Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK PENJAS SD KELAS VI LENGKAP KURIKULUM 2013

PTK PENJAS SD KELAS VI LENGKAP KURIKULUM 2013-Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar tolak peluru pada siswa kelas VI SD N, Kecamatan, Kabupaten  Tahun 2012/2013. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran melalui permainan bola tolak berekor yang digunakan sebagai alat bantu guru untuk meningkatkan hasil belajar tolak peluru pada siswa kelas VI SD N  Kecamatan  Kabupaten  Tahun 2012/2013 contoh ptk penjaskes sd kelas 6.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan metode penelitian deskriptif kualitatif yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas  ptk penjas kurikulum 2013 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi untuk memperoleh data siswa kelas VI, wawancara dan observasi (pengamatan) untuk memperoleh data keterampilan siswa yang meliputi aspek psikomotor dan aspek afektif siswa, dan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan pemahaman (kognitif) siswa terhadap permainan bola tolak berekor ptk legkap kurikulum 2013.
Hasil pengamatan setiap aspek yang diteliti, yaitu aspek keterampilan gerak siswa (psikomotor), aspek sikap dan perilaku siswa (afektif), dan aspek pemahaman siswa (kognitif) semuanya mengalami peningkatan hasil belajar, baik dari persentase ketuntasan hasil belajar maupun rata-rata kelas contoh ptk penjas terbaru. Hanya saja pada persentase ptk sd kelas 1-6 ketuntasan afektif yang tidak mengalami peningkatan, namun hasil persentase ketuntasan siklus I saja sudah memenuhi kriteria keberhasilan sangat baik ptk kurtilas penjas sd. Pada rata-rata skor akhir hasil analisis unjuk kerja siswa dari keseluruhan aspek juga mengalami peningkatan, pada siklus I rata-rata skor akhir mencapai 72,7 yang memenuhi kriteria baik tetapi belum memenuhi indikator ketuntasan hasil belajar 75, dan siklus II mencapai 82,5 penelitian tindakan kelas sd dengan kriteria baik. Sedangkan dari hasil analisis, persentase ketuntasan siklus I adalah 43,3% dengan kriteria keberhasilan sedang dan belum memenuhi indikator persentase ketuntasan hasil belajar 75%, meningkat menjadi 90% dengan kriteria keberhasilan sangat tinggi pada siklus II penjas SD lengkap doc.

Berdasarkan hasil penelitian diatas, terbukti bahwa permainan bola tolak berekor dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru. Oleh karena itu guru penjas orkes peneliti sarankan untuk menggunakan permainan bola tolak berekor sebagai alternatif pembelajaran tolak peluru di sekolah dasar.

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU MELALUI PERMAINAN BOLA TOLAK BEREKOR PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI  KECAMATAN KABUPATEN TAHUN 2012/2013
Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991 

Contoh Ptk Penjas SD 

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Mewujudkan tujuan pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dalam pelaksanaanya tidak selalu berjalan sesuai harapan karena dalam pelaksanaanya pastilah ada suatu masalah yang menghambatnya. Berdasarkan survey peneliti menemukan permasalahan dalam pembelajaran tolak peluru yang berakibat pada hasil belajar tolak peluru siswa yang tidak maksimal. Nilai rata-rata hasil penilaian tolak peluru siswa adalah 69 yang masuk dalam kriteria cukup standar ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 75 dan hanya 12 siswa atau 3 6,7% yang memenuhi standar ketuntasan hasil belajar siswa. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar tolak peluru yang kurang maksimal ptk penjaskes sd sepak bola.
Masalah penyebab kurangnya hasil belajar siswa yang dapat peneliti tangkap adalah belum adanya peran aktif siswa secara keseluruhan dalam pembelajaran kaitannya dengan karakteristik anak usia sekolah dasar, sehingga tujuan pendidikan untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan fisik, mental, intelektual maupun sosial belum tercapai secara maksimal. Pembelajaran tolak peluru yang menggunakan peluru besi dapat menyulitkan siswa, apalagi jumlah peluru yang terbatas sehingga siswa harus bergantian dalam menggunakanya. Secara otomatis siswa yang lain hanya duduk diam menunggu giliran untuk praktek menggunakan peluru tersebut ptk penjas bola voli.
Anak-anak usia sekolah dasar merupakan masa dimana mereka mempunyai frekuensi kegiatan yang sangat tinggi, sungguh sulit bagi mereka untuk duduk dan diam. Mereka selalu bergerak, lari kesana kemari, lompat-lompat, memanjat terus lompat turun dan terus lari lagi. Ini semua adalah dorongan atau naluri dari dalam anak itu sendiri yang tidak dapat ditekan-tekan lagi.
Minat adalah salah satu faktor dasar yang penting dalam pendidikan penjasorkes, tanpa adanya minat yang baik dari peserta didik maka akan berpengaruh pada proses pembelajaran. Anak usia sekolah dasar cenderung memilih cabang olahraga tertentu yang disenanginya seperti sepak bola bagi anak laki-laki dan kasti bagi anak perempuan, dalam pembahasan ini khususnya minat terhadap pembelajaran tolak peluru sangatlah kurang. Dari paradigma siswa yang menganggap sepakbola dan kasti merupakan permainan yang paling menyenangkan bagi mereka sehingga mereka merasa enggan dan tidak bersungguh-sungguh dalam proses pembelajaran lain, dengan kata lain ada unsur keterpaksaan dalam mengikuti pembelajaran selain kedua permainan tersebut judul ptk penjas sd tolak peluru.

