PTK SMK KELAS XI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI SMK tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi partisipan dan tes tertulis.
MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR MEMAHAMI BANGUNAN KAPAL SISWA KELAS X SMK NEGERI 6 LHOKSEUMAWE MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ATAU ALAT PERAGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR MELAKUKAN PENCEGAHAN POLUSI LINGKUNGAN LAUT SISWA KELAS XI SMK NEGERI 6 LHOKSEUMAWE MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ATAU ALAT PERAGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI PERIKANAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN INQUIRY SISWA KELAS X SMK NEGERI 6 LHOKSEUMAWE TAHUN PELAJARAN 2016/2017
MODEL PEMBELAJARAN CLASSROOM MEETING DALAM PEMBELAJARAN PRODUKTIF PERIKANAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN PEGEMBANGAN DIRI SISWA PADA KELAS X PROGRAM BUDIDAYA AIR PAYAU DAN LAUT SMK NEGERI 6 LHOKSEUMAWE TAHUN PELAJARAN 2017/2018
MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR MEMAHAMI BANGUNAN KAPAL SISWA KELAS X SMK NEGERI 6 LHOKSEUMAWE MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ATAU ALAT PERAGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR MELAKUKAN PENCEGAHAN POLUSI LINGKUNGAN LAUT SISWA KELAS XI SMK NEGERI 6 LHOKSEUMAWE MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ATAU ALAT PERAGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI PERIKANAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN INQUIRY SISWA KELAS X SMK NEGERI 6 LHOKSEUMAWE TAHUN PELAJARAN 2016/2017
MODEL PEMBELAJARAN CLASSROOM MEETING DALAM PEMBELAJARAN PRODUKTIF PERIKANAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN PEGEMBANGAN DIRI SISWA PADA KELAS X PROGRAM BUDIDAYA AIR PAYAU DAN LAUT SMK NEGERI 6 LHOKSEUMAWE TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan tes tertulis yang dilakukan pada pertemuan kedua di setiap siklusnya. Pada saat pra siklus, hasil belajar siswa hanya 35%, setelah dilaksanakan siklus I dengan model pembelajaran contextual teaching and learning persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 71% kemudian pada tindakan siklus II, ketuntasan hasil belajar mencapai 88%.
Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI SMK Tahun Pelajaran 2017/2018. Aktivitas belajar siswa terdiri dari mendengarkan, menulis dan mengamati. Pada siklus I indikator aktivitas belajar siswa memperoleh skor akhir 64%, artinya indikator aktivitas belajar siswa berada pada kriteria baik. Pada siklus II skor akhir indikator aktivitas belajar siswa mencapai 92% sehingga berada pada kriteria sangat baik.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Siswa .
PTK SMK KELAS X MERAWAT PERALATAN MULTIMEDIA SEMSTER 1
PTK BAHASA INDONESIA TEKS ANEKDOT SMK FARMASI KURIKULUM 2013
PTK BAHASA INDONESIA TEKS EKSPLANASI UNTUK SMK KELAS XI
PTK SMK AGRIBISNIS PENGOLAHAN HASIL PERIKANAN KELAS X
PTK SMK PERTANIAN CARA PRODUKSI PANGAN KELAS X
Sekolah : SMK
Mata Pelajaran : Agribisnis Perikanan
Kelas/Semester : XI/ 1
AlokasiWaktu : 2 x 45 menit
A. Kompetensi Inti
KI. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
K2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI3 Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI4Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar
3.1 Menerapkan Agribisnis Perikanan
4.1 Menyajikan Agribisnis Perikanan
4.1 Menyajikan Agribisnis Perikanan
Post a Comment for "PTK SMK KELAS XI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING "