Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PTK IPA SD KELAS 5 SEMESTER 2

CONTOH PTK IPA SD KELAS 5 SEMESTER 2-Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have dengan pokok bahasan Struktur Bumi siswa kelas 5 Semester 2 SD Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subyek yang akan digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas 5 SD yang berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan pos test pada akhir siklus. Kriteria keberhasilan pada penelitian ini yaitu ≥ 90% dari keseluruhan jumlah siswa dalam kelas yang mendapat nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu ≥75. contoh ptk sd kelas 5 lengkap
Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi awal siswa yang nilainya tuntas ada 13 siswa dengan presentase 46,34% dan yang belum memenuhi KKM ada 15 siswa (53,66%). Siklus I menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have terjadi peningkatan hasil belajar. Siswa yang tuntas ada 22 siswa (75,61%) dan siswa yang tidak tuntas ada 6 siswa (24,39%). Kemudian pada siklus ke II terjadi peningkatan yang lebih baik lagi dari sebelumnya, siswa yang tuntas ada 27 siswa (92,68%) dan yang belum tuntas ada 1 siswa (7,32%). contoh ptk sd kelas 5 kurikulum 2013

Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 Semester 2 SDa Tahun Pelajaran 2016/2017. download ptk sd kelas 5 lengkap word

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG STRUKTUR BUMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE SISWA KELAS 5 SD SEMESTER 2 TAHUN 2017

Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991
DOWNLOAD PTK 

PTK IPA kelas V MI

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Tuntutan dunia pendidikan yang semakin banyak kepada peserta didik dengan alokasi waktu yang terbatas. Guru sebagai pengampu mata pelajaran pun harus mampu menyampaikan materi pelajaran berdasarkan kurikulum yag ada dengan waktu yang tersedia. Akibatnya guru akan terus menggunakan metode konvensional seperti ceramah dan tanya jawab dengan siswa.  ptk sd kelas 5 matematika

Metode pembelajaran seperti ceramah dan tanya jawab adalah metode yang dipilih oleh guru untuk menyampaikan materi agar lebih cepat selesai dan tepat waktu. Namun metode ini kurang tepat digunakan dalam pembelajaran khususnya di sekolah dasar. Pembelajaran ini tidak mampu menyentuh realitas alami siswa.

Hal ini berakibat pada kesenjangan bahwa siswa sekedar hafal pada materi yang diajarkan tanpa memahami berbagai materi pelajaran yang telah diajarkan. Kesenjangan ini akhirnya berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang sesuai antara kemampuan akademik dengan ketrampilan akademik.
Pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional ini jika tetap digunakan maka pengetahuan siswa akan sulit untuk berkembang. Pada usia sekolah dasar ini seharusnya siswa mendapat pengetahuan yang konkrit yang terjadi dalam kehidupannya dan bukan gambaran yang abstrak tentang ilmu pengetahuan. ptk sd kelas 5 pdf

Materi pembelajaran yang sering dilakukan dengan metode ceramah salah satunya adalah IPA. IPA adalah mata pelajaran yang mempelajari tentang makhluk hidup dan alam semesta. Cakupan pada materi pelajaran IPA ini sangat luas. Karena banyaknya materi inilah sering terjadi kesalahpahaman materi yang diterima oleh siswa. Oleh karena itu guru harus berhati-hati dalam menyampaikan materi. Selain itu guru juga harus peka terhadap kesulitan yang dialami siswa dalam proses belajar.

Kesenjangan hasil belajar siswa ini terjadi pada siswa Sekolah Dasar Inpres 24 kelas 5. Dari 30 siswa yang belajar IPA tentang peredaran darah nilai rata-rata kelasnya pada nilai ulangan harian hanya 69 dari nilai KKM IPA 75. 

PTK IPA Kelas 5 SD Metode Cooperative Learning

BAB II
KAJIAN PUSTAKA


2.1 Kajian Teori
2.1.1 Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu dari 5 mata pelajaran utama yang diajarkan dari di sekolah dasar. IPA ini merupakan suatu bagian dari ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang makhluk hidup dan alam semesta.

Menurut H.W Fowler dalam Laksmi Prihantoro (1986 : 25) menyatakan bahwa Ilmu Pengetahuan Alam adalah pengetahuan sistematis dan dirumuskan, yang berhubungan dengan gejala-gejala dan didasarkan terutama atas pengamatan dan deduksi. ptk ipa sd kelas 5 semester 2 pdf

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam diharapkan mampu menjadi sarana untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar bagi siswa. Ilmu Pengetahuan Alam ini juga harus mau memberikan dampak baru untuk mampu menerapkan konsep-konsep yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di sekolah dasar menekankan siswa untuk terlibat aktif dalam menemukan suatu fakta dan konsep yang terdapat dalam pelajaran IPA. Menurut Standar Isi KTSP sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SD Ilmu Pengetahuan Alam memiliki tujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut: ptk ipa sd kelas 5 pdf

1. Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaannya.
2. Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
3. Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
4. Mengembangkan ketrampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan.
5. Meningkatkan kesadaran untk berperan serta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan alam.
6. Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan.
7. Memperoleh bekal pengetahuan, konsep, dan ketrampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs.