PTK Penjas SD Kenaikan Pangkat

BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
2.1.1 Pengertian PTK
Penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) merupakan sebuah prosedur metodologis untuk memecahkan suatu masalah, terutama masalah-masalah yang berkaitan dengan persoalan pembelajaran pendidikan jasmani dan kepelatihan olahraga yang dilakukan dalam situasi riil (natural setting) ( Agus Kristiyanto. 2010 : 1) Contoh PTK Kenaikan Pangkat Penjaskes SD.
Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian ilmiah yang sistematis dalam pelaksanaannya untuk memecahkan suatu masalah dan pelaksanaannya dalam keadaan yang sesungguhnya tanpa ada rekayasa dalam proses pelaksanaan maupun hasil dari pelaksanaan tersebut.
2.1.2 Karakteristik PTK dalam Pendidikan Jasmani dan Kepelatihan Olahraga
2.1.2.1 PTK merupakan Penelitian Praktis
Menurut Agus Kristiyanto (2010 : 35): ”PTK Merupakan penelitian praktis (practical inquiry) yang bertujuan untuk memperbaiki situasi praktis”. Situasi praktis merupakan situasi nyata yang terjadi dalam proses pembelajaran dan perbaikan dilakukan dalam setting alami dan riil terjadi di lapangan PTK untuk Kenaikan Pangkat.
2.1.2.2 PTK Merupakan Penelitian Kolaborasi
Karakteristik yang kedua adalah bahwa PTK pendidikan jasmani dan kepelatihan olahraga itu suatu penelitian kolaborasi. Sehebat apapun seorang guru penjas atau pelatih olahraga, maka ketika melakukan PTK harus berkolaborasi dengan pihak lain. Pihak yang berkolaborasi adalah pihak-pihak yang secara riil menjadi komponen inti sesuai masalah dalam praktek pembelajaran atau kepelatihan olahraga yang diteliti download ptk penjas kenaikan pangkat.

Contoh PTK Penjas Lengkap Kurikulum 2013

BAB III
METODE PENELITIAN

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan data pengamatan langsung terhadap jalannya proses pembelajaran di kelas. Dari data tersebut kemudian dianalisis melalui beberapa tahapan dalam siklus-siklus tindakan ptk kurikulum 2013.
3.1 Subyek Penelitian
Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VI SD Negeri .......... tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari `13 siswa laki-laki dan 17 perempuan.
3.2 Waktu Penelitian
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dimulai dari bulan Maret 2012 sampai Oktober 2012 ptk penjas kurtilas.
3.3 Tempat Penelitian
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri .......... Kecamatan .......... Kabupaten ...........
3.4 Fokus Penelitian
Fokus penelitian berupa penerapan permainan bola tolak berekor untuk meningkatkan hasil belajar tolak peluru gaya menyamping (ortodoks). ptk penjas lengkap doc
3.5 Prosedur Kerja Penelitian
Dalam penelitian tindakan kelas terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui, yaitu :
1) Perencanaan
2) Pelaksanaan
3) Pengamatan (Observasi)
4) Refleksi
Keempat tahap tersebut dilaksanakan beberapa siklus seperti yang dapat dilihat pada bagan dibawah ini.: download lengkap ptk penjas

