Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

DOWNLOAD PTK IPA KELAS 5 LENGKAP KURIKULUM 2013

DOWNLOAD PTK IPA KELAS 5 LENGKAP KURIKULUM 2013-IPA merupakan mata pelajaran yang dikaji oleh siswa kelas V. ptk ipa sd kelas 5 doc Salah satu materi IPA yang sulit dipahami siswa di kelas V  adalah gaya gerak dan energi. Rendahnya  pemahaman siswa terhadap gaya gerak dan energi disebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang   disampaikan   oleh   guru.  ptk ipa sd kelas 5 semester 2 doc  Guru   lebih banyak berceramah, sehingga siswa tidak terlibat  aktif  dalam  pembelajaran. ptk sd kelas 5 doc Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa pada materi gaya gerak dan energi. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi rendahnya prestasi belajar siswa dengan memaksimalkan panca indera siswa adalah metode demonstrasi. download ptk sd kelas 5 lengkap word Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Pada Materi Gaya gerak dan energi Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi Pada Siswa Kelas V  Tahun Ajaran 2015/2016.

DOWNLOAD CONTOH PTK IPA SD FORMAT DOC

PENELITIAN TINDAKAN KELAS SD KURIKULUM 2013

CONTOH PTK IPA SD KELAS 4 KURIKULUM 2013

CONTOH PTK IPA SD KELAS 5 SEMESTER 2

CONTOH PTK IPA ENERGI LISTRIK KELAS 4 SD

DOWNLOAD CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS IPA SD

CONTOH PTK IPA SD KURIKULUM 2013 TERBARU DOC

DOWNLOAD PTK IPA KELAS VI SD LENGKAP K13

CONTOH PTK IPA SD DENGAN MODEL PEMBEJARAN TERBARU

LAPORAN PTK SD IPA DOC UNTUK KENAIKAN GOLONGAN

”Metode demonstrasi merupakan metode mengajar yang menyajikan bahan pelajaran dengan mempertunjukkan secara langsung subyek atau cara melakukan sesuatu, sehingga siswa mempelajari materi pelajaran melalui serangkaian  proses. pada pra siklus prosentase ketuntasan siswa hanya mencapai 33% dengan siswa tuntas belajar berjumlah 4 siswa. Pada siklus 1 prosentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 66% dengan siswa tuntas belajar berjumlah 8 siswa. Pada siklus 2 prosentase ketuntasan siswa mencapai 83% dengan siswa tuntas belajar berjumlah 10 siswa. Dapat disimpulkan bahwa Dalam jangka waktu kurang lebih 2 minggu, dengan konsep 4X pertemuan maka metode demonstrasi berdampak positif bagi proses pembelajaran mata pelajaran IPA  khususnya pada materi gaya gerak dan energi. Metode seperti ini sangat cocok sekali di terapkan pada siswa. Dengan metode demonstrasi siswa dapat lebih mudah memahami dan mempraktekkan apa yang di ajarkan oleh guru.

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA MATERI GAYA GERAK DAN ENERGI MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V TAHUN AJARAN 2015/2016
Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991 

Ptk Ipa Kelas 5 SD Metode Pembelajaran Demonstrasi

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah
Pada hakikatnya kegiatan beiajar mengajar adalah suatu proses interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam satuan pembelajaran. Guru sebagai salah satu komponen dalam proses belajar mengajar merupakan pemegang peran yang sangat penting. contoh ptk ipa sd lengkap Guru bukan hanya sekedar penyampai materi saja, tetapi lebih dari itu guru dapat dikatakan sebagai sentral pembelajaran. 

Sebagai pengatur sekaligus pelaku dalam proses belajar mengajar, gurulah yang mengarahkan bagaimana proses belajar mengajar itu dilaksanakan. Karena itu guru harus dapat membuat suatu pengajaran menjadi lebeh efektif  juga  menarik sehingga bahan pelajaran yang disampaikan akan membuat siswa merasa senang dan merasa perlu untuk mempelajari bahan pelajaran tersebut.

Guru mengemban tugas yang berat untuk tercapainya tujuan pendidikan nasional yaitu Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor di antaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar  mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksirnal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan agar prestasi belajar yang diperoleh siswa mampu meningkat secara terus-menerus ptk ipa sd kelas 4 doc.

Contoh PTK MI Kelas 5 IPA

BAB II

KAJIAN PUSTAKA

2.1 PRESTASI BELAJAR
2.1.1 Pengertian Prestasi Belajar
Setiap kegiatan yang dilakukan siswa akan menghasilkan suatu perubahan dalam dirinya, yang meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Hasil belajar yang diperoleh siswa diukur berdasarkan perbedaan tingkah laku sebelum dan sesudah belajar dilakukan. Salah satu indikator terjadi perubahan dalam diri siswa sebagai hasil belajar di sekolah dapat dilihat melalui nilai yang diperoleh siswa pada akhir semester download ptk sd lengkap doc.

Pengertian yang lebih umum mengenai prestasi belajar ini dikemukakan oleh Moh. Surya (2004:75), yaitu “prestasi belajar adalah hasil belajar atau perubahan tingkah laku yang menyangkut ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap setelah melalui proses tertentu, sebagai hasil pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya”.

