Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PTK MATEMATIKA SD KELAS 5 SEMESTER 2

CONTOH PTK MATEMATIKA SD KELAS  5  SEMESTER 2-Pembelajaran yang terjadi di sekolah masih didominasi guru sehingga pembelajaran yang dilakukan di sekolah kurang efektif. Sebagai pendidik harus mengetahui dan dapat membuat sebuah pembaharuan dalam dunia pendidikan agar dapat mengembangkan proses pembelajaran yang kondusif sehingga dapat diperoleh hasil yang maksimal. Salah satu bentuk pembeharuan pembelajaran adalah dengan mengaitkan kehidupan yang kongkrit, menggunakan alat peraga, menarik dan bermakna bagi siswa. Bukan masanya lagi seorang guru hanya mengandalkan ceramah dalam menyampaikan materi. judul ptk matematika kelas 5 semester 2 Guru dituntut untuk aktif dan kreatif membimbing peserta didik mencapai tujuan pembelajaran, maka dari itu peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN  dengan jumlah 33 siswa. Analisis perbedaan menggunakan analisis Independent Sample Test dengan bantuan program statistik SPSS 16.0 for Windows., download ptk sd kelas 5 lengkap word analisis ini digunakan untuk mengetahui Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik materi sifat-sifat bangun ruang menggunakan alat peraga terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. ptk sd kelas 5 doc
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata postest hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen sebesar 83,95, lebih besar dari pada nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok kontrol sebesar 73,95. Selisih rata-rata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 10,00. Sedangkan hasil penelitian dengan analisis data yang dilakukan dengan teknik uji t-tes diketahui bahwa nilai t adalah 3,373 dengan probabilitas signifikan sebesar 0,002. contoh ptk mi kelas 5 Berdasarkan hasil uji T-test dan nilai signifikansi 0,002<0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan pada pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan menggunakan alat peraga dari pada pembelajaran tidak menggunakan pembelajaran matematika realistik.. contoh ptk matematika sd lengkap Berdasarkan selisih hasil rata-rata nilai postest pada kelas kontrol dan eksperimen, serta hasil analisis dengan teknik uji pkp matematika kelas 5 tentang pecahan T-test, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik menggunakan alat peraga materi sifat-sifat bangun ruang terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN  semester II tahun ajaran 2015/2016”

PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK MENGGUNAKAN ALAT PERAGA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SEMESTER II TAHUN AJARAN 2015/2016

Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991
DOWNLOAD PTK 

Penelitian Tindakan Kelas Matematika Kelas V SD

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Pendidikan adalah usaha sadar yang sengaja dirancang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan merupakan salah satu cara pembentukan kemampuan manusia untuk menggunakan rasional seefektif dan seefisien mungkin sebagai jawaban dalam menghadapi masalah-masalah yang timbul dalam usaha menciptakan masa depan yang baik. judul ptk matematika kelas 5 semester 2

Yuwono dalam Sudarsiah (2005:1), mengemukakan bahwa sudah banyak usaha yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya kualitas pendidikan matematika di sekolah, namun belum menampakkan hasil yang memuaskan, baik ditinjau dari proses pembelajarannya maupun dari hasil prestasi belajar siswanya.

Matematika sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah dinilai sangat memegang peranan penting karena matematika dapat meningkatkan pengetahuan siswa dalam berpikir secara logis, rasional, kritis, cermat, efektif, dan efisien. Oleh karena itu, pengetahuan matematika harus dikuasai sedini mungkin oleh para siswa. download ptk sd kelas 5 lengkap word

Kebanyakan proses pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah pembelajaran konvensional yakni ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Pendekatan pembelajaran ini mengakibatkan rendahnya kemampuam penalaran siswa. Oleh karena itu, pendekatan pembelajaran tersebut perlu segera dirubah. Soedjadi dalam Sudarsiah (2005:2) mengemukakan bahwa, di negeri Belanda telah dikembangkan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Dalam pendekatan PMR, pembelajaran matematika lebih memusatkan kegiatan belajar pada siswa dan lingkungan serta bahan ajar yang disusun sedemikian sehingga siswa lebih aktif mengkonstruksi atau membangun sendiri pengetahuan yang akan diperolehnya.

