Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK SMK KELAS X SEMESTER 1 PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN

PTK SMK KELAS X SEMESTER 1 PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN-Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri tahun pelajaran 2015/2016 melalui penerapan pembelajaran discovery learning. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi partisipan dan tes tertulis laporan penelitian tindakan kelas smk doc.

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PENANGANAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR SISTEM KARTU KENDALI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS X OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN(OTKP) SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 SMK NEGERI 

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN PKN  KELAS XII SMKN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI METODE INQUIRY PADA KELAS XI SMKN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN KELAS XII SMKN 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan tes tertulis dilakukan pada pertemuan kedua di setiap siklusnya. Pada saat pra siklus, ketuntasan siswa hanya 38%, setelah dilaksanakan siklus I dengan model discovery learning persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 64% kemudian pada tindakan siklus II, ketuntasan hasil belajar mencapai 90% laporan penelitian tindakan kelas smk doc.
Implementasi pembelajran discovery learning juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri Tahun Pelajaran 2015/2016. Indikator hasil belajar siswa terdiri dari kognitif, afektif dan psikomotor. Pada siklus I indikator hasil belajar siswa memperoleh skor akhir 62%, artinya indikator hasil belajar siswa berada pada kriteria baik. Pada siklus II skor akhir indikator hasil belajar siswa mencapai 90% sehingga berada pada kriteria sangat baik ptk administrasi perkantoran smk.

Kata Kunci   :   Pembelajaran Discovery Learning , Hasil Belajar Siswa .

CONTOH LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS  SMK

Nama Sekolah :  SMK Negeri 
Kompetensi Keahlian :  Administrasi Perkantoran
Mata Pelajaran  :  Pengantar Administrasi Perkantoran
Materi/Topik   :  Asas-asas Manajemen Perkantoran
Tahun Pelajaran :  2015/2016
Kelas/Semester :   X / I
Alokasi Waktu    :   2  x Pertemuan ( 2 x 45 menit)

Kompetensi Dasar
1.1 Bertambahnya keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dankompleksitas alam dan jagat raya terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa ptk administrasi perkantoran smk kelas x
1.2 Penerapan penggunaan panca indera sebagai alat komunikasi secara efektif dan efisien berdasrkan nilai-nilai agama yang dianut
1.3 Meyakini bahwa bekerja adalah salah satu bentuk pengamalan perintah Tuha yang harus dilakukan secara sungguh-sungguh
2.1 Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran menyiapkan,    menggunakan peralatan kantor jurnal ptk smk
2.2 Menunjukkan perilaku ilmiah (jjur, disiplin, tangung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong) dalam melakukan pembelajran sebagai bagian dari sikap ilmiah
2.3 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap kerja
2.4 Memiliki sikap pro aktif dalam melakukan kegiatan perkantoran
1.3 Memahami asas-asas manajemen perkantoran proposal ptk administrasi perkantoran smk
4.3 Menggunakan asas-asas manajemen perkantoran untuk memecahkan masalah manajemen
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Terlibat aktif dalam pembelajaran asas-asas manajemen perkantoran
2. Bekerjasama dalam kelompok
3. Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
4. Menjelaskan asas desentralisasi
5. Menjelaskan asas sentraliasasi
6. Menjelaskan asas dekonsentralisasi (gabungan)
7. Menggunakan asas-asas manajemen perkantoran dalam kehidupan sehari-hari
contoh penelitian tindakan kelas smk administrasi perkantoran

Post a Comment for "PTK SMK KELAS X SEMESTER 1 PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN"