Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PTK PKN SD KELAS 5 KURIKULUM 2013

CONTOH PTK PKN SD KELAS 5 KURIKULUM 2013-Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas V  tahun pelajaran 2016/2017 pada mata pelajaran PKn melalui penerapan metode jigsaw. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif contoh ptk pkn sd kelas 5 lengkap yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi partisipan dan testertulis.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan metode jigsawdapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan tes hasil belajar siswa. Pada saat pra siklus, ketuntasan siswa hanya 36%, setelah dilaksanakan siklus I dengan metode ptk pkn sd kelas 5 pdf jigsaw persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 64% kemudian pada tindakan siklus II, ketuntasan hasil belajar mencapai 86%.

Penerapan metode jigsaw juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDN Tahun Pelajaran 2014/2015. Pada siklus I aktivitas belajar siswa memperoleh skor akhir 65%, artinya aktivitas belajar siswa berada pada kriteria baik. ptk pkn kelas 5 semester 1 Pada siklus II skor akhir aktivitas belajar siswa mencapai 89% sehingga berada pada kriteria sangat baik ptk pkn sd kelas 5 doc.

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI METODE JIGSAW TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991
DOWNLOAD PTK 

Penelitian Tindakan Kelas PKn Kelas V

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Dalam era global, teknologi dan ilmu pengetahuan telah menyentuh segala aspek pendidikan sehingga informasi lebih mudah di peroleh, hendaknya menjadikan anak lebih aktif berpartisipasi sehingga melibatkan intelektual dan emosional siswa dalam proses belajar. skripsi ptk pkn sd Keaktifan di sini berarti fisik secara aktif dan tidak terfokus pada suatu sumber informasi yaitu guru. 

Dalam bidang pendidikan pemerintah selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan berbagai cara seperti mengganti kurikulum, meningkatkan kualitas guru melalui penataran-penataran atau melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi, dan sebagainya. Sesuai dengan UU no. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, pasal 3 menyatakan bahwa:

“Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

Dengan memperhatikan isi dari UU No. 20 tahun 2003 tersebut, peneliti berpendapat bahwa tugas seorang guru  memang berat, sebab kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh keberhasilan pendidikan dari bangsa itu sendiri ptk pkn sd lengkap. Jika seorang seorang guru atau pendidik tidak berhasil mengembangkan potensi peserta didik maka negara itu tidak akan maju, sebaliknya jika guru atau pendidik berhasil mengembangkan potensi peserta didik, maka terciptalah manusia yang cerdas, terampil, dan berkualitas. Sesuai dengan Depdiknas (2005: 33) yang menyatakan bahwa, “Pendidikan Kewarganegaraan adalah mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan diri yang beragam dari segi agama, sosio-kultural, bahasa, usia, suku bangsa untuk menjadi warga negara yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang dilandasi oleh Pancasila dan UUD 1945”.

Download Contoh PTK SD PKn Lengkap

BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A. Metode Pembelajaran Jigsaw
Metode Jigsaw bertujuan untuk meningkatkan rasa tanggung jawabsiswa  terhadap pembelajarajnya sendiri dan juga pembelajaran orang lain.Siswa tidak hanya mempelajari materi yang diberikan, tetapi mereka juga harus siap memberikan dan mengajarkan materi tersebut pada anggota kelompok lain. 

Dengan demikian, siswa saling tergantung satu dengan yang lain dan harus bekerja sama secara cooperatif untuk mempelajari tugas yang diberikan.Menurut Anita Lie (2002: 68) dalam metodejigsaw terjadi berbagai kegiatan penggabungan kegiatan yaitu penggabungan kegiatan membaca, menulis, mendengar, dan berbicara. Dengan mengamati secara mendalam, teknik ini cocok untuk semua kelas ingkatan. ptk pkn sd kelas 5 doc Saat pelaksanaan metodeJigsaw siswa-siswa ditempatkan ke dalam tim-tim yang heterogen beranggotakan lima atau enam orang, berbagai materi akademis yang disajikan kepada siswadalam bentuk teks, dan setiap siswa bertanggungjawab untuk mempelajari satu porsi materinya (Richard I.Arends, 2007: 13). ptk pkn sd kelas 6 doc

