Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

DOWNLOAD CONTOH PTK PENJAS SD KELAS IV BOLA VOLI

DOWNLOAD CONTOH PTK PENJAS SD KELAS IV BOLA VOLI-Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang kurang tepat serta sarana yang kurang memadai dalam proses pembelajaran bola voli sehingga hasil belajar siswa tidak optimal. Rumusan masalah tersebut bagaimana peningkatan hasil belajar passing bola voli melalui pendekatan bermian beregu pada siswa kelas IV SDI tahun pelajaran 2015/2016. ptk penjaskes sd kelas 1-6 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bola voli melalui pendekatan bermain beregu untuk meningkatkan kualitas hasil belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan hasil tes unjuk kerja , sikap siswa serta perilaku siswa yang lebih baik.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Objek penelitian melalui pendekatan bermain beregu sedangkan subjeknya adalah siswa kelas IV SDI Pengambilan data dalam penelitian ini dirancang dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2.  ptk penjaskes sd pdf Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data diperoleh dari hasil tes unjuk kerja yang ditampilkan siswa pada saat pelaksanaan tes.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 dan siklus 2, baik dari peningkatan nilai rata-rata pembelajaran passing bola voli maupun nilai ketuntasan hasil belajar. Nilai rata-rata siklus 1 (75,33%) dan rata-rata siklus 2 (81,19%), sehingga peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 5,86%.  ptk penjas sd doc Peningkatan kemampuan gerak pada pembelajaran bola voli passing bola voli dapat dilihat dari nilai KKM (75,00) atau tuntas sebesar 83,33% setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 nilai belajar siswa yang tuntas sebanyak 21 dari 34 siswa (62,50%) dan pada siklus 2 yang tuntas sebanyak 28 dari 34 siswa keseluruhan atau tuntas sebesar 83,33%. ptk penjaskes sd tentang atletik

Kesimpulan peneliti ini adalah menunjukkan bahwa meningkatakan hasil belajar passing bola voli melalui pendekatan bermain beregu pada siswa kelas IV SDI  tahun Pelajaran 2015/2016 termasuk kategori baik.  ptk penjaskes sd tentang atletik doc Saran penelitian ini untuk guru-guru penjas di kecamatan Sarudu memenuhi permasalahan yang sama bisa menggunakan metode ini sebagai alternatif buat pembelajaran bola voli.

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN BEREGU PADA  SISWA KELAS IV SDI  TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991
DOWNLOAD PTK 

PTK Penjaskes untuk Kenaikan Pangkat SD Terbaru

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Pelaksanaan pendidikan jasmani dan olahraga merupakan sebuah investasi jangka panjang dalam upaya peningkatan mutu sumber daya manusia Indonesia, hasil yang diharapkan itu akan dapat di capai dalam waktu cukup lama. Oleh karena itu, pendidikan jasmani dan olahraga terus ditingkatkan dan dilakukan dengan kesabaran dan keikhlasan. Pendidikan jasmani dan olahraga merupakan salah satu jenis mata pelajaran yang diberikan pada siswa dasar. Tujuan pendidikan jasmani dan olahraga di sekolah sebagai berikut. ptk penjaskes sd sepak bola

Membantu siswa untuk meningkatkan kesegaran jasmani dan kesehatannya melalui pengenalan dan penanaman sikap positip, serta kemampuan gerak siswa dan berbagai aktivitas jasmani agar dapat :
1. Tercapainya pertumbuhan dan perkembangan jasmani khususnya tinggi dan berat badan secara harmonis.
2. Terbentuknya sikap dan perilaku seperti; displin, kejujuran, kerjasama serta mengikuti peraturan dan ketentuan yang berlaku.
3. Menyenangi aktivitas jasmani yang dapat di pakai untuk mengisi waktu luang serta kebiasaan hidup sehat.
4. Tersalurnya hasrat untuk bergerak dan tercapainya gerakan yang benar.
5. Meningkatkan kesehatan, kesegaran jasmani, dan ketrampilan gerak dasar. ptk pjok sd doc

