Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

DOWNLOAD CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS IPA SD

DOWNLOAD CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS IPA SD-Pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar, khususnya di SD Negeri masih banyak mengalami kesulitan. Hal ini terlihat dari masih rendahnya nilai mata pelajaran IPA dibandingkan dengan nilai beberapa mata pelajaran lainnya dilihat dari hasil ulangan harian dimana 22 siswa dari 34 siswa tidak mencapai KKM. contoh ptk sd kelas 4 ipa.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan waktu kurang lebih 2 minggu, dengan setiap siklus penelitian melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Tentang Berbagai Jenis Benda Melalui Metode Eksperimen ptk sd kelas 4 ipa.

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 teknik, yaitu teknik observasi dan teknik tes.Teknik Observasi dilakukan selama kegiatan pembelajaran berlangsung dengan menggunakan lembar observasi yang dibuat untuk digunakan sebagai perangkat pengumpul data. Yang kedua adalah Teknik Tes. Teknik tes dilakukan pada akhir kegiatan pembelajaran dengan menggunakan lembar soal proposal ptk ipa sd kelas 4.

DOWNLOAD CONTOH PTK IPA SD FORMAT DOC

PENELITIAN TINDAKAN KELAS SD KURIKULUM 2013

CONTOH PTK IPA SD KELAS 4 KURIKULUM 2013

CONTOH PTK IPA SD KELAS 5 SEMESTER 2

CONTOH PTK IPA ENERGI LISTRIK KELAS 4 SD

CONTOH PTK IPA SD KURIKULUM 2013 TERBARU DOC

DOWNLOAD PTK IPA KELAS 5 LENGKAP KURIKULUM 2013

DOWNLOAD PTK IPA KELAS VI SD LENGKAP K13

CONTOH PTK IPA SD DENGAN MODEL PEMBEJARAN TERBARU

LAPORAN PTK SD IPA DOC UNTUK KENAIKAN GOLONGAN

Penggunaan Model eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pelajaran IPA pokok bahasan berbagai wujud benda kelas IV semester I SD tahun ajaran 2015/2016, hal ini ditunjukkan oleh kenaikan hasil belajar yakni proses pembelajaran sebelum tindakan menunjukkan hasil belajar yang rendah yaitu siswa yang nilainya memenuhi KKM sebanyak 13 siswa atau 37%, siswa yang belum tuntas 21 siswa atau 61% dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 40. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas 21 siswa atau 61% sedangkan yang belum tuntas 13 orang siswa atau 39%. Nilai minimal menjadi 50 dan nilai maksimal 90. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar yaitu jumlah ketuntasan siswa 32 siswa atau 94 %. Skor minimal 70 dan nilai maksimal 100. terdapat kenaikan nilai rata – rata yaitu 65 pada pra siklus menjadi 73 pasda siklus I dan mningkat menjadi 85 pada siklus II ptk sd kelas 4 ipa pdf.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada pokok bahasan berbagai wujud benda kelas IV semester I SD Negeri tahun ajaran 2015/2016 dapat meningkatkan hasil belajar contoh proposal ptk sd kelas 4 ipa.

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA TENTANG BERBAGAI JENIS BENDA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SD 
SEMESTER 1 TAHUN 2015/2016
Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991 
DOWNLOAD PTK 

Download PTK IPA SD Word

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah
Pada hakekatnya kegiatan belajar mengajar adalah suatu proses interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam satuan pembelajaran. Guru sebagai salah satu komponen dalam proses belajar menganjar merupakan pemegang peran yang sangat penting. Guru bukan hanya sekedar penyampai materi saja, tetapi lebih dari itu guru dapat dikatakan sebagai sentral pembelajaran contoh ptk sd kelas 4 matematika.

Sebagai pengatur sekaligus pelaku dalam proses belajar mengajar, gurulah yang mengarahkan bagaimana proses belajar mengajar itu dilaksanakan. Karena itu guru harus dapat membuat suatu pengajaran menjadi lebeh efektif juga menarik sehingga bahan pelajaran yang disampaikan akan membuat siswa merasa senang dan merasa perlu untuk mempelajari bahan pelajaran tersebut.