Laporan PTK IPA Sd Kelas 5

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN


3.1 Setting dan Karakteristik
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang dilaksanakan di kelas 5 SD Inp Limua Kabupaten Mamuju Utara, pada semester 2 tahun pelajaran 2016/2017. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Inp Limua Kabupaten Mamuju Utara, sebanyak 28 siswa.

3.2 Variabel yang Akan Diteliti
Menurut Suharsimi Arikunto (1987:93) variabel adalah gejala yang bervariasi dan merupakan obyek yang akan diteliti. Variabel pada penelitian ini dibedakan menjadi 2 yaitu :
a. Variabel terpengaruh yaitu hasil belajar IPA. proposal ptk ipa sd kelas 5 semester 1
Variabel hasil belajar IPA merupakan variabel yang akan dicapai dalam penelitian ini. Hasil belajar IPA adalah hasil atau taraf kemampuan yang telah dicapai siswa dalam belajar IPA, setelah mengikuti proses belajar mengajar IPA dalam waktu tertentu, baik dalam perubahan tingkah laku, ketrampilan dan pengetahuan, dan kemudian akan diukur dan dinilai yang kemudian akan diwujudkan dalam angka atau pernyataan.
b. Variabel tindakannya yaitu model pembelajaran Kooperatif tipe Question Student Have.
Model pembelajaran Question Student Have digunakan pada pembelajaran IPA dengan langkah-langkah: contoh proposal ptk sd kelas 5 ipa
1. Bentuk siswa dalam satu kelas menjadi 4 kelompok. Jumlah masing­masing kelompok disesuaikan dengan jumlah siswa dalam satu kelas.
2. Bagikan potongan-potongan kertas kepada siswa.
3. Minta setiap siswa untuk menuliskan satu pertanyaan saja yang berkaitan dengan materi pelajaran.
4. Setelah semua selesai membuat pertanyaan, masing-masing diminta untuk memberikan kertas yang berisi pertanyaan kepada teman disamping kirinya dalam satu kelompok. proposal ptk ipa sd kelas 3
5. Pada saat menerima kertas dari temannnya siswa diminta untuk membaca pertanyaan yang ada, jika siswa juga tidak paham dengan materi yang dituliskan temanya kemudian memberikan tanda centang (v) pada kertasnya. mendapatkan tanda centang yang banyak kemudian beri jawaban.

Contoh Judul PTK IPA SD Kelas 5

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN


4.1 Gambaran Umum Subyek Penelitian
Penelitian ini dilakukan di SD Inp Limua Kabupaten Mamuju Utara Kecamatan Mayamuk Selatan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Inp Limua Kabupaten Mamuju Utara sebanyak 28 siswa.  ptk ipa sd kelas 5 pdf
4.2 Kondisi Awal
Penelitian dilakukan di kelas 5 SD Inp Limua Kabupaten Mamuju Utara yang berjumlah 28 siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Diperoleh data hasil pembelajaran sebelum dilakukan tindakan pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti terdapat pada tabel 4.2.

Berdasarkan data tabel di atas, dapat digambarkan pada diagram lingkaran, agar lebih nampak perbandingan antara siswa yang tuntas dan tidak tuntas dalam belajar IPA seperti pada diagram lingkaran di bawah ini: contoh ptk sd kelas 5 kurikulum 2013
Siswa yang mendapat nilai di bawah KKM yang telah ditentukan ada 54% dengan jumlah siswa 15. Ini menunjukkan bahwa masih ada kurang lebih setengah dari jumlah siswa dalam satu kelas belum mampu menggali potensinya secara maksimal. Dan jumlah siswa yang mendapat nilai di atas KKM yang telah ditentukan ada 46% dengan jumlah siswa 13 tidak mampu mewakili kemampuan keseluruhan siswa dalam satu kelas.

Hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD Inp Limua Kabupaten Mamuju Utara yang sudah dilakukan cukup rendah atau kurang maksimal ini dikarenakan beberapa faktor. Salah satunya yaitu pembelajaran yang dilakukan sangat konvensional yang pada akhirnya membuat siswa tidak begitu tertarik dengan materi yang disampaikan.ptk sd kelas 5 docDi sini guru masih saja menggunakan metode ceramah yang pada akhirnya menutup kemungkinan partisipasi aktif dari siswa selama pembelajaran. Jika sesekali guru memberikan kesempatan bertanya, hanya beberapa siswa saja yang berani mengungkapkan pendapat atau pertanyaan yang belum diketahuinya. Siswa yang pasif atau siswa yang tidak berani bertanya kemudian tidak mendapat kesempatan untuk bertanya dan tidak mampu berkembang bersama dengan teman-temannya yang lain. Pada akhirnya seluruh siswa dalam kelas tidak mampu berkembang secara keseluruhan. ptk ipa sd kelas 5 semester 2 pdf

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 1987. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Bina Aksara.
BSNP.2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: CV. Mini Jaya Abadi.
Hopkins, David. 2011. Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mawardi. 2010. Asesmen Pembelajaran SD. Salatiga: Widya Sari.
Prayitno, Elida. 1993. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Prihantoro, Laksmi. 1986. Buku Materi IPA Terpadu. Jakarta: Karunika.

Post a Comment for "CONTOH PTK IPA SD KELAS 5 SEMESTER 2 "