CONTOH PTK TEMATIK SD PKN KELAS VI SEMESTER 1
CONTOH PTK TEMATIK SD PKN KELAS VI SEMESTER 1-Penelitian ini berjudul ”Penggunaan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Keberagaman ekonomi Pada Mata Pelajaran PKN di Kelas VI SD Negeri” ptk pkn sd kelas 6 doc. Yang menjadi fokus kajian dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah penggunaan metode sosiodrama akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn kompetensi dasar ”Keberagaman ekonomi”? (2) Apakah penggunaan metode sosiodrama akan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar PKn kompetensi dasar ”Keberagaman ekonomi” ptk sd kelas 6 tematik?
Berangkat dari rumusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis seberapa besar dampak penggunaan metode sosiodrama dalam pembelajaran PKn kompetensi dasar ”Keberagaman ekonomi” terhadap peningkatan hasil belajar siswa. (2) Untuk menganalisis seberapa besar dampak penggunaan metode sosiodrama terhadap keaktifan siswa dalam belajar PKn materi ”Keberagaman ekonomi” ptk kelas 6 document.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI TEMA DIRIKU DI KELAS 1 SD TAHUN PELAJARAN 2016/2017
PEMBELAJARAN PAI MENGGUNAKAN COOPERATIVE TEACHING AND LEARNING METHODE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM BERSUCI DARI HADAS KECIL DI KELAS IV SD TAHUN PELAJARAN 2018/2019
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA BERMAIN DI LINGKUNGAN KU SUB TEMA 1 BERMAIN DI LINGKUNGAN RUMAH PEMBELAJARAN 6 KELAS II B SDN DENGAN METODE BERMAIN PERAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
IMPLEMENTASI PENGGUNAAN AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG DOA SEBELUM DAN SESUDAH WUDHU PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS V SDN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI TEMA DIRIKU DI KELAS 1 SD TAHUN PELAJARAN 2016/2017
PEMBELAJARAN PAI MENGGUNAKAN COOPERATIVE TEACHING AND LEARNING METHODE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM BERSUCI DARI HADAS KECIL DI KELAS IV SD TAHUN PELAJARAN 2018/2019
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA BERMAIN DI LINGKUNGAN KU SUB TEMA 1 BERMAIN DI LINGKUNGAN RUMAH PEMBELAJARAN 6 KELAS II B SDN DENGAN METODE BERMAIN PERAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
IMPLEMENTASI PENGGUNAAN AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG DOA SEBELUM DAN SESUDAH WUDHU PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS V SDN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Sumber data berasal dari siswa kelas VI SD Negeri yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data melalui hasil tes formatif yang dilakukan. Secara garis besar penelitian ini dilakukan melalui empat tahapan dalam proses pengkajian berdaur (PTK) yaitu meliputi : perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif, selanjutnya dikonsultasikan dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui tuntas dan tidaknya belajar contoh judul ptk pkn sd.
Berdasarkan hasil tes formatif dari siklus pertama dan kedua didapatkan ketuntasan belajar siswa yang meningkat. Dari siklus awal hanya ada 9 siswa dari 32 siswa atau 28,13% yang tuntas dengan rata-rata kelas 66,71 dan tidak terlihat keaktifan siswa, kemudian meningkat pada siklus pertama menjadi 21 siswa dari 32 siswa atau 65,63% dinyatakan tuntas dengan rata-rata kelas 73,13 dan keaktifan siswa mencapai 71,87%, dan pada siklus kedua mencapai ketuntasan 100% yaitu ada 32 siswa yang tuntas dari 32 siswa dengan rata-rata kelas 81,11 dan keaktifan siswa mencapai 100% ptk sd kelas 6 tematik doc ptk pkn sd kurikulum 2013.
Berdasarkan hasil analisis data dapat diperoleh kesimpulan dari pengkajian ini, meliputi Penggunaan metode sosiodrama dalam pembelajaran PKn materi ”Keberagaman ekonomi” mampu meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas VI SD Negeri.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Hasil Belajar, Sosiodrama contoh judul ptk sd kurikulum 2013.
Satuan Pendidikan : SD Negeri
Kelas / Semester : VI (Enam) / 1
Tema 4 : Globalisasi
Sub Tema 1 : Globalisasi Di Sekitarku
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan ptk pkn jadi.
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya ptk pkn kelas 1 sd
2.2 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia ptk pkn sd doc
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energy listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2.1 Menjelaskan energy listrik dan perubahannya menggunakan kosakata baku dan bahasa yang runtut
4.2 Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energy listrik dan perubahannya, serta tata surya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2.1 Menceritakan tentang energy listrik dan perubahannya contoh ptk doc.
DOWNLOAD JUDUL PTK PKn TERBARU
IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya proposal ptk sd kelas 6.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energy listrik, transmisi energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari
3.1.1 Mengidentifikasi konversi energi listrik pada berbagai peralatan elektronik yang terdapat di sekitar siswa
4.3 Membuat laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
4.3.1 Menulis laporan tentang konversi energi listrik pada berbagai peralatan elektronik yang terdapat di lingkungan sekitar download ptk sd lengkap
PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.4 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (langkah, serangan, dan belaan dengan tangan dan kaki) olahraga beladiri.
3.4.1 Menyebutkan keterampilan dasar langkah dalam olahraga beladiri silat
4.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (langkah, serangan, dan belaan dengan tangan dan kaki) olahraga beladiri.
4.4.1 Mempraktikkan keterampilan dasar langkah dalam olahraga beladiri silat judul pkp kelas 6
Post a Comment for "CONTOH PTK TEMATIK SD PKN KELAS VI SEMESTER 1"