Guru mengemban tugas yang berat untuk tercapainya tujuan pendidikan nasional yaitu meningkatkan kualitas manusia Indonesia, manusia seutuhnya yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, berdisiplin, bekerja keras, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas dan terampil serta sehat jasmani dan rohani, juga harus mampu menumbuhkan dan memperdalam rasa cinta terhadap tanah air, mempertebal semangat kebangsaan dan rasa kesetiakawanan sosial. Sejalan dengan itu pendidikan nasional akan mampu mewujudkan manusia-manusia pembangunan dan membangun dirinya sendiri serta bertanggung jawab atas pembangunan bangsa. Depdikbud (1999 download ptk sd kelas 4 bahasa indonesia.

Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan contoh proposal ptk ipa sd kelas 3.

Contoh PTK SD IPA Kelas 4

BAB II
KAJIAN PUSTAKA

2.1 Prestasi Belajar
2.1.1 Pengertian Prestasi Belajar
Prestasi belajar adalah sebuah kalimat yang terdiri dari dua kata yaitu prestasi dan belajar. Antara kata prestasi dan belajar mempunyai arti yang berbeda. Oleh karena itu, sebelum pengertian prestasi belajar, ada baiknya pembahasan ini diarahkan pada masing-masing permasalahan terlebih dahulu untuk mendapatkan pemahaman lebih jauh mengenai makna kata prestasi dan belajar. Hal ini juga untuk memudahkan dalam memahami lebih mendalam tentang pengertian prestasi belajar itu sendiri. Di bawah ini akan dikemukakan beberapa pengertian prestasi dan belajar menurut para ahli contoh proposal ptk sd kelas 2.

Prestasi adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan baik secara individu maupun secara kelompok (Djamarah, 1994:19). Sedangkan menurut Mas’ud Hasan Abdul Dahar dalam Djamarah (1994:21) bahwa prestasi adalah apa yang telah dapat diciptakan, hasil pekerjaan, hasil yang menyenangkan hati yang diperoleh dengan jalan keuletan kerja ptk matematika sd kelas 4 pdf.

Dari pengertian yang dikemukakan tersebut di atas, jelas terlihat perbedaan pada kata-kata tertentu sebagai penekanan, namun intinya sama yaitu hasil yang dicapai dari suatu kegiatan. Untuk itu, dapat dipahami bahwa prestasi adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan, yang menyenangkan hati, yang diperoleh dengan jalan keuletan kerja, baik secara individual maupun secara kelompok dalam bidang kegiatan tertentu contoh proposal ptk sd kelas 5 ipa.

Menurut Slameto (1995 : 2) bahwa belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Secara sederhana dari pengertian belajar sebagaimana yang dikemukakan oleh pendapat di atas, dapat diambil suatu pemahaman tentang hakekat dari aktivitas belajar adalah suatu perubahan yang terjadi dalam diri individu. Sedangkan menurut Nurkencana (1986 : 62) mengemukakan bahwa prestasi belajar adalah hasil yang telah dicapai atau diperoleh anak berupa nilai mata pelajaran. Ditambahkan bahwa prestasi belajar merupakan hasil yang mengakibatkan perubahan dalam diri individu sebagai hasil dari aktivitas dalam belajar contoh proposal ptk sd kelas 2 ipa.

Contoh PTK SD Kelas 4 Ipa

BAB III
METODE PENELITIAN


3.1 Tempat, Waktu dan Subyek Penelitian
3.1.1 Tempat Penelitian
Tempat penelitian adalah tempat yang digunakan dalam melakukan penelitian untuk memperoleh data yang diinginkan. Penelitian ini bertempat di kelas IV SD Negeri ptk sd kelas 4 bahasa indonesia pdf
3.1.2 Waktu Penelitian
Waktu penelitian adalah waktu berlangsungnya penelitian atau saat penelitian ini dilangsungkan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober- Desember semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016
3.1.3 Subyek Penelitian
Subyek penelitian adalah siswa-siswi Kelas IV SD.
3.2 Rancangan Penelitian
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Menurut Tim Pelatih Proyek PGSM, PTK adalah suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan mereka dalam melaksanakan tugas, memperdalam pemahaman terhadap tindakan-tindakan yang dilakukan itu, serta memperbaiki kondisi dimana praktek pembelajaran tersebut dilakukan (dalam Mukhlis, 2000: 3). download ptk sd word

