Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PTK IPA SD KELAS 4 KURIKULUM 2013

CONTOH PTK  IPA SD KELAS 4 KURIKULUM 2013-IPA merupakan mata pelajaran yang dikaji oleh siswa kelas IV  SD. Salah satu materi IPA yang sulit dipahami siswa di kelas IV  adalah Energi Alternatif . Rendahnya  pemahaman siswa terhadap Energi Alternatif   disebabkan karena siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang   disampaikan   oleh   guru. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi rendahnya pemahaman siswa kelas IV  pada Mata Pelajaran IPA  Materi Energi Alternatif  dengan memaksimalkan panca indera siswa adalah metode demonstrasi. proposal ptk ipa sd kelas 4 semester 1 Metode demonstrasi merupakan metode mengajar yang menyajikan bahan pelajaran dengan mempertunjukkan secara langsung subyek atau cara melakukan sesuatu, sehingga siswa mempelajari materi pelajaran melalui serangkaian  proses.  .Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Mata Pelajaran IPA  Materi Energi Alternatif  Melalui Metode Demonstrasi  Pada Kelas IV   Tahun Ajaran 2017/2018 " . ptk ipa sd kelas 4 pdf

DOWNLOAD CONTOH PTK IPA SD FORMAT DOC

PENELITIAN TINDAKAN KELAS SD KURIKULUM 2013

CONTOH PTK IPA SD KELAS 5 SEMESTER 2

CONTOH PTK IPA ENERGI LISTRIK KELAS 4 SD

DOWNLOAD CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS IPA SD

CONTOH PTK IPA SD KURIKULUM 2013 TERBARU DOC

DOWNLOAD PTK IPA KELAS 5 LENGKAP KURIKULUM 2013

DOWNLOAD PTK IPA KELAS VI SD LENGKAP K13

CONTOH PTK IPA SD DENGAN MODEL PEMBEJARAN TERBARU

LAPORAN PTK SD IPA DOC UNTUK KENAIKAN GOLONGAN

Hasil penelitian pada pra siklus adalah jumlah siswa yang tuntas belajar hanya sejumlah 15 siswa, kemudian pada siklus 1 meningkat menjadi 22 siswa, di lanjutkan pada siklus 2 yang juga menunjukkan peningkatan jumlah siswa tuntas belajar menjadi 32 siswa. Berdasarkan pembahasan   dan   hasil   penelitian. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan konsep 4X pertemuan maka metode demonstrasi berdampak positif bagi proses pembelajaran Mata Pelajaran IPA  Materi Energi Alternatif . contoh proposal ptk sd kelas 4 ipa pdf  Dengan demikian hasil akhir dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap Mata Pelajaran IPA  Materi Energi Alternatif . Maka dari itu ptk kelas 4 lengkap, tujuan dari penelitian ini tepat sasaran.

MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN IPA  MATERI ENERGI ALTERNATIF  MELALUI METODE DEMONSTRASI  PADA KELAS IV   TAHUN AJARAN 2017/2018 

Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991
DOWNLOAD PTK 


Contoh PTK Ipa SD Kelas 4 semester 2

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pada hakikatnya kegiatan beiajar mengajar adalah suatu proses interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam satuan pembelajaran. Guru sebagai salah satu komponen dalam proses belajar mengajar merupakan pemegang peran yang sangat penting. Guru bukan hanya sekedar penyampai materi saja, tetapi lebih dari itu guru dapat dikatakan sebagai sentral pembelajaran.  contoh ptk tematik sd kurikulum 2013

Sebagai pengatur sekaligus pelaku dalam proses belajar mengajar, gurulah yang mengarahkan bagaimana proses belajar mengajar itu dilaksanakan. Karena itu guru harus dapat membuat suatu pengajaran menjadi lebeh efektif  juga  menarik sehingga bahan pelajaran yang disampaikan akan membuat siswa merasa senang dan merasa perlu untuk mempelajari bahan pelajaran tersebut.

Guru mengemban tugas yang berat untuk tercapainya tujuan pendidikan nasional yaitu Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor di antaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar  mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksirnal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan agar Pemahaman siswa   yang diperoleh siswa mampu meningkat secara terus-menerus. ptk sd kelas 4 ipa

PTK SD/MI Contoh PTK IPA SD Kelas IV

BAB II
KAJIAN TEORI
A. DESKRIPSI TEORI
1. Variabel Jenis Tindakan (X)
1.1 Pengertian Metode Pembelajaran Demonstrasi
Metode demonstrasi merupakan metode mengajar yang menyajikan bahan pelajaran dengan mempertunjukkan secara langsung objeknya atau caranya melakukan sesuatu untuk mempertunjukkan proses tertentu.Demonstrasi dapat digunakan pada semua mata pelajaran (Dimyati danMudjiono,2006).

