Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PTK IPA SD KURIKULUM 2013 TERBARU DOC

CONTOH PTK IPA SD KURIKULUM 2013 TERBARU DOC-Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatifl yang melibatkan adanya partisipasi aktif dari seluruh siswa, yang pembelajarannya berpusat pada siswa. Guru sebagai motivator dan fasilitator. Kenyataannya banyak guru yang pembelajarannya tidak melibatkan siswa, sehingga hasil belajar yang dicapai siswa tidak optimal. ptk ipa sd kelas 4 doc Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah :(1) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan dengan media benda asli dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang gaya pada siswa kelas  tahun pelajaran 2016/2017? (2). contoh ptk sd kelas 4 ipa Bagaimanakah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan dengan media benda asli dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang gaya pada siswa kelas ptk sd kelas 4 ipa?

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) contoh proposal ptk sd kelas 5 ipa. Model PTK menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan dan pengamatan, dan 3) refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas 4 sebanyak 12 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes (tes formatif) dan non tes (observasi) contoh ptk smp ipa. Adapun instrumen penelitiannya dengan menggunakan butir-butir soal, lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif komparatif yaitu perbandingan antar siklus yang meliputi distribusi frekuensi, mean, standar deviasi, skor minimal-maksimal, persentase.
Data tentang ketuntasan siswa dalam penguasaan konsep pembelajaran dapat diterangkan bahwa nilai rata-rata kelas pada studi awal 64 dengan ketuntasan belajar 5 siswa atau rata-rata 45 %, pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan jumlah anggota kelompok 7 siswa dipilih berdasarkan urutan absen siswa, nilai rata-rata yang diperoleh 70 dengan ketuntasan belajar 12 siswa atau rata-rata 71,5%, setelah diadakan download ptk sd kelas 4 tindakan siklus II dengan pembentukan diskusi kelompok anggota 4 siswa dipilih berdasarkan kedekatan pertemanan dan pengefektifan pembelajaran di luar kelas, nilai siswa rata-rata 80 dengan ketuntasan belajar 28 siswa atau rata-rata 100 % tuntas Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan dengan media benda asli dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang gaya pada siswa kelas 4?

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA BENDA ASLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA PADA SISWA KELAS 4 MIN  KECAMATAN  KABUPATEN MELAWI SEMESTER 11 TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991 

Contoh PTK Lengkap IPA SD Kelas 5 SD

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Hasil belajar yang baik menjadi target siswa dan guru dalam setiap pembelajar­an. Hasil belajar yang baik menunjukkan bahwa suatu kompetensi dasar (KD) dapat dikuasai siswa dengan baik pula. Tetapi pencapaian hasil belajar tersebut diharapkan oleh sekolah dan orang tua siswa tidak hanya baik. Hasil belajar tersebut diharapkan dapat dicapai secara optimal. Supaya siswa dapat menguasai secara optimal setiap KD dalam mata pelajaran IPA diperlukan proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif baik fisik maupun psikis. Proses tersebut dapat diwujudkan melalui se-rangkaian proses ilmiah. Sebagaimana dinyatakan dalam KTSP sebagai berikut: download ptk sd kelas 5 lengkap word

Mata pelajaran IPA di tingkat satuan pendidikan sekolah dasar (SD) adalah sebagai hasil kegiatan manusia berupa pengetahuan, gagasan, dan konsep yang terorganisasi tentang alam sekitar, yang diperoleh dari pengalaman melalui se-rangkaian proses ilmiah antara lain penyelidikan, penyusunan, dan pengujian gagasan-gagasan untuk mendapatkan pengetahuan tentang fenomena alam semesta dan produk teknologi download ptk sd untuk kenaikan pangkat.

Untuk mendukung berjalannya proses ilmiah dan melibatkan siswa secara aktif supaya hasil belajar meningkat, diperlukan metode yang bersifat kooperatif dirangkai dengan media yang menarik dalam rancangan pembelajaran yang efektif serta sesuai dengan karakteristik siswa. Susilana dan Riyana (2007:100) mengemukakan: “Melalui media potensi indera siswa dapat diakomodasi sehingga kadar hasil belajar meningkat.” Kegiatan pembelajaran yang menggunakan media pengajaran menjadikan siswa seolah­olah asyik bermain, asyik dalam belajar dalam menggunakan media itu akan lebih menyenangkan serta menjadi benar-benar bermakna. Perlu disadari bahwa dunia anak merupakan dunia bermain. Begitu juga dengan anak usia 7 sampai dengan 11 tahun (anak kelas 1 sampai dengan kelas 4) merupakan fase konkret. Anak tersebut masih tergantung pada rupa benda dan cenderung menyukai bentuk-bentuk konkret (Piaget dalam Noehi Nasution, 1992:56) ptk sd kelas 3 doc.

