Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK PPKN

PTK PPKN-Mungkin banyak yang belum mengetahui apa itu PTK. Secara singkat penelitian tindakan kelas ini merupakan bentuk laporan dari sebuah kegiatan yang dilakukan tenaga pengajar profesinonal, sebagai upaya memperbaiki dan meningkatkan kualitas dan kuantitas proses pembelajaran lebih efektif. Penelitian tindakan kelas ini sangat penting untuk dilakukan seorang tenaga pendidik profesional demi meningkatkan kuantitas dan kualitasnya dalam mengajar. Sehingga, kinerja menjadi lebih baik. Kemampuan seorang pengajar perlu terus ditingkatkan mengikuti perkembangan zaman. 
Perbaikan dan peningkatan kualitas pendidikan perlu dilakukan dalam proses pembelajaran salah satuya melalui suatu kajian berbasis ilmiah dalam bentuk penelitian tindakan kelas. PTK ini bermanfaat tidak hanya bagi tenaga pendidik namun juga bagi pelajar dan sekolah. Dalam dunia pendidikan seorang guru profesional dituntut untuk peka dan tanggap terhadap dinamika yang terjadi pada saat proses pembelajaran di kelas. Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidik dalam hal ini perlu dilakukan Penelitian Tindakan Kelas atau biasa dikenal PTK.

Seorang pendidik profesional diharuskan untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan berbagai alasan di antaranya tuntutan tugas yang menjadi kebutuhan guru, pengembangan karir, kepentingan sertifikasi dan sebagai prasyarat kenaikan pangkat.Penelitian tindakan kelas juga membawa manfaat bagi siswa, hasil dari PTK SD ini diharapkan mampu untuk meningkatkan hasil belajar para peserta didik. Bahwa pelajar juga mendapatkan perhatian khusus dari tenaga pengajar terkait proses pembelajaran yang lebih efektif untuk diterapkan. Pihak sekolah juga dapat merasakan manfaat dari penelitian tindakan kelas yang dilakukan tenaga pengajarnya, di antaranya inovasi baru strategi pembelajaran di sekolah menjadi lebih banyak, adanya peningkatan prestasi sekolah, dan iklim pendidikan menjadi lebih kondusif. Persiapan pelaksanaan penelitian tindakan kelas perlu adanya persiapan dan perencanaan yang matang, sehingga hasilnya bisa maksimal. Tahap awal yang perlu dilakukan yaitu mengidentifikasi, merumuskan dan membuat pemecahan masalah dalam proses pembelajaran.Namun pada penerapannya banyak tenaga pendidik yang mengalami kesulitan pada tahap awal. Umumnya para guru kurang mampu mengidentifikasi masalah yang ada di lapangan untuk diangkat menjadi topik dari penelitian.

Berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman dilapangan selama proses pembelajaran, banyak siswa kurang aktif dan memiliki kecenderungan ketidaktertarikan pada mata pelajaran PPKN karena mengutamakan hafalan kurang adanya aspek penalaran.Terdapat faktor eksternal yang mempengaruhi rendahnya minat pada mata pelajaran PPKN di antaranya, seperti strategi pembelajaran yang digunakan guru monoton, saran prasana belajar kurang, dan sistem kurikulum yang membingungkan.
Selain itu terdapat faktor internal yang juga berpengaruh terhadap rendahnya minta siswa pada pelajaran PPKN seperti motivasi belajar kurang, tingkat intelegensi, dan kebiasaan malas menghafal. Jika Anda adalah seorang guru tentunya bisa menjadikan masalah ini sebagai topik PTK PPKN.
Perlu adanya strategi baru untuk memecahan masalah tersebut, hal ini dapat dilakukan melalui PTK. Di sinilah peran tenaga pendidik untuk merancang kegiatan pembelajaran yang lebih efektif, contohnya dengan membuat penelitian tindakan kelas PPKN dengan sistem belajar berpusat pada siswa. Tenaga pengajar dapat membuat PTK dengan judul “pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah HAM pada mata pelajaran PPKN.

  • PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS II SDN  
  • EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE INQUIRY DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PKN (PTK Pada Pembelajaran Partisipasi Dalam Usaha Pembelaan Negara Pada Siswa Kelas IX SMP)  
  • MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKn MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK – PAIR- SHARE BESERTA PEMBERIAN REWARD BAGI SISWA KELAS VIII  
  • MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE CERAMAH BERVARIASI DAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI POKOK PEMERINTAH PUSAT DAN PEMERINTAH DAERAH PADA SISWA KELAS X  
  • PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING MELALUI TEKNIK JIGSAW DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X.IPA4 PADA PEMBELAJARAN PKN  


Terima kasih telah berkunjung di blog Kami yang membahas PTK PPKN. Semoga PTK  PPKN ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + atau share Facebook dan Twetter Rekomendasikan ini di Google untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol  di bawah.  hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.  

Post a Comment for "PTK PPKN"