Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PTK PKN SMK PROBLEM BASED LEARNING KELAS XII

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII SMK Negeri 1 tahun pelajaran 2017/2018 melalui model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi partisipan dan tes tertulis proposal ptk model project based learning.

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PENANGANAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR SISTEM KARTU KENDALI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS X OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN(OTKP) SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 SMK NEGERI 

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA DIKLAT PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA KELAS X AKUNTANSI SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SMK NEGERI 

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN PKN  KELAS XII SMKN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI METODE INQUIRY PADA KELAS XI SMKN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa ptk pkn smk. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan tes tertulis yang dilakukan pada pertemuan kedua di setiap siklusnya. Pada saat pra siklus, ketuntasan siswa hanya 42%, setelah dilaksanakan siklus I dengan model pembelajaran problem based learning persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 68% kemudian pada tindakan siklus II, ketuntasan hasil belajar mencapai 90% ptk pbl smk.
Model pembelajaran problem based learning juga dapat meningkatkan indikator hasil belajar siswa kelas XII SMK Negeri 1  Tahun Pelajaran 2017/2018. Indikator hasil belajar siswa terdiri dari kognitif, afektif dan psikomotor. Pada siklus I indikator hasil belajar siswa memperoleh skor akhir 65%, artinya indikator hasil belajar siswa berada pada kriteria baik. Pada siklus II skor akhir indikator hasil belajar siswa mencapai 90% sehingga berada pada kriteria sangat baik contoh penerapan problem based learning dalam pembelajaran di smk.

Kata Kunci   :   Metode Pembelajaran Problem based learning, Prestasi Siswa.

CONTOH PTK PROBLEM BASED LEARNING


Sekolah : SMK N 1
Mata Pelajaran : PPKN
Kompetensi Keahlian : Semua Kompetensi Keahlian
Materi Pokok : Praktik Perlindungan dan Hukum
Kelas / Semester : XII / 1 ( Satu )
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit  ( 1 x 2 JP,  2 Pertemuan) ptk pkn smk kelas 12 doc

Kompetensi Dasar
1.1 Menghargai perbedaan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam rangka penghormatan hak asasi manusia skripsi pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar
1.2 Menjalankan perilaku orang beriman dalam praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian.
1.3 Menyikapi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan tetap memegang nilai-nilai ke Tuhan YME.
1.4 Mensyukuri persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahankan NKRI sebagai bentuk pengabdian

2.1 Bersikap responsif dan proaktif tehadap pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2.2 Berperilaku jujur dalam praktik perlindungan dan penegakan hukum di tengah masyarakat
2.3 Bertanggung jawab dalam menyikapi pengaruh kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2.4 Bersikap proaktif dalam mengembangkan persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahankan NKRI penelitian problem based learning
3.2 Mengevaluasi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
4.2 Mendemostrasikan hasil evaluasi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian metode penelitian problem based learning contoh jurnal ptk smk
.

Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.1.1 Membaca do’a menurut kepercayaan masing-masing pada saat mulai pelajaran
1.1.2 Mengucapkan syukur Alhamdulillah setelah belajar contoh ptk pkn
1.1.3 Memiliki rasa toleran antarumat beragam
1.2.1 Mematuhi peraturan-peraturan yang ada dalam masyarakat
1.2.2 Menunjukkan kesadaran dalam berkonstitusi berdasarkan
1.3.1 Memilih informasi yang didapatkan dari internet yang sesuai dengan materi pembelajaran
1.4.1 Memiliki rasa kepedulian terhadap kelangsungan hidup bangsa dan Negara
1.4.2 Melaksanakan diskusi dengan penuh tanggung jawab
2.1.1 Menyelesaikan tugas secara disiplin
2.2.1 Mengelola tugas-tugas kelompok secara jujur
2.3.1 Mematuhi tugas-tugas individu dan kelompok secara bertanggung jawab
4.2.1 Mempresentasikan tugas kelompok dan individu secara kreatif

3.2.1 Menguraikan pengertian perlindungan hukum  contoh ptk pkn lengkap
3.2.2 Menjelaskan unsur-unsur perlindungan hukum
3.2.3 Menuliskan jenis-jenis perlindungan hukum
3.2.4 Menguraikan proses penegakan hukum
3.2.5 Menerangkan pentingnya perlindungan dan penegakan hukum

ptk tingkat smk
3.2.6 Menguraikan faktor-faktor penegakan hukum
3.2.7 Menguraikan peran dan wewenang lembaga-lembaga penegakan hukum di Indonesia
3.2.8 Menjelaskan pengertian pelanggaran hukum
3.2.9 Menuliskan contoh perilaku yang bertentangan dengan hukum, di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat serta bangsa dan Negara
3.2.10 Menerangkan sanksi pelanggaran hukum dan partisipasi masyarakat dalam perlindungan dan penegakan hukum jurnal ptk pkn smk


4.2.1 Menyalin pengertian perlindungan hukum
4.2.2 Menunjukkan unsure-unsur perlindungan hukum
4.2.3 Menunjukkan jenis-jenis perlindungan hukum
4.2.4 Menerapkan prose penegakan hukum
4.2.5 Menerapkan pentingya perlindungan dan penegakan hukum
4.2.6 Menunjukkan factor-faktor penegakan hukum
4.2.7 Menerapkan peran dan wewenang lembaga penegakan hukum di Indonesia
4.2.8 Menyalin pengertian pelanggaran hukum
4.2.9 Menunjukkan contoh perilaku yang bertentangan dengan hukum di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat serta bangsa dan Negara
4.2.10 Menerapkan sanksi pelanggaran hukum dan partisipasi masyarakat dalam perlindungan dan penegakan hukum

Post a Comment for "CONTOH PTK PKN SMK PROBLEM BASED LEARNING KELAS XII"