Menurut Zamroni (2000:147), metode pembelajaran Jigsaw mengembangkan kemampuan siswa dalam berbicara, mendengarkan pendapat orang lain, dan bekerjasama dengan orang lain. ptk pkn sd doc

PTK SD PKn Kelas 1,2,3,4,5,6

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

A. Metode Penelitian
Menurut Suharsimi, Arikunto (2002: 137) metode penelitian adalah cara yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data penelitiannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Suharsim, Arikunto juga menjelaskan, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah classroom action research. Dari nama tersebut terkandung tiga kata yakni:

1. Penelitian: menunjukkan pada suatu kegiatan mencermati suatu obyek dengan cara menggunakan cara dan aturan metodologi tertentu untuk memperoleh data atau informasi yang bermanfaat dalam meningkatkan mutu suatu hal yang menarik minat dan penting bagi peneliti. ptk pkn sd pdf kurikulum 2013

2. Tindakan: menujukkan pada suatu obyek kegiatan yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu. Dalam penelitian berbentuk rangkaian siklus kegiatan untuk siswa. ptk pkn kelas 5 semester 2 kurikulum 2013

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A. Deskripsi Kondisi Awal
Sebelum dilakukan penelitian dengan metode jigsaw, dalam pembelajaran guru kelas V di SDN 091318 Pematang Raya sering menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab saja. Sehingga siswa mudah merasa bosan ketika mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas. Siswa kurang focus terhadap apa yang disampaikan guru di kelas. Akibatnya hasil belajar siswa menjadi rendah. Banyak siswa yang memiliki nilai di bawah nilai KKM yang telah ditentukan. Berikut ini adalah nilai siswa kelas V SDN yang menggunakan metode ceramah. ptk pkn sd lengkap

Berdasarkan kedua table di atas, rata-rata hasil belajar siswa pada pra penelitian hanya mencapai 62,57 atau hanya 36%. Dari 28 siswa hanya 10 siswa yang telah memenuhi nilai KKM yang telah ditetapkan. Hasil belajar siswa pada pra penelitian belum memehuni persentase ketuntasan yaitu 85%. Untuk itu diperlukan cara agar hasil belajar siswa dapat meningkat, yaitu dengan melakukan pembelajaran menggunakan metode yang berbeda yaitu metode jigsaw. contoh pkp pkn kelas 3

DAFTAR PUSTAKA

Nana Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.
Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Vaiabel-variabel Penelitian. Bandung: AlfabetaRusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Bandung: Mulia Mandiri Press.
Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Dirjen Dikti.
Rustaman, Nuryani, dkk. 2011. Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Depdiknas.
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PTRemaja Rosdakarya.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan   : SDN 091318 Pematang Raya
Kelas/Semester       : V / 1( Satu)
Mata Pelajaran        : PKn
Materi Pokok         : Kebebasan Organisasi
Alokasi Waktu        : 2 x 35 menit (satu pertemuan)

A. Standar Kompetensi
2. Memahami peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.
B. Kompetensi Dasar
2.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
2.1.1 Memahami perundang undangan yang ada di Indonesia
2.1.2 Memahami fungsi peraturan yang ada di Indonesia
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengetahui dan nenyebutkan berbagai macam perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, tingkat pusat dan daerah.
2. Siswa dapat mengetahui dan menyebutkan perbedaan fungsi tiap peraturan yang berlaku di tingkat pusat dan daerah.
E. Materi Pembelajaran
1. Pengertian perundang-undangan.
2. Fungsi peraturan perundang-undangan.
F. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan adalah metode jigsaw.
G. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Alat : Buku Sumber
2. Sumber Belajar:Buku Paket PKn SD Kelas V.

Post a Comment for "CONTOH PTK PKN SD KELAS 5 KURIKULUM 2013"