Dalam pelaksanaan demonstrasi guru harus sudah yakin bahwa seluruh siswa dapat memperhatikan dan mengamati terhadap objek yang akan didemonstrasikan. Sebelumnya proses demonstrasi guru sudahmempersiapkan alat – alat yang digunakan dalam demonstrasi tersebut. Guru di tuntut menguasai bahan pelajaran serta mengorganisasi kelas, jangan sampai guru terlena dengan demonstrasinya tanpamemperhatikan siswa secara menyeluruh.  ptk sd kelas 4 ipa pdf

CONTOH PTK UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

BAB III
METODE PENELITIAN

A.  Jenis Penelitian
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) karena peneliti bertindak secar langsung dalam penelitian, mulai dari awal sampai akhir tindakan. Menurut suharsimi dalam (Dila Canrawati, 2013:32) bahwa PTK merupakan paparan gabungan definisi dari tiga kata “penelitian, tindakan dan kelas”. Penelitian adalah kegiatan mencermati suatu obyek, mengguanakan aturan metodologi tertentu untuk memperoleh data atau informasi yang bermanfaat bagi peneliti atau orangorang yang berkepentingan dalam rangka peningkatan kualitas di berbagai bidang. Menurut Ebbutt dalam wiriatmadja mengemukakan bahwa PTK adalah bagaimana sekelompok guru dapat mengorganisasikan kondisi praktik pembelajaran mereka, dan belajar dari pengalaman mereka sendiri.

Penelitian tindakan kelas merupakan sutu upaya untuk mencermati kegiatan belajar sekelompok peserta didik dengan memberikan sebuah tindakan (treatment) yang sengaja dimunculkan. Dengan demikian tindakan tersebut dilakukan oleh guru, oleh guru bersama peserta didik, atau oleh peserta didik dibawah bimbingan dan arahan guru, dengan maksut untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran.  proposal ptk kelas 1 sd kurikulum 2013

Proses pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini didesain model dari Kemmis & Mc. Taggart yang perangkatnya terdiri atas empat komponen, yaitu planning (perencanaan), acting (tindakan), observing (pengamatan), dan reflecting (refleksi).


2. Pelaksanaan
Kegiatan pra siklus ini dilaksanakan dengan alokasi waktu 2 X 40 JP (Jam Pelajaran) atau satu kali pertemuan. Adapun pelaksanaan dari kegiatan pra siklus dimulai dengan dengan kegiatan awal, selanjutnya kegiatan inti dan terahir kegiatan penutup. contoh ptk ipa sd kelas 3

Penelitian Tindakan Kelas Mata Pelajaran IPA kelas IV

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A. Kondisi Awal Pra Tindakan
Peneliti mulai melaksanakan kegiatan penelitian yang pertama pada tanggal 25 Februari 2018 dengan mengadakan pembelajaran Mata Pelajaran IPA  materi Energi Alternatif  dengan metode yang biasa di lakukan yaitu metode konvensional (ceramah  kemudian praktek). Kegiatan pra siklus ini bertujuan untuk mengetahui hasil Pemahaman siswa  pada Mata Pelajaran IPA materi Energi Alternatif sebelum di terapkan metode demonstrasi. ptk sd kelas 4 ipa
1. Tahap Perencanaan Pra Siklus
1) Membuat instrument penelitian yang terdiri dari lembar observasi hasil Pemahaman siswa  pada materi Energi Alternatif  , pedoman wawancara, dan penilaian pemahaman 
2) Membuat RPP 
2. Pelaksanaan
Kegiatan pra siklus ini dilaksanakan dengan alokasi waktu 2 X 40 JP (Jam Pelajaran) atau satu kali pertemuan. Adapun pelaksanaan dari kegiatan pra siklus dimulai dengan dengan kegiatan awal, selanjutnya kegiatan inti dan terahir kegiatan penutup. contoh ptk sd kelas 4 ipa


DAFTAR PUSTAKA

Ruhalijah,    Kaswari    dan    Suryani.    2017. Penggunaan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas   IV   SDN   18   Sungai   Kakap. Tersedia di. www.jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb
/article/.  Diakses  tanggal  24  Agustus 2014.
Sardiman, A.M (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiana, A. 2017. Penggunaan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Konsep Bangun Datar Di Kelas V Sdn 2 Ciruas. Jurnal Penelitian Pendidikan. 3
Susilo 2007.PanduanPenelitianTindakanKelas. YokyakartaPustaka Book Publisher.

RPP
(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
Pra Siklus
Nama Sekolah :  SDN 
Kelas/Semester :  IV /2
Standar Kompetensi :  8.   Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya
Kompetensi Dasar : 8.2 Menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara 
Indikator :
Siswa dapat mengetahui pengertian energi alternatif 
Siswa dapat mengetahui sumber energi alternatif 
Alokasi Waktu  :  2× 40 menit (1× pertemuan)
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan percobaan siswa dapat :
Siswa dapat mengetahui pengertian energi alternatif 
Siswa dapat mengetahui sumber energi alternatif 

Post a Comment for "CONTOH PTK IPA SD KELAS 4 KURIKULUM 2013"