Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

DOWNLOAD PTK TERKINI MATEMATIKA SD

DOWNLOAD PTK TERKINI MATEMATIKA SD-Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar, Matematika
Matematika merupakan mata pelajaran yang susah untuk dimengerti. Siswa merasa kurang senang, kurang berminat dan siswa tidak aktif selama pembelajaran. Indikasi yang paling mudah ditemukan adalah hasil belajar siswa yang cenderung kurang memuaskan. Berdasarkan pengalaman peneliti sebagai guru kelas III SD ........ptk sd kelas 1 matematika...........proses kegiatan belajar mengajar terutama mata pelajaran matematika belum menggunakan pembelajaran yang menarik. Minat siswa untuk belajar matematika sangat kurang yang dapat ditunjukkan dari persentase siswa yang mempunyai nilai diatas KKM hanya 57%. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas .......ptk matematika sd kelas 1 doc.. semester 2 tahun pelajaran 2016/2017 ?
Penelitian ini dilaksanakan di .................. Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III .........ptk sd kelas 3 doc.............Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 24 siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), implementasi/tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection).
Siklus I dan siklus 2 dilaksanakan pada bulan Maret 2017. Hasil belajar pada siklus I diperoleh dari tes yang dilaksanakan pada akhir pertemuan siklus I dengan ketuntasan klasikal 70% atau 17 siswa yang tuntas, meningkat pada siklus 2 yaitu ketuntasan klasikal belajar siswa mencapai 89% atau 21 siswa tuntas.


PTK KELAS 4 SD KESEBANGUNAN SEMESTER 1

PTK SD KELAS III MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PBL

LAPORAN PTK SD MATEMATIKA KENAIKAN PANGKAT GURU

PTK MATEMATIKA

CONTOH JUDUL PTK MATEMATIKA SD KELAS 6

PENELITIAN TINDAKAN KELAS SD MATEMATIKA SEMESTER 1

CONTOH PTK SD MATEMATIKA LENGKAP 2013

CONTOH PTK MATEMATIKA SD KELAS 5 SEMESTER 2

CONTOH PTK MATEMATIKA SD III PERKALIAN DAN PEMBAGIAN

CONTOH LENGKAP PTK MATEMATIKA SD FILE DOC

CONTOH PTK MATEMATIKA SD KELAS III KURIKULUM 2013

DOWNLOAD LENGKAP CONTOH PTK MATEMATIKA SD/MI KURTILAS DOC



Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas ini dapat diambil saran bahwa akan mendapatkan pengetahuan tentang peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas III melalui pembelajaran kooperatif, Sebagai dasar untuk penelitian selanjutnya. Siswa merasa tertarik dan mudah memahami materi pelajaran matematika dengan pembelajaran kooperatif. Menemukan dan menjadi pengalaman menggunakan pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III. Dapat digunakan untuk memotivasi guru, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan pembelajaraan kooperatif.

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SD ................... SEMESTER 2  TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991
DOWNLOAD PTK 

DOWNLOAD PTK MATEMATIKA SD KELAS


BAB I

PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah
Matematika adalah suatu alat untuk mengembangkan cara berfikir, sehingga matematika sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya pelajaran matematika harus sudah diberikan sejak dini kepada anak yaitu sejak anak duduk di bangku Sekolah Dasar bahkan Taman Kanak¬kanak. Namun jika dilihat perkembangan dunia pendidikan Sekolah Dasar pada saat ini belumlah menggembirakan, terlebih pelajaran matematika yang masih menjadi momok bagi siswa.ptk sd kelas 1 doc
Dalam pandangan siswa SD secara umum, mata pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang susah untuk dimengerti. Indikasi yang paling mudah ditemukan adalah hasil belajar siswa yang cenderung kurang memuaskan. Terutama pada perolehan nilai yang rata-rata dibawah mata pelajaran lain. Hal tersebut dirasakan oleh guru, orang tua dan oleh siswa itu sendiri.
Sebagian besar siswa dan orang tua siswa memandang bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit bahkan menakutkan. Dan sebagian orang tua yang lain merasa bangga jika anak mereka pandai dalam hal matematika, sehingga memaksa mereka untuk rajin belajar melalui les privat, bimbingan belajar maupun membimbing sendiri anak mereka tanpa memperhatikan keinginan mereka. Hal itulah yang menyebabkan siswa tidak merasa senang belajar matematika bahkan siswa merasa terpaksa apabila belajar matematika.
Kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa siswa SD kelas III masih banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal tentang masalah yang berhubungan dengan pecahan. Dari materi tersebut yang diberikan oleh guru kenyataannya, dari 10 soal matematika tentang pecahan, masih ada 10 siswa dari 24 siswa kelas III yang tidak dapat mengerjakan soal karena siswa tidak aktif memperhatikan proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Disamping banyak anak yang kurang aktif dalam pembelajaran

