Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

DOWNLOAD CONTOH PTK SD PKN LENGKAP KELAS V

DOWNLOAD CONTOH PTK SD PKN LENGKAP KELAS V-Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untukmeningkatkan prestasi belajar dan aktivitas belajar siswa kelas V SDN tahun pelajaran 2017/2018 pada mata pelajaran PKn melalui penerapan metode numbered heads together judul ptk pkn sd. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi partisipan dan testertulis ptk pkn sd kelas 4 5 6 pdf .

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan metode numbered heads togetherdapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Hal ini didukung ptk pkn smp untuk kenaikan pangkat dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan tes prestasi belajar siswa. contoh ptk sd Pada saat pra siklus, ketuntasan siswa hanya 38%, setelah dilaksanakan siklus I dengan metode numbered heads together persentase ketuntasan prestasi belajar siswa sebesar 62% kemudian pada tindakan siklus II, ketuntasan prestasi belajar mencapai 88% contoh lampiran ptk.
Penerapan metode numbered heads together juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDN Tahun Pelajaran 2017/2018 ptk pkn tentang norma. Pada siklus I aktivitas belajar siswa memperoleh skor akhir 66%, artinya aktivitas belajar siswa berada pada kriteria baik. Pada siklus II skor akhir aktivitas belajar siswa mencapai 89% sehingga berada pada kriteria sangat baik ptk pkn sd 2017.

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BAGI SISWA KELAS V SDN  TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991 
DOWNLOAD PTK 

Penelitian Tindakan Kelas PKn SD Doc

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menumbuhkembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) melalui kegiatan pengajaran. Pendidikan mempunyai posisi yang strategis dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia. Posisi yang strategis tersebut dapat tercapai bila pendidikan yang dilaksanakan mempunyai kualitas. ptk pkn sd lengkap Salah satu aspek kehidupan itu adalah pendidikan. Pendidikan berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak pribadi manusia.

Pendididikan kewarganegaraan (PKn) diajarkan sejak di Sekolah Dasar, sebab PKn merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga Negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak dan kewajiban untuk menjadi warga Negara yang baik, yang cardas, terampil dan berbangsa, berbahasa, dan bersuku-suku oleh Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Pendidikan kewarganegaraan (PKn) adalah mata pelajaaran yang digunakan sebagai wahana untuk mengembangkan dan melestarikan nilai luhur dan norma yang berakar pada budaya bangsa Indonesia, yang diharapkan dapat diwujudkan dalam bentuk perilaku dalam kehidupan sehari-hari siswa, baik secara individu maupun secara anggota masyarakat, warga Negara dan makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa ptk pkn kelas 1 sd.

Contoh PTK lengkap PKn SD KELAS 5 SD

BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A. Prestasi Belajar
1. Pengertian Prestasi Belajar
Dalam proses pendidikan prestasi dapat diartikan sebagai hasil dari proses belajar mengajar yakni, penguasaan, perubahan emosional, atau perubahan tingkah laku yang dapat diukur dengan tes tertentu (Abdullah, 2008) contoh ptk sd.

Prestasi belajar erat kaitannya dengan prosen belajar dan prestasi belajar. Slameto (2003: 2) mengatakan bahwa belajar merupakan suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru seara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

Pengertian umum tentang prestasi belajar ini dikemukakan oleh Moh. Surya (2004: 75) yaitu “prestasi belajar  adalah prestasi belajar atau perubahan tingkah laku yang menyangkut ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap setelah melalui proses tertentu, sebagai hasil pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungan ptk pkn sd kurikulum 2013.

Selain itu, menurut Hamdani Nawawi (Nurlanty, 2007: 38), prestasi belajar adalah tingakt keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pelajaran di sekolah yang ditanyakan dalam bentuk skor, diperoleh dari hasil tes sekolah mengenai sejumlah materi pengajaran yang disajikan. Dari pengertian tersebut bahwa prestasi belajar siswa di sekolah bisa dinyatakan dalam bentuk angka atau nilai.

