramah dalam pembelajaran
3. Kurang menghargai jawaban siswa ( langsung mengatakan salah pada jawaban siswa)
Guru kurang sigap ketika kelas merespon negatif ketika siswa menjawab salah, kurang memperhatikan penjelasan dan tugas dari guru.
Sedang permasalahan yang ditemui pada diri siswa yaitu :
1. Siswa tampak kurang nyaman saat pembelajaran, ini terlihat dari :
Siswa ragu-ragu untuk bertanya dan menjawab pertanyaan
2. Tidak berani tampil di depan kelas
3. Kurang antusias saat merespon tindakan guru
4. Menunjukkan sikap jenuh saat pembelajaran yang ditunjukkan dengan siswa mengobrol sendiri dan menguap. ptk matematika sd kelas vi doc
Rendahnya hasil belajar siswa yang ditunjukkan dari tes awal tentang perkalian dan pembagian yaitu dari 26 siswa hanya 36,36 % ata 8 siswa yang mendapat nilai di atas batas KKM. Sedangkan yang lainnnya berada di bawah batas KKM. Fakta hasil penilaian tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mendapatkan nilai rendah. Dengan demikian hasil belajar siswa kelas III SD ,  perlu ditingkatkan. download ptk matematika sma doc

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian, Jakarta, Rineka Cipta.
Depdiknas . (2006). Panduan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SD/MI. Jakarta : BP.Dharma.
Engkon. (2004). Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Kelas Rangkap untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam pembelajaran Matematika. Proposal STKIP Garut : tidak diterbitkan
Hamalik, Oemar. (1994). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Harjanto. (2005). Perencanaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Hermawan, Ruswandi, dkk. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar. Bandung : UPI Prss
Isjoni. (2007). Cooperatve Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung : Alfabeta.
Lie, Anita. (2002). Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo
Muhsetyo, Gatot. (2002). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Sadulloh, Uyoh, dkk. (2007). Pedagogik. Bandung : Cipta Utama.
Sagala, Syaiful. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
(RPP)
SIKLUS 1

Nama Sekolah :  SDN 091318 Pematang Raya
Mata Pelajaran :  Matematika
Tema :  Hiburan
Kelas / Semester :  III/1
Alokasi Waktu    :  2 x 35 menit 


STANDAR KOMPETENSI
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka

KOMPETENSI DASAR
  Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan  pembagian bilangan tiga angka
  Melakukan operasi hitung campuran 

INDIKATOR
Menjelaskan  membilang secara urut
Membandingkan  dua buah bilangan dengan simbol <, >, dan =
Mendeskripsikan perkalian dan pembagian sampai dengan seratus
Menghitung perkalian dan pembagian oleh 2

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat membilang secara urut
Siswa dapat membandingkan  dua buah bilangan dengan simbol <, >, dan =
Siswa dapat mengingat perkalian dan pembagian sampai dengan seratus
Siswa dapat membuat tabel 10 x 10
Siswa dapat menghitung perkalian dan pembagian oleh 2

Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan 
                                                            perhatian (respect), Tekun (diligence),
                                                            Tanggung jawab (responsibility) dan 
                                                            Ketelitian (carefulness)

Post a Comment for "CONTOH PTK MATEMATIKA SD III PERKALIAN DAN PEMBAGIAN "