Pengertian prestasi belajar sebagaimana tercantum dalam Kamus Besar IPA (2001:895) “Prestasi balajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan melalui mata pelajaran, lazimnya ditunjukan dengan nilai yang diberikan oleh guru”.Menurut I.L Pasaribu dan B. Simanjuntak (1983:91) menyatakan bahwa “prestasi belajar adalah isi dan kapasitas seseorang. Maksudnya adalah hasil yang diperoleh seseorang setelah mengikuti pendidikan ataupun pelatihan tertentu. Ini bisa ditentukan dengan memberikan tes pada akhir pendidikan itu” contoh ptk sd kelas 6 ipa.

Contoh Peneliatian Tindakan Kelas IPA SD

BAB III
METODE PENELITIAN

3.1 Desain Penelitian
Rancangan penelitian menurut Masnur Muslich (2010: 144), rencana dan struktur penelitian yang disusun sedemikian rupa sehingga peneliti akan memperoleh jawaban untuk pertanyaan penelitiannya. Proses pelaksanaan tindakan dilaksanakan secara bertahap sampai penelitian ini berhasil. Prosedur tindakan dimulai dari (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan dan evaluasi serta (4) analisis dan refleksi contoh proposal ptk sd kelas 2 ipa.

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar ipa pada materi Gaya Gerak dan Energi melalui penerapan metode pembelajaran demonstrasi pada siswa kelas V  Tahun Ajaran 2015/2016. Sesuai dengan tujuan, rancangan yang akan digunakan pada penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) Menurut Issac (1971) dalam Masnur Muslich (2010: 144), penelitian tindakan kelas ini didesain untuk memecahkan masalah-masalah yang diaplikasikan secara langsung di dalam ajang kelas atau dunia kerja. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan secara kolaboratif oleh peneliti yang sekaligus sebagai guru IPA ptk sd kelas 1 ipa.

Download PTK SD Kelas 5 Lengkap Word

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1 Hasil Penelitian
4.1.1. Hasil Penelitian Pra Siklus
Peneliti mulai melaksanakan kegiatan penelitian yang pertama pada tanggal 25 Maret 2016  dengan mengadakan pembelajaran materi Gaya Gerak dan Energi dengan metode yang biasa di lakukan yaitu metode konvensional (ceramah  kemudian praktek). Kegiatan pra siklus ini bertujuan untuk mengetahui hasil prestasi belajar IPA materi Gaya Gerak dan Energi  sebelum di terapkan metode demonstrasi ptk ipa kelas 6 sd lengkap
4.1.1.1 Tahap Perencanaan Pra Siklus
1) Membuat instrument penelitian yang terdiri dari lembar observasi hasil prestasi belajar IPA materi Gaya Gerak dan Energi, pedoman wawancara, dan penilaian hasil belajar
2) Membuat RPP 
4.1.1.2  Pelaksanaan
Kegiatan pra siklus dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2016  dengan menggunakan metode yang biasa di lakukan yaitu metode konvensional (ceramah kemudian praktek) dalam pembelajaran IPA materi Gaya Gerak dan Energi. Kegiatan pra siklus ini dilaksanakan dengan alokasi waktu 2 X 40 JP (Jam Pelajaran) atau satu kali pertemuan.Adapun pelaksanaan dari kegiatan pra siklus dimulai dengan dengan kegiatan awal, selanjutnya kegiatan inti dan terahir kegiatan penutup download ptk sd kelas 6 doc.

DAFTAR PUSTAKA

Abimanyu, Soli. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktoral Jendral
Pendidikan Tinggi Depdiknas
Dimyati ,dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Komala,    S.    D.    2013 Penerapan    Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Tentang Pokok Bahasan Cahaya Dan Sifat-Sifatnya : Penelitian Tindakan Kelas di SDN Nanggeleng I Kelas V Semester II Ajaran 2012/2013 Kota Sukabumi. Thesis,                  Universitas Pendidikan Indonesia
L. Pasaribu dan B. Simandjuntak. (1983). Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung : Tarsito.
Menggunakan         Metode Demonstrasi  dalam  Pembelajaran  Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. 
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb
Muhroji dkk. (2004). Manajemen Pendidikan. Surakarta : UMS Press
Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia
Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.

RPP
(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
Pra Siklus
Nama Sekolah :  MIN 21 Aceh Selatan  
Mata Pelajaran :  IPA
Kelas/Semester :  V/2
Standar Kompetensi :  Memahami hubungan antara gaya, gerak dan energi serta fungsinya.
Kompetensi Dasar :  Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya magnet, gaya grafitasi, dan gaya gesekan).
Indikator :
Menyimpulkan bahwa gaya grafitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah.
Memprediksi seandainya tidak ada gaya grafitasi bumi.
Membandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda-beda (kasar,halus).
Menjelaskan bernagai cara memperkecil atau memperbesar gaya gesekan.
Menjelaskan manfaat dan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesekan  dalam kehidupan sehari-hari.Alokasi Waktu  :  2× 40 menit (1× pertemuan)

4 comments for "DOWNLOAD PTK IPA KELAS 5 LENGKAP KURIKULUM 2013"