Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PENELITIAN TINDAKAN KELAS SD PKN KURIKULUM 2013

PENELITIAN TINDAKAN KELAS SD PKN KURIKULUM 2013-Latar belakang permasalahan yang ditemui peneliti pada Kelas II SDN  bahwa, pembelajaran PKn dilakukan secara konvensional dan tidak melibatkan aktivitas seluruh siswa download ptk sd kelas 4, penggunaan media kurang optimal, serta siswa kurang antusias dalam pembelajaran. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil belajar siswa masih rendah, dari 41 siswa terdapat 25 siswa mencapai nilai di bawah KKM. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti akan memperbaiki kualitas pembelajaran melalui model kooperatif tipe TGT dengan menggunakan media audiovisual ptk sd kelas 5 doc. Pembelajaran tersebut melibatkan seluruh aktivitas siswa serta melatih tanggung jawab pada setiap siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model kooperatif tipe TGT dengan menggunakan media audio-visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa Kelas II SDN ?. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn.

Rancangan penelitian ini dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelak­sanaan tindakan, observasi, dan refleki. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas satu pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa Kelas II SDN Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan guru download ptk sd kelas 5 lengkap word, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Jenis data: kualitatif dan kuantitatif. Sumber data: guru, siswa, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik pengambilan data meliputi teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif.

DOWNLOAD LENGKAP CONTOH PTK PKN SD FORMAT DOC

DOWNLOAD CONTOH PTK PKN SD KURIKULUM 2013 DOC

DOWNLOAD CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS SD

CONTOH PTK PKN SD KELAS 5 KURIKULUM 2013

DOWNLOAD CONTOH PTK SD PKN LENGKAP KELAS V

CONTOH PTK PKN KELAS 5 SD LENGKAP DOC

PTK PKN LENGKAP

PTK PPKN

PTK SD PKN UNTUK KENAIKAN GOLONGAN GURU

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keterampilan guru siklus I memper­oleh skor 30 dengan kategori baik, siklus II memperoleh skor 32 dengan kategori baik, dan siklus III memperoleh skor 40 dengan kategori sangat baik. Jumlah skor rata-rata aktivitas siswa siklus I mendapatkan 29,3 2 dengan kategori baik, siklus II mendapatkan 32,39 dengan kategori baik, dan siklus III mendapatkan 34,73 dengan kategori sangat baik. Ketuntasan klasikal siklus I sebesar 68,29%, siklus II sebesar 78,05%, dan siklus III sebesar 85,37% ptk sd kelas 3 doc.

Simpulan dari penelitian ini yaitu, melalui model kooperatif tipe TGT dengan menggunakan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajar­an PKn. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bahwa, pada proses pembelajar­an guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta melibatkan aktivitas seluruh siswa download ptk sd untuk kenaikan pangkat.

PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA 
KELAS II SDN
Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991 

Kumpulan Contoh Judul PTK PKn SD

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. LATAR BELAKANG
Berdasarkan Permendiknas No. 22 tahun 2006 secara normatif dikemukakan bahwa mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukkan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945.  ptk sd kelas 1 Pkn Selanjutnya, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah satu diantaranya adalah kelompok mata pelajaran Kewarganegaraan dan kepribadian. Kelompok mata pelajaran tersebut dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran wajib pada semua satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Aspek-aspek yang menjadi lingkup mata pelajaran ini, mencakup persatuan dan kesatuan bangsa, norma hukum dan peraturan, hak asasi manusia, kebutuhan warga negara, kekuasaan dan politik, pancasila, dan globalisasi (Depdiknas, 2007). Selanjutnya menurut Dikti-Pendidikan Tinggi (dalam Subagyo, 2008:4) substansi kajian Pendidikan Kewarganegaraan mencakup: (1) pengantar; (2) hak asasi manusia; (3) hak dan kewajiban warga negara; (4) bela negara; (5) demokrasi; (6) wawasan nusantara; (7) ketahanan nasional; (8) politik strategi nasional. Sedangkan menurut Aryani dan Susantim (2010:18) Kewarganegaraan merupakan materi yang memfokuskan pada pembentukan diri yang beragam, baik dari segi agama, sosio-kultural, bahasa, usia, dan suku bangsa, untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter download skripsi ptk pkn pgsd.

Proposal PTK PKn SD K13

BAB II
KAJIAN PUSTAKA

2.1. KAJIAN TEORI
2.1.1. Hakikat Belajar
Menurut Rifa’i dan Anni (2009:82) belajar merupakan proses penting bagi perubahan perilaku setiap orang dan belajar itu mencakup segala sesuatu yang dipikirkan dan dikerjakan oleh seseorang. Belajar memegang peranan penting di dalam perkembangan, kebiasaan, sikap, keyakinan, tujuan, kepribadian, dan bahkan presepsi seseorang. Oleh karena itu, dalam menguasai konsep dasar tentang belajar, seseorang mampu memahami bahwa aktivitas belajar itu memegang peranan penting dalam proses psikologis. Selanjutnya, menurut Morgan (dalam Suprijono, 20 12:3) Learning is any relatively permanent change in behavior that is a result of past experience (belajar adalah perubahan perilaku yang bersifat permanen sebagai hasil dari pengalaman) download ptk PKn sd lengkap.