Download Ptk Sd Kelas 5 Lengkap

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

A. Metode Penelitian
Menurut Suharsimi, Arikunto (2002: 137) metode penelitian adalah cara yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data penelitiannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ptk pkn sd doc.

Suharsim, Arikunto juga menjelaskan, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah classroom action research. Dari nama tersebut terkandung tiga kata yakni:

1. Penelitian: menunjukkan pada suatu kegiatan mencermati suatu obyek dengan cara menggunakan cara dan aturan metodologi tertentu untuk memperoleh data atau informasi yang bermanfaat dalam meningkatkan mutu suatu hal yang menarik minat dan penting bagi peneliti.
2. Tindakan: menujukkan pada suatu obyek kegiatan yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu. Dalam penelitian berbentuk rangkaian siklus kegiatan untuk siswa.
3. Kelas: dalam hal ini tidak terikat pada pengertian ruang  kelas, tetapi dalam pengertian yang lebih spsifik, yakni sekelompok siswa yang dalam waktu yang sama, menerima pelajaran yang sama dari guru yang sama pula ptk sd kelas 5 lengkap.

Download PTK Pkn Word Lengkap

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A. Deskripsi Kondisi Awal
Pada kondisi awal atau kondisi pra siklus, nilai yang diperoleh siswa pada mata pelajaran PKnmasih banyak siswa yang belum mencapai nilai KKM yang telah ditentukan. Selain itu persentase ketuntasan prestasi belajar siswa kelas V SDN  belum memenuhi kriteria ketuntasan yaitu sebesar 85% contoh ptk sd kelas 5 kurikulum 2013. Hal ini dikarenakan guru yang kurang memberikan siswa kesempatan lebih aktif di dalam kelas selama proses pembelajaran. Guru lebih sering menggunakan metode ceramah, sehingga keaktifan siswa di dalam kelas sangat kurang. Materi yang di sampaikan guru kurang dapat dimengerti siswa. Siswa hanya mendengarkan dan mencatat apa yang guru sampaikan. Sehingga masih banyak siswa yang kurang berminat terhadap materi yang guru sampaikan. Karena siswa kurang memahami materi yang di sampaikan, maka hal ini berpengaruh pada prestasi belajar siswa yang rendah. Jika siswa merasa senang saat proses pembelajaran maka siswa akan mudah memahami materi yang guru sampaikan, lain halnya dengan siswa merasa bosan di dalam kelas, siswa akan sulit memahami materi yang diajarkan oleh guru. Berikut adalah nilai prestasi belajar yang diperoleh siswa pada kondiri pra siklus contoh judul ptk sd kurikulum 2013.

DAFTAR PUSTAKA

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, 2002.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Made Wena. 2011.Startegi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Ibrahim. 2000.Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Lie, Anita. 2002.Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasind.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan   : SDN 
Kelas/Semester       : V / 1 (Satu)
Mata Pelajaran        : PKn
Materi Pokok         : Pentingnya NKRI
Alokasi Waktu        : 2 x 35 menit (satu pertemuan)

A. Standar Kompetensi
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
B. Kompetensi Dasar
1.2.    Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2.1 Memahami arti prnting NKRI
1.2.2 Memahami fungsi dari pancasila
1.2.3 Memahami kesatuan wilayah Indonesia
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat memahami arti penting keutuhan NKRI.
2. Siswa dapat menjelaskan fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa.
3. Siswa dapat menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik, sosial budaya, ekonomi, dan pertahanan-keamanan.
E. Materi Pembelajaran
1. Arti penting keutuhan NKRI
2. Fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa
3. Makna kesatuan wilayah Indonesia
F. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan adalah metode numbered heads together.
G. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Alat : Buku Sumber
2. Sumber Belajar: Buku Paket PKn SD Kelas V.

Post a Comment for "DOWNLOAD CONTOH PTK SD PKN LENGKAP KELAS V"