LAPORAN PTK LENGKAP MATEMATIKA SD KELAS VI


BAB II

KAJIAN PUSTAKA

2.1 Kajian Teori
2.1.1 Hasil Belajar
Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Hasil belajar mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran. Proses penilaian terhadap hasil belajar dapat memberikan informasi kepada guru tentang kemajuan siswa dalam upaya mencapai tujuan-tujuan belajarnya melalui kegiatan belajar. Selanjutnya dari informasi tersebut guru dapat menyusun dan membina kegiatan-kegiatan siswa lebih lanjut, baik untuk keseluruhan kelas maupun individu.
Faktor-faktor yang mempengaruhi Hasil belajar yaitu :
1)    Faktor Internal (dari dalam individu yang belajar).
Faktor yang mempengaruhi kegiatan belajar ini lebih ditekankan pada faktor dari dalam individu yang belajar. Adapun faktor yang mempengaruhi kegiatan tersebut adalah faktor psikologis, antara lain yaitu: motivasi, perhatian, pengamatan, tanggapan dan lain sebagainya.
2)    Faktor Eksternal (dari luar individu yang belajar).laporan ptk sd doc
Pencapaian tujuan belajar perlu diciptakan adanya sistem lingkungan belajar yang kondusif. Hal ini akan berkaitan dengan faktor dari luar siswa. Adapun faktor yang mempengaruhi adalah mendapatkan pengetahuan, penanaman konsep dan keterampi lan, dan pembentukan si kap.
Sudjana (1989: 22) menyimpulkan “Pengertian hasil belajar dalam hal ini adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia melaksanakan pengalaman belajarnya”.
Pengertian tersebut maka dapat dikaji bahwa hasil belajar adalah suatu penilaian akhir dari proses dan pengenalan yang telah dilakukan berulang-ulang. Serta akan tersimpan dalam jangka waktu lama atau bahkan tidak akan hilang selama-lamanya karena hasil belajar turut serta dalam membentuk pribadi individu yang selalu ingin mencapai hasil yang lebih baik lagi sehingga akan merubah cara berpikir serta menghasilkan perilaku kerja yang lebih baik.
2.1.2 Belajar Matematika
Arsyad (2002:1) menyimpulkan belajar adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada diri setiap orang sepanjang hidupnya. Proses belajar itu terjadi karena adanya interaksi antara seseorang dan lingkungannya.

 PTK MATEMATIKA KLS V


BAB III

METODE PENELITIAN


3.1 Setting dan Karekteristik Subjek Penelitian
Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan, mulai dari bulan januari sampai bulan juni 2016 atau selama I Semester. Berdasarkan Materi Pembelajaran yang diteliti, materi ini jatuh pada Semester 2. Untuk penyusunan proposal dan penyusunan instrumen dilaksanakan pada bulan Januari 2016. Sedangkan untuk pengumpulan data dilaksanakan dengan 2 cara / 2 siklus. Siklus I dilaksnakan pada bulan Maret 2016. Siklus II dilaksanakan pada bulan Maret 2016. Untuk menganalisis data dilaksanakan pada bulan April 2016. Supaya data yang diperoleh dapat valid, maka data tersebut harus didiskusikan / diseminarkan. Ini dilaksanakan pada bulan Mei 2016. Hasil pembahasan diskusi / seminar akan dmatematikakai sebagai dasar untuk menulis Laporan Hasil Penelitian. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Junii 2016. Agar waktu penelitian mudah dmatematikahami, maka dibuat dalam bentuk Table 2.

PTK Pembelajaran Matematika


BAB IV

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN


4.1. Pelaksanaan Tindakan
4.1.1. Diskripsi Kondisi Awal kumpulan ptk sd kelas 2
Hasil belajar matematika siswa kelas III SD.....................semester 2 tahun pelajaran 2016/2017, sebelum diadakan penelitian belumlah tuntas. Hal ini disebabkan guru lebih banyak melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) terutama mata pelajaran matematika belum menggunakan pendekatan pembelajaran yang menarik. Minat siswa untuk belajar matematika sangat kurang siswa cenderung lupa pada pelajaran yang sudah diberikan. Akibatnya kemampuan pemahaman konsep matematka setelah diadakan evaluasi belajar pada akhir pembelajaran hasilnya masih jauh dari harapan dan tujuan pembelajaran.Siswa dinyatakan berhasil atau tuntas jika nilai KKM pada Kompetensi Dasar pelajaran matematika adalah 63. Sehingga siswa yang belum mendapatkan nilai 63 dikategorikan belum tuntas belajarnya download ptk sd lengkap doc

DAFTAR PUSTAKA

Anita Lie. 2007. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Arends, Richard. 1989. Classroom Instruction and Management. Washington: McGrow-Hill Aqib,zainal.2006. Penelitian Tindakan Kelas .Bandung.:Irama Widya
Arikunto.S. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP
Depdiknas.2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian. Jakarta: Depdiknas
Hudoyo. 1990. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang : Universitas Negeri Malang
Nyimas. Aisyah dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran Mat ematika SD. Jakarta: Derektorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Lampiran 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) SIKLUS 1

A.    Standar Kompetensi
Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam mengatasi masalah sehari-hari
B.    Kompetensi Dasar
Membandingkan pecahan sederhana.
C.    Indikator
a)    Mengurutkan bilangan pecahan
b)    Membandingkan dua pecahan.
D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini selesai diharapkan siswa mampu :
x Mengurutkan bilangan pecahan x Membandingkan dua pecahan
E.    Materi Pelajaran
Membandingkan Pecahan Sederhana
1. Membandingkan pecahan dengan gambar
Stella dan Diva membeli pita. Panjang pita Stella adalah m. Panjang pita Diva adalah m. Panjang pita mereka ditunjukkan dalam gambar berikut.

Pita Divam
Perhatikan bagian yang diarsir! Dari gambar terlihat bahwa:
•    Pita Stella ( m) lebih pendek daripada pita Diva ( m).
•    Pita Diva ( m) lebih panjang daripada pita Stella ( m). 2. Membandingkan pecahan dengan garis bilangan

Post a Comment for "DOWNLOAD PTK TERKINI MATEMATIKA SD"