Berdasarkan tujuan pendidikan tersebut, terlihat bahwa bagi peserta didik untuk tingkat sekolah dasar, penekannya adalah penguasaan gerak-gerak dasar yang dimiliki oleh manusia, seperti penguasaan tubuh, koordinansi dan lain sebagainya. Hal ini tentu diperlukan suatu tindakan yang mendukung terciptanya pembelajaran yang kondusif. ptk penjas bola voli

Permainan menjadi ciri khas dan bagian integral dari kebutuhan hidup manusia, sebab dalam permainan terkandung unsur-unsur gerak yang sangat berperan dalam meningkatkan ketrampilan dasar siswa, sehingga apabila permainan yang dilakukan oleh siswa itu terarah dan dilakukan dengan mengikuti prinsip-prinsip latihan maka diperkirakan akan member perubahan yang positif terhadap perkembangan kemampuan gerak dasar siswa. Salah satu ciri permainan yang disenangi oleh peserta didik pada usia sekolah dasar adalah permainan yang beregu yang beraneka ragam. Dari jumlah jenis permainan beregu salah satu yang sangat digemari peserta didik usia sekolah dasar adalah permainan bola besar yaitu permainan bola voli, permainan sepakbola, permainan bola basket.

Contoh Ptk Penjas Sd

BAB II
KAJIAN PUSTAKA


2.1 Pendidikan Jasmani
2.1.1 Pengertian Pendidikan Jasmani
Pendidikan jasmani merupakan pendidikan yang dilakukan melalui aktivitas fisik sebagai media utama untuk mencapai tujuan. Pendidikan jasmani merupakan bagian yang integral dari sistem pendidikan secara keseluruhan, pendidikan jasmani merupakan upaya agar dapat mengaktualisasikan seluruh potensi manusia dalam aktivitasnya berupa sikap, tindakan dan karya yang di beri berbentuk isi, dan arah menuju kebulatan pribadi sesuai dengan cita-cita kemanusiaan.
Selain itu pendidikan jasmani dapat juga diartikan pendidikan melalui aktivitas jasmani, permainan atau olahraga yang terpilih untuk mencapai tujuan pendidikan. Pendidikan jasmani pada dasarnya merupakan pendidikan melalui aktivitas jasmani untuk mencapai perkembangan individu secara menyeluruh. download ptk penjaskes sd lengkap
Menurut Toto Subroto (2007:1.15) bahwa “Pendidikan Jasmani adalah proses pendidikan melaui aktivitas jasmani, permainan dan atau cabang olahraga yang terpilih dengan maksud untuk mencapai tujuan pendidikan.” Tujuan yang ingin dicapai bersifat menyeluruh, mencangkup aspek fisikal, tujuan utama pendidikan jasmani adalah untuk memperkaya perbendaharaan gerak dasar anak, sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangannya. 
2.1.2 Pembelaj aran Pendidikan Jasmani
Peran Pendidikan Jasmani adalah sangat penting, yakni memberikan kesempatan pada siswa untuk terlibat langsung dalam aneka pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani, bermain, dan aktivitas olahraga yang dilakukan secara sistematis. Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina, sekaligus membentuk gaya hidup sehat dan aktif sepanjang hayat. Pendidikan Jasmani merupakan media untuk mendorong perkembangan ketrampilan motorik, kemampuan fisik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap – mental – emosional – spiritual – dan sosial), serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan individu yang seimbang. ptk penjaskes sd pdf

Ptk Penjaskes Sd Tentang Atletik Doc

BAB III
METODE PENELITIAN


3.1 Subjek Penelitian
Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas IV SDI Sarudu III Kecamatan Sarudu, Kabupaten Mamuju Utara tahun pelajaran 2015/2016 dijadikan subjek penelitian