Gagne dan Berliner (dalam Rifa’i dan Anni, 2009:82-83) menyatakan bahwa belajar merupakan proses dimana suatu organisme mengubah perilakunya karena hasil dari pengalaman. Pengalaman dalam pengertian belajar dapat berupa pengalaman fisik, psikis, dan sosial. Konsep tentang belajar mengandung 3 unsur utama sebagai berikut: download ptk sd kelas 4

1) Belajar berkaitan dengan perubahan perilaku. Seseorang yang telah mengalami kegiatan belajar, maka akan terjadi perubahan perilaku, seperti menulis, membaca, berhitung yang dilakukan sendiri-sendiri, atau kombinasi dari berbagai perilaku, seperti seorang guru yang men­jelaskan pelajaran secara lisan di depan kelas, ia juga menulis di papan tulis, dan memberikan pertanyaan.

2) Perubahan perilaku yang didahului proses pengalaman. Perubahan perilaku seseorang untuk dapat menyelesaikan persoalan dengan pe­ngalaman yang telah didapatkan dalam kehidupan sehari-hari. Perubahan perilaku karena belajar bersifat relatif permanen. Lamanya perubahan perilaku yang terjadi pada diri seseorang adalah sulit untuk diukur. Karena setiap orang mempunyai waktu yang berbeda dalam perubahan perilaku, ada yang berlangsung selama satu hari, satu minggu, satu bulan, atau bahkan bertahun-tahun download ptk sd kelas 5 lengkap word.

PTK PKn SD Lengkap Doc

BAB III
METODE PENELITIAN

3.1. RANCANGAN PENELITIAN
Menurut Iskandar (2011:20) Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan bagian dari penelitian tindakan (action research) yang dilakukan oleh guru dan dosen di kelas (sekolah dan perguruan tinggi) tempat dia mengajar yang bertujuan memperbaiki dan meningkatkan kualitas dan kuantitas proses pembelajaran di kelas. Menurut Arikunto (2009:3) Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Tidakan tersebut diberikan oleh guru atau dengan arahan dari guru yang dilakukan oleh siswa. Selanjutnya, menurut Supardi (2009:104) penelitian tindakan kelas diartikan sebagai suatu bentuk investigasi yang berbentuk reflektif partisipasif, kolaboratif, dan spiral, yang memiliki tujuan untuk melakukan perbaikan sistem, metode kerja, proses, isi, kompetensi, dan situasi ptk sd kelas 5 doc PKn.

Daur ulang penelitian tindakan kelas diawali dengan perencanaan tindakan (planning), penerapan tindakan (action), mengobservasi dan meng­evaluasi proses dan hasil tindakan (observation and evaluation), dan me­lakukan refleksi (reflecting), dan seterusnya sampai perbaikan atau pening­katan yang diharapkan tercapai (kriteria keberhasilan).

Download PTK SD Kelas II Kurikulum 2013

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1. HASIL PENELITIAN
Penerapan model kooperatif tipe TGT dengan menggunakan media audiovisual mampu meningkatkan kualitas pembelajaran PKn Kelas II SDN Peningkatan kualitas tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya keterampilan guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas satu pertemuan. Berikut ini akan dipaparkan hasil penelitian berupa data hasil observasi mengenai keterampilan guru dan aktivitas siswa, serta data hasil evaluasi berupa hasil belajar PKn melalui penerapan pembelajaran TGT dengan menggunakan media audiovisual pada siswa Kelas II SDN ptk sd kelas 3 doc.
4.1.1. Deskripsi Data Pelaksanaan Tindakan Siklus I
4.1.1.1. Deskripsi Observasi Keterampilan Guru
Hasil observasi keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran PKn Kelas II SDN, melalui penerapan model kooperatif tipe TGT dengan menggunakan media audiovisual pada siklus I dapat disajikan pada tabel berikut download ptk PKn sd kurikulum 2013:

DAFTAR PUSTAKA

Anitah, Sri. dkk. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka Aqip, Zainal. dkk. 2011. Penelitian Tinddakan Kelas. Bandung: Yrama Widya Arikunto, Suharsimi. dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Aryani, Ine Kusuma dan Susantim, Markum. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai. Bogor: Ghalia Indonesia
Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2007. Naskah akademik kajian kebijakan kurikulum mata pelajaran Pkn. Jakarta: Depdiknas
Baharudin dan Wahyuni, Esa Nur. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Post a Comment for "PENELITIAN TINDAKAN KELAS SD PKN KURIKULUM 2013"