Dalam PMR pembelajaran tidak dimulai dari defenisi, teorema atau sifat-sifat kemudian dilanjutkan dengan pembahasan contoh-contoh, seperti yang selama ini dilaksanakan diberbagai sekolah. Namun sifat-sifat, definisi, cara, prinsip, dan teorema diharapkan seolah-olah ditemukan kembali oleh siswa melalui penyelesaian kontekstual yang diberikan guru di awal pembelajaran. Dengan demikian dalam PMR siswa didorong atau ditantang untuk aktif bekerja, bahkan diharapkan dapat mengkonstruksi atau membangun sendiri pengetahuan yang diperolehnya. judul ptk matematika sd kls 5

Proposal PTK Matematika Kelas 5

BAB II
KAJIAN PUSTAKA


2.1 Kajian Teori
2.1.1 Pembelajaran
Pembelajaran adalah proses penguasaan pengetahuan, sikap dan keterampilan melalui belajar, mengajar, dan pengalaman (Slameto,2007:4). Sedangkan menurut Poerwadarminta (2005:7) menyebutkan pembelajaran merupakan terjemahan dari kata “Instruction” yang dalam bahasa Yunani disebut “instructus” atau “instruere” yang berarti menyampaikan pikiran. Dengan demikian arti intruksional adalah penyampaian pikiran atau ide yang telah diolah secara bermakna melalui pembelajaran. Pengertian ini lebih mengarah kepada guru sebagai pelaku perubahan. contoh ptk mi kelas 5

Dari pendapat tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahwa pembelajaran itu ialah suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh suatu perubahan perilaku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

Senada dengan pengertian pembelajaran tersebut, Sudjana (1991:2) menyatakan bahwa pada dasarnya ada lima prinsip yang menjadi landasan pengertian pembelajaran yaitu :
a. Pembelajaran sebagai usaha memperoleh perubahan perilaku . Prinsip ini mengandung makna bahwa ciri utama proses pembelajaran itu adalah adanya perubahan perilaku dalam diri individu walaupun tidak semua perubahan perilaku individu merupakan hasil pembelajaran.
b. Hasil pembelajaran ditandai dengan perubahan perilaku secara keseluruhan , perubahan perilaku sebagai hasil pembelajaran adalah meliputi semua aspek perilaku dan bukan hanya satu atau dua aspek saja. Perubahan itu meliputi aspek kognitif ,afektif dan motorik. contoh ptk matematika sd lengkap
c. Pembelajaran merupakan suatu proses, prinsip ketiga ini mengandung makna bahwa pembelajaran itu merupakan suatu aktivitas yang berkesinambungan didalam aktivitas itu terjadi adanya tahapan­tahapan aktivitas yang sistematis dan terarah. ptk sd kelas 5 doc semester 2

Penelitian Tindakan Kelas Matematika Kelas 5 SD

BAB III
METODE PENELITIAN


3.1 Jenis Penelitian dan Desain Penelitian
3.1.1 Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Menurut Sugiyono (2010) Penelitian Ekperimental (Experimental research): metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Tujuan dari penelitian eksperimental adalah untuk menyelidiki ada-tidaknya hubungan sebab-akibat berapa besar hubungan sebab- akibat tersebut dengan cara memberikan perlakuan-perlakuan tertentu pada beberapa kelompok eksperimental dan menyediakan kontrol untuk perbandingan. download ptk sd kelas 5 lengkap word
3.1.2 Desain Penelitian
Adapun desain eksperimen yang akan digunakan peneliti adalah pretest-postest control group design, dimana dalam desain ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang dipilih secara random. Kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen () dan kelompok kontrol.
 Secara homogenitas, hasil pretest yang baik adalah bila nilai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak berbeda secara signifikan. Perlakuan yang diberikan kepada kelompok eksperimen (X), dan pengaruh pembelajaran (&). ptk sd kelas 5  semester II

PTK SD Kelas 5 Lengkap Format Microsoft Word dan PDF

BAB IV
HASIL PENELITIAN


4.1 Pelaksanaan Penelitian
Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SDN Setiadarma 04 pada semester II tahun pelajaran 2015/2016. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diberikan pretest untuk menguji kesamaan varian sehingga kedua kelompok tersebut menunjukkan keadaan kedua kelompok yang homogen. Artinya data tersebut berdistribusi normal dan memiliki varians yang tidak berbeda secara signifikan. Ini menunjukkan bahwa sebelum diberi perlakuan kedua kelompok mempunyai kemampuan awal yang sama sehingga kelompok eksperimen dapat diberi perlakuan yaitu dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan alat peraga dan kelas kontrol menggunakan metode yang konvensional. Setelah diberi perlakuan, kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan tes akhir atau postest pada akhir pertemuan. Dalam pembelajaran ini waktu yang digunakan adalah 1 kali pertemuan (2 jam pelajaran). pkp matematika kelas 5 tentang pecahan

Pada awal pelaksanaan treatment pada siswa kelas eksperimen diberi apersepsi oleh guru tentang bangun yang menyerupai kubus dan balok yang ada di sekirat siswa. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Kemudian siswa diberi lembar kerja diskusi dan benda yang menyerupai bangun ruang kubus atau balok. Setiap kelompok di bagikan soal tentang balok dan kubus untuk menghitung sisi, rusuk dan titik sudut. Setelah berdiskusi perwakilan dari kelompok dapat mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas, kelompok lainnya memberi tanggapan. Terutama pada saat berkelompok ada beberapa siswa yang tidak fokus. Setelah diingatkan guru, siswa kembali memperhatikan. Saat siswa melakukan kerja kelompok mereka sangat memperhatikan dan saat disuruh megerjakan anak-anak langsung aktif, karena saat mereka melihat tempat pepsoden, tempat lampu dan masih banyak lagi benda-benda yang menyerupai kubus atau balok mereka penasaran ingin mengerjakan sendiri banyaknya sisi, sudut dan rusuk bangun tersebut. Dalam mempresentasikan hasil kelompok proses pembelajaran sangat aktif dan terkendali. Ada kelompok lain yang melengkapi jawaban, bertanya karena. download ptk sd kelas 5 lengkap word semester II

DAFTAR PUSTAKA

Nasution, Wahyudin Nur 2006 “Efektifitas strategi pembelajaran kooperatif dan ekspositori terhadap hasil balajar sains ditinjau dari cara berfikir” jurnal penelitian edisi 5 tahun 2006
Priyanto, Duwi. “Mandiri Belajar SPSS”. Jakarta: PT Buku Kita
Putri, Ayu Ardani. 2010. Tesis “Keefektifan Penggunaan Media Anagram Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Indonesia Bagi Siswa KelasI SD ”.Yogyakarta :Pasca Sarjana UNY
Riduwan.2009.”Belajar Mudah Penelitian ”.Bandung : Alfabeta
Slameto.2003 .Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta
Sudarsiah, 2005. Pengertian Pembelajaran Matematika Realistik. http://www.sudarsiah. com/2005/07/pengertianpembelajaranmatematikarealis tik.html/

RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN (RPP)\
Satuan pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/2
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
Memehami sifat-sifat bangun ruang dan hubungan antar bangun ruang.
B. Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang
C. Indikator
1. Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang
2. Menggambar bangun ruang dari sifat-sifatnya
3. Mengidentifikasi benda-benda disekitar yang termasuk bangun ruang
D. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui pendekatan PMRI, siswa diharapkan dapat menunjukan sifat­sifat bangun ruang dengan benar.
2. Melalui pendekatan PMRI, siswa diharapkan dapat mengidentifikasi
benda-benda disekitar yang termasuk bangun ruang dengan tepat.
3. Melalui diskusi kelompok, siswa diharapkan dapat menggambar
jaring-jaring bangun ruang dengan benar.
E. Materi Pembelajaran
Bangun ruang (Balok dan Kubus)
Kubus
Kubus adalah prisma siku-siku khusus. Semua sisinya berupa
persegi atau bujursangkar yang sama.
Sisinya = 6 buah, yaitu: ABCD, AEHD, DHGC, CGFB. BFEA, EFGH. Rusuknya = 12 buah, yaitu: AB, BC, CD, DA, AE, BF, CG, DH, EF, FG, GH, HE.
Titik sudutnya = 8 buah, yaitu: A, B, C, D, E, F, G, H.
Balok

Post a Comment for "CONTOH PTK MATEMATIKA SD KELAS 5 SEMESTER 2 "