Sedangkah menurut Mukhlis (2000: 5) PTK adalah suatu bentuk kajian yang bersifat sistematis reflektif oleh pelaku tindakan untuk memperbaiki kondisi pembelajaran yang dilakukan.
Adapun tujuan utama dari PTK adalah untuk memperbaiki/meningkatkan pratek pembelajaran secara berkesinambungan, sedangkan tujuan penyertaannya adalah menumbuhkan budaya meneliti di kalangan guru (Mukhlis, 2000: 5). download contoh ptk sd kelas 4

Download PTK SD Kelas 5 lengkap Word

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN


4.1 Deskripsi Subyek Penelitian
Sekolah Dasar Negeri SD Negeri dipimpin seorang Kepala Sekolah, Tenaga pengajar SD SD Negeri Setiadarma 04 terdiri dari : 1 Kepala Sekolah sebagai penanggungjawah dibantu dengan tenaga pengajar yang terdiri dan 11 guru kelas, I guru agama islam, I guru olahraga, 4 guru wiyata, I guru wiyata bahasa inggris, I Penjaga sekolah, 1 tenaga administrasi, 1 tenaga Perpustakaan.

Jumlah murid SD Negeri mulai dan kelas I sampai kelas VI adalah sebanyak 247 siswa. Dengan keadaan bakat, kemampuan, katrampilan, yang berbeda-beda. Mayoritas siswa dan SD Negeri Setiadarma 04 Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi beragama Islam. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri SD Negeri  dengan subyek penelitian siswa kelas IV sebanyak 34 siswa.

4.2 Pelaksanaan Penelitian
Penelitian dilakukan di SD Negeri kelas IV dengan jumlah siswa sehanyak 34. Waktu penelitian terdiri 2 siklus setiap siklus terdiri 1 pertemuan dengan alokasi waktu 2x35 menit. download ptk sd kelas 1 ipa

4.2.1 Kondisi Sebelum Tindakan
Kondisi awal merupakan keadaan siswa sebelum penelitian tindakan kelas dilakukan. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di kelas IV SD tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 34 siswa pada pembelajaran IPA , terlihat bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini bisa terlihat dan nilai hasil evaluasi peserta didik pada mata pelajaran IPA yang telah dilakukan dimana sebagian besar peserta didik memperoleh nllai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ~ 70. Pada hasil ulangan harian sebelum dilakukan penelitian diperoleh nilai sebagai berikut : download ptk sd kelas 4 matematika

DAFTAR PUSTAKA

Rustiyah, N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Saliwangi, B. 1988. Pengantar Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Malang: IKIP Malang.
Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Men gajar. Jakarta: Bina Aksara.
Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor - Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta Soekamto, Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI,
Universitas Terbuka.
Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SIKLUS I
Sekolah : SD Negeri Setiadarma 04
Mata Pelajaran : lmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Benda
Waktu : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)
Metode : Ceramah dan praktek
: Standar Kompetensi :
6.   Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya
A. Kompetensi Dasar
6.1 Mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu
B. Tujuan Pembelajaran** :
1. Setelah melakukan eksperimen siswa mampu membedakan sifat benda padat, benda cair, dan benda gas
2. Melalui diskusi siswa dapat mengetahui factor- factor yang menyebabkan perubahan pada benda
3. Setelah melakukan eksperimen siswa mengetahui benda yang dapat dan tidak dapat kembali ke wujud semula setelah mengalami suatu proses.
Karakter siswa yang diharapkan :
1. Disiplin ( Discipline ),
2. Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
3. Tekun ( diligence ) ,
4. Tanggung jawab ( responsibility )
5. Ketelitian ( carefulness)
D. Materi Essensial
Benda
1. Sifat berbagai wujud benda
a. Sifat benda padat
b. Sifat benda cair
c. Sifat benda gas
2. Benda dapat melarutkan benda lain

Post a Comment for "DOWNLOAD CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS IPA SD"