PTK SMK AGRIBISNIS PENGOLAHAN HASIL PERIKANAN KELAS X
Agar dapat mengajar efektif, guru harus meningkatkan kesempatan belajar bagi siswa (kuantitas) dan meningkatkan mutu (kualitas) mengajarnya, melibatkan siswa secara aktif alam belajar, menggunakan waktu pelajaran secara efektif serta serius saat mengajar sehingga dapat membangkitkan minat atau motivasi siswa untuk belajar. Makin banyak siswa terlibat aktif dalam belajar, makin tinggi kemungkinan prestasi belajar yang dicapainya.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian tindakan ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Learning Together? (b) Bagaimanakah pengaruh metode kooperatif model Learning Together terhadap motivasi belajar siswa?
Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode kooperatif model Learning Together, (b) Mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode kooperatif model Learning Together.
PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR INQUIRY DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PENINGKATAN MERAWAT PERALATAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS X SMK TAHUN AJARAN 2017 / 2018
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI STRUKTUR DAN ASPEK KEBAHASAAN TEKS ANEKDOT MELALUI METODE PEMBELAJARAN TANYA JAWAB SISWA KELAS X FARMASI TAHUN PELAJARAN 2017/2018
PENERAPAN METODE SUGESTI IMAJINASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI AP SMKN TAHUN PELAJARAN 2017/2018
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN KEAMANAN PANGAN POKOK BAHASAN CARA PRODUKSI PANGAN YANG BAIK (GMP) SMK NEGERI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR INQUIRY DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PENINGKATAN MERAWAT PERALATAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS X SMK TAHUN AJARAN 2017 / 2018
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI STRUKTUR DAN ASPEK KEBAHASAAN TEKS ANEKDOT MELALUI METODE PEMBELAJARAN TANYA JAWAB SISWA KELAS X FARMASI TAHUN PELAJARAN 2017/2018
PENERAPAN METODE SUGESTI IMAJINASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI AP SMKN TAHUN PELAJARAN 2017/2018
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN KEAMANAN PANGAN POKOK BAHASAN CARA PRODUKSI PANGAN YANG BAIK (GMP) SMK NEGERI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X SMK. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (51,42%), siklus II (77,14%), siklus III (100%).
CONTOH PTK SMK NAUTIKA KAPAL TENTANG BANGUNAN KAPAL KELAS X
CONTOH PTK SMK TEKNOLOGI PERIKANAN KELAS X KURIKULUM 2013
PTK SMK KELAS XI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
PTK SMK KELAS X BUDIDAYA PERIKANAN AIR PAYAU DAN LAUT
CONTOH PTK SMK NAUTIKA KAPAL TENTANG BANGUNAN KAPAL KELAS X
PTK SMK KELAS XI PENCEGAHAN POLUSI LINGKUNGAN LAUT
CONTOH PTK SMK TEKNOLOGI PERIKANAN KELAS X KURIKULUM 2013
PTK SMK KELAS XI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
PTK SMK KELAS X BUDIDAYA PERIKANAN AIR PAYAU DAN LAUT
Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Learning Together dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa X SMK, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran keamanan pangan.
Kata kunci : Prestasi Belajar, Metode Kooperatif, Learning Together
Bagaiamana penerapan nya dikelas? Apakah ada pemingkatan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa?
ReplyDeleteAda peningkatan dari Siklus I (51,42%), siklus II (77,14%), siklus III (100%).
Delete