PTK Penjaskes SD Kelas 1-6

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1 Hasil Penelitian
Dalam penelitian ini ada 3 aspek yang di teliti, yaitu :
(1) Aspek psikomotor berkaitan dengan ketrampilan gerak siswa PTK Penjasorkes SD Kelas 6
(2) Aspek afektif berkaitan dengan sikap dan perilaku siswa dalam pembelajaran
(3) Aspek kognitif berkaitan dengan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran
Rinciannya adalan sebagai berikut.
4.1.1 Siklus I
Setelah pembelajaran tolak peluru melalui permainan bola tolak berekor diterapkan dalam siklus I, diperoleh hasil sebagai berikut Contoh PTK Penjaskes SD.
4.1.1.1 Hasil Pengamatan Ketrampilan Unjuk Kerja Siswa ( Psikomotor )
Hasil pengamatan keterampilan psikomotor pada siklus I adalah sebagai berikut PTK Penjaskes SD Kelas 1-6:

DAFTAR PUSTAKA

Adang Suherman. 2000. Dasar penjaskes. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti. Agus Kristiyanto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Solo : UNS Press. Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Konsep PAIKEM. http://www.m-edukasi.web.id/2011/1 2/konsep-pembelajaran­paikem.html.
Nurlan Kusmaedi. 2005. Teori-Teori Perkembangan. FPOK UPI. Modul Pembelajaran Prodi PJKR. Tidak diterbitkan.
Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penenlitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya. Rumini. 2004. Model Pembelajaran Atletik Dan Metodik I Untuk PGPJSD. UNNES. Modul Pembelajaran Prodi PJKR. Tidak diterbitkan.
Slameto. 2010. Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta. Reneka Cipta.
Soemitro. 1992. Permainan Kecil. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
Sri Sunarsih, Et al. 2007. Penjasorkes Untuk SD Kelas VI. Semarang: Erlangga. Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta. Sukintaka. 1992. Teori Bermain untuk PGSD. Jakarta: Dikdasmen. Yoyo Bahagia dan A. Suherman. 2000. Prinsip-prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Jakarta: depdikbud, Dirjen Pendidikan dasar dan Menengah.
Zainal Aqib. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah: SD N : ..........
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : Vl (Enam)/ (Satu)
Standar Kompetesi : Mempraktikan berbagai gerak dasar kedalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : Mempraktikan gerak dasar dalam tehnik lari lempar dan lompat dengan peraturan yang dimodifikasi,serta nilai kerjasama,sportifitas,dan kejujuran* *)
Indikator : - Pengenalan tentang tolak peluru
- Melakukan latihan dasar tolak peluru
- Melakukan gerakan awalan, tolakan,sikap akhir
Alokasi waktu : 4 x 35 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa memahami sejarah,peraturan serta mengenal alat tolak peluru dengan baik
b. Siswa dapat melakukan cara memegang peluru peluru dengan baik
c. Siswa dapat melakukan cara menyimpan peluru dibelakang telinga dengan baik
d. Siswa melakukan gerakan awalan, tolakan dan sikap akhir dengan baik
B. Materi Pembelajaran
Tolak peluru
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan: Berbaris, doa, presensi dan pemanasan
Inti:
1. penjelasan pengertian dan sejarah tolak peluru
2. mengenal lapangan dan alat tolak peluru
3. melakukan tehnik memegang tolak peluru yang benar
4. melakukan rangkaian gerakan tolak peluru dengan tehnik yang benar
5. guru melakukan penilaian dari gerakan awalan,tolakan dan sikap akhir
Penutup: Pendinginan, evaluasi proses pembelajaran, memotivasi ,berbaris, doa dan pasukan dibubarkan
E. Sumber Belajar
Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 12-15 Buku referensi tolak peluru
F. Penilaian
1. Aspek yang di nilai :
a. Test unjuk kerja(psikomotor)
melakukan gerakan awalan, tolakan dan sikap akhir dalam tolak peluru melalui permainan bola tolak berekor
b. Afektif
Penilaian tehadap sikap dan perilaku dalam pembelajaran dan kehadiran siswa
2. Rubrik penilaian
Rubrik penilaian unjuk kerja teknik dasar tolak peluru dalam permainan bola tolak berekor (psikomotor)

2 comments for "PTK PENJAS SD KELAS VI LENGKAP KURIKULUM 2013"