Ptk IPA Kelas 4 SD Metode Kooperatif Tipe Jigsaw

BAB II
KAJIAN PUSTAKA

2.1 Kajian teori
2.1.1 Mata Pelajaran IPA 
2.1.1.1 Hakikat IPA
IPA secara sederhana didefinisikan sebagai ilmu tentang fenomena alam semesta. Pengertian IPA (Sains) adalah sebagai hasil kegiatan manusia berupa pengetahuan, gagasan, dan konsep yang terorganisasi tentang alam sekitar yang diperoleh dari pengalaman melalui serangkaian proses ilmiah, antara lain penyelidikan, penyusunan, dan pengujian gagasan-gagasan. “Sains diartikan sebagai cara mencari tahu secara sistematis tentang alam semesta standar kompetensi bahan kajian sains salah satunya adalah kerja ilmiah” ptk sd kelas 5 doc kurikulum 2013.

Menurut Warsiti (2006:33) dalam Rahmawati (2009) hakikat pengertian IPA meliputi tiga hal, yaitu: Produk IPA yaitu berupa fakta, konsep, prinsip, hukum, dan teori; Proses IPA atau metode ilmiah yaitu cara kerja yang dilakukan untuk mencapai hasil-hasil IPA atau produk IPA; Sikap ilmiah yaitu semua tingkah laku yang diperlukan selama melakukan proses IPA sehingga terjadi produk IPA. Sikap dan nilai Ilmiah. Siswa mengembangkan sikap ingin tahu, tidak percaya takhayul, jujur dalam menajikan data dan faktual, terbuka pada pikiran dan gagasan baru, kreatif dalam menghasilkan karya ilmiah, peduli terhadap makhluk hidup dan lingkungan, tekun dan teliti ptk sd kelas 1 ipa.

PTK IPA Kelas IV MI Kurikulum 2013

BAB III
METODE PENELITIAN

3.1 Setting dan Karakteristik Subyek Penelitian
Penelitian akan dilaksanakan di kelas 4 MIN Nanga Pinoh, Departemen Agama Kabupaten Melawi. Secara geografis sekolah ini terletak di daerah ibukota kecamatan dan berhadapan dengan ............., dekat dengan masjid, pasar tradisional, kantor kecamatan, balai desa, Puskesmas dan kantor polisi. Jarak masing-masing tempat tersebut dengan sekolah berkisar antara 50 sampai dengan 200 meter.

Fokus Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah kegiatan pembelajaran berupa perilaku guru dan siswa dalam berinteraksi, artinya siswa terlibat secara langsung dalam penelitian. Sehingga karakteristik siswa perlu dipahami supaya PTK berjalan sesuai dengan tujuan yang telah dirumuskan. PTK ini dilaksanakan di kelas 4  dengan jumlah siswa sebanyak 12 terdiri atas 6 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Rentang usia berkisar antara 9 tahun sampai 12 tahun. Mayoritas siswa berasal dari keluarga petani (12 siswa), 2 siswa dari keluarga pedagang, 2 siswa dari keluarga PNS, siswa dari keluarga buruh dan 2 dari keluarga karyawan. Tentang keadaan fisik siswa kelas 4 semuanya baik, sehat jasmani dan rohani. Sedangkan jarak rumah dengan sekolah sangat bervariasi, yaitu berkisar antara 100 meter sampai dengan 1,5 kilometer. Mayoritas siswa berangkat ke sekolah dengan berjalan kaki, hanya 7 siswa yang bersepeda dan 2 siswa diantar orang tuanya menggunakan sepeda motor download ptk sd word kurikulum 2013.

Prestasi akademik siswa pada semester satu pada umumnya cukup baik. Ham-pir semua siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal, hanya 1 siswa yang terpaksa belum tuntas untuk beberapa mata pelajaran.

Waktu penelitian akan dilaksanakan pada semester dua tahun pelajaran 2016/ 2017 pada bulan April sampai dengan bulan Meii 2017. Adapun jadwal penelitian sebagai berikut : (1) Siklus I: tanggal 2 April, 4 April dan 9 April 2017. (2) Siklus II: tanggal 18 April, 23 April dan 2 Mei. 2017. Pelaksanaan penelitian akan disesuaikan dengan jadwal pelajaran yang berlaku di kelas 4 MIN Nanga Pinoh

Contoh PTK SD Kelas 4 Mata Pelajaran IPA

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1.1 Pelaksanaan Tindakan
Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (action) dan pengamatan (observation) serta refleksi (reflection). Tiap siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan @ 2jam pelajaran (2x35 menit) download ptk sd lengkap doc terbaru.

4.1.2 Pelaksanaan Siklus I
4.1.2.1 Tahap Perencanaan ( planning )
Pada tahap perencanaan ini peneliti melakukan kegiatan persiapan dari awal hingga akhir sebelum melaksanakan tindakan perbaikan pembelajaran. Kegiatan-kegiatan tersebut peneliti laksanakan melalui langkah-langkah sebagai berikut: (1) Memeriksa kembali RPPP yang telah disusun. Dengan membaca ulang peneliti mencermati kembali setiap butir yang akan dilaksanakan; (2) Memeriksa semua media dan sarana lainnya yang akan digunakan apakah sudah benar-benar tersedia; (3) Mencoba media yang akan digunakan dan mensimulasikan bagaimana peneliti harus menggunakannya, sehingga peneliti yakin benar penggunaan media dalam pembelajaran akan berjalan mulus; (4) Memeriksa skenario pembelajaran yang akan diterapkan dalam pembelajaran dari awal hingga akhir; contoh judul ptk sd kurikulum 2013 (5) Memikirkan hal-hal yang mungkin dapat mengganggu pembelajaran, seperti: keributan ketika peragaan berlangsung, pembentukan kelompok yang tidak sesuai dengan keinginan siswa, pertanyaan yang tidak dijawab oleh siswa, atau ada siswa yang tidak tertarik pada pembelajaran yang berlangsung. Kemudian peneliti merancang antisipasi apa yang akan dilakukan jika hal tersebut benar-benar terjadibar obs; (6) Memeriksa kelengkapan dan ketersediaan alat pengumpul data seperti lem ervasi yang telah disepakati oleh peneliti dengan teman sejawat yang akan membantu; dan (7) Meyakinkan bahwa teman sejawat yang akan membantu sudah siap di kelas ketika pembelajaran akan dimulai download ptk sd kelas 5 lengkap word kurikulum 2013.

DAFTAR PUSTAKA

Slameto.2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta Srini M.,Iskandar.2001. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: CV Maulana
Sugiyanto.2008. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta : UNS Press
Suharsimi Arikunto.2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Prakteik. Jakarta : Rineka Cipta
Sumarni.2010.Soetomo, Penelitian Tindakan Kelas. Kebumen; Puspitawarna
Tim Penyusun. 2012/2013. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SDN Poncowarno
Tim Penyusun. 2012/2013. Silabus untuk Kelas 4 SDN Poncowarno
Yuli Rahmawati, 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta :.Universitas Negeri Surakarta

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Siklus 1
Satuan Pendidikan : MIN 
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)/SAINS
Kelas, Semester : IV (empat), II (Dua)
Tanggal Pelaksanaan : 2, 4, dan 9 April 2017
Waktu : 6 jam pelajaran (6 x 35 menit)
I. Standar Kompetensi
7. Memahami gaya dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda..
II. Kompetensi Dasar
7.1  Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda.
7.2 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk suatu benda.
III. Indikator
Pertemuan I
7.1.1 Mendeskripsikan gaya sebagai tarikan dan dorongan.
7.1.2 Menunjukkan gaya berupa tarikan dan dorongan.
7.1.3 Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi perubahan bentuk suatu benda. 7.1.4 Menyebutkan faktor yang mempengaruhi gerak suatu benda
Pertemuan II
7.1.5 Menjelaskan pengaruh gaya pada benda yang semula diam.
7.1.6 Menjelaskan pengaruh gaya pada benda yang semula bergerak
7.1.7 Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi keadaan benda jika di masukkan kedalam air.
Pertemuan III
1. Menyimpulkan materi yang telah diajarkan.
2. Mengerjakan tes formatif dengan benar.

2 comments for "CONTOH PTK IPA SD KURIKULUM 2013 TERBARU DOC"

  1. belum dibuka isinya baru judul ternyata setting judul belum standar

    ReplyDelete