Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK SMK AGRIBISNIS PENGOLAHAN HASIL PERIKANAN KELAS X

Agar dapat mengajar efektif, guru harus meningkatkan kesempatan belajar bagi siswa (kuantitas) dan meningkatkan mutu (kualitas) mengajarnya, melibatkan siswa secara aktif alam belajar, menggunakan waktu pelajaran secara efektif serta serius saat mengajar sehingga dapat membangkitkan minat atau motivasi siswa untuk belajar. Makin banyak siswa terlibat aktif dalam belajar, makin tinggi kemungkinan prestasi belajar yang dicapainya. 
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian tindakan ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Learning Together? (b) Bagaimanakah pengaruh metode kooperatif model Learning Together terhadap motivasi belajar siswa?
Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode kooperatif model Learning Together, (b) Mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode kooperatif model Learning Together.

PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR INQUIRY DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PENINGKATAN MERAWAT PERALATAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS X SMK TAHUN AJARAN 2017 / 2018

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI STRUKTUR DAN ASPEK KEBAHASAAN TEKS ANEKDOT  MELALUI METODE PEMBELAJARAN TANYA JAWAB SISWA KELAS X FARMASI   TAHUN PELAJARAN 2017/2018

PENERAPAN METODE SUGESTI IMAJINASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI AP SMKN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN KEAMANAN PANGAN POKOK BAHASAN CARA PRODUKSI PANGAN YANG BAIK (GMP) SMK NEGERI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X SMK. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Learning Together dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa X SMK, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran keamanan pangan.
Kata kunci : Prestasi Belajar, Metode Kooperatif, Learning Together  

2 comments for "PTK SMK AGRIBISNIS PENGOLAHAN HASIL PERIKANAN KELAS X "

  1. Bagaiamana penerapan nya dikelas? Apakah ada pemingkatan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada peningkatan dari Siklus I (51,42%), siklus II (77,14%), siklus III (100%).

      Delete