Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PTK PKN SMK MATERI NILAI PANCASILA KURIKULUM 2013

CONTOH PTK PKN SMK MATERI NILAI PANCASILA KURIKULUM 2013-Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan berpikir kritis siswa kelas XII SMK Negeri tahun pelajaran 2016/2017 melalui model pembelajaran mind mapping. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi partisipan dan tes tertulis judul ptk pkn.

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PENANGANAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR SISTEM KARTU KENDALI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS X OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN(OTKP) SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 SMK NEGERI 

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA DIKLAT PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA KELAS X AKUNTANSI SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SMK NEGERI 

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI METODE INQUIRY PADA KELAS XI SMKN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN KELAS XII SMKN 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan berpikir kritis siswa. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan tes tertulis yang dilakukan pada pertemuan kedua di setiap siklusnya. Pada saat pra siklus, ketuntasan siswa hanya 34%, setelah dilaksanakan siklus I dengan model pembelajaran mind mapping persentase ketuntasan berpikir kritis siswa sebesar 63% kemudian pada tindakan siklus II, ketuntasan berpikir kritis mencapai 91% jurnal ptk pkn smk.
Model pembelajaran mind mapping juga dapat meningkatkan indikator berpikir kritis siswa kelas XII SMK Negeri Tahun Pelajaran 2016/2017. Indikator berpikir kritis siswa terdiri dari menginterprestasikan, menganalisis dan mengevaluasi. Pada siklus I indikator berpikir kritis siswa memperoleh skor akhir 67%, artinya indikator berpikir kritis siswa berada pada kriteria baik. Pada siklus II skor akhir indikator berpikir kritis siswa mencapai 90% sehingga berada pada kriteria sangat baik contoh ptk smk.
Kata Kunci   :   Metode Pembelajaran Mind mapping, Berpikir kritis Siswa contoh judul ptk pkn smk kurikulum 2013

CONTOH LAPORAN PKP PKN SMK


Sekolah : SMK Negeri
Mata Pelajaran : PKN
Kompetensi Keahlian : Semua Kompetensi Keahlian
Materi Pokok : Nilai Pancasila terkait Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban
Kelas / Semester : XII / 1 ( Satu )
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit  ( 1 x 2 JP, 2 Pertemuan)

B. Kompetensi Dasar 
1.1 Menghargai perbedaan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam rangka penghormatan hak asasi manusia ptk pkn smk kelas 12 doc
1.2 Menjalankan perilaku orang beriman dalam praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian.
1.3 Menyikapi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan tetap memegang nilai-nilai ke Tuhan YME.
1.4 Mensyukuri persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahankan NKRI sebagai bentuk pengabdian penelitian tindakan kelas pkn smk kurikulum 2013

2.1 Bersikap responsif dan proaktif tehadap pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara contoh ptk lengkap
2.2 Berperilaku jujur dalam praktik perlindungan dan penegakan hukum di tengah masyarakat
2.3 Bertanggung jawab dalam menyikapi pengaruh kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika contoh judul ptk pkn smk
2.4 Bersikap proaktif dalam mengembangkan persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahankan NKRI contoh jurnal ptk smk

3.1 Menganalisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga Negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara 
4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila  terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga Negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


C. Indikator Pencapaian Kompetensi: 
1.1.1 Membaca do’a menurut kepercayaan masing-masing pada saat mulai pelajaran
1.1.2 Mengucapkan syukur Alhamdulillah setelah belajar
1.1.3 Memiliki rasa toleran antarumat beragam
1.2.1 Mematuhi peraturan-peraturan yang ada dalam masyarakat
1.2.2 Menunjukkan kesadaran dalam berkonstitusi berdasarkan
1.3.1 Memilih informasi yang didapatkan dari internet yang sesuai dengan materi pembelajaran
1.4.1 Memiliki rasa kepedulian terhadap kelangsungan hidup bangsa dan Negara
1.4.2 Melaksanakan diskusi dengan penuh tanggung jawab
2.1.1 Menyelesaikan tugas secara disiplin
2.2.1 Mengelola tugas-tugas kelompok secara jujur ptk penelitian tindakan kelas smk
2.3.1 Mematuhi tugas-tugas individu dan kelompok secara bertanggung jawab
2.4.1 Mempresentasikan tugas kelompok dan individu secara kreatif

3.1.1 Menguraikan nilai-nilai Pancasila
3.1.2 Menjelaskan pengertian hak dan kewajiban warga Negara
3.1.3 Menyebutkan jenis-jenis hak dan kewajiban warga negara RI sesuai dengan UUD 1945
3.1.4 Menyebutkan faktor-faktor penyebab pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga Negara
3.1.5 Menguraikan usaha pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi berbagai  kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban  warga Negara
3.1.6 Menulis lembaga-lembaga negara yang mempunyai fungsi utama untuk menegakkan hukum dalam upaya pencegahan kasus pelanggaran hak warga Negara
3.1.7 Menerangkan contoh sikap dan perilaku warga negara yang mencerminkan penegakan hak warga negara

4.1.1 Menunjukkan nilai-nilai Pancasila sila pertama sampai dengan sila kelima
4.1.2 Menyalin pengertian hak dan kewajiban warga Negara
4.1.3 Menunjukkan jenis-jenis hak dan kewajiban warga negara sesuai dengan UUD 1945
4.1.4 Menentukan faktor-faktor penyebab pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga Negara
4.1.5 Mematuhi upaya pencegahan yang dilakukan untuk mengatasi berbagai kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warag Negara
4.1.6 Mematuhi lembaga-lembaga negara yang mempunyai fungsi utama untuk menegakkan hukum dalam upaya pencegahan kasus pelanggaran hak warga Negara
4.1.7 Menerapkan contoh sikap dan perilaku warga negara yang mencerminkan penegakan hak warga negara

Post a Comment for "CONTOH PTK PKN SMK MATERI NILAI PANCASILA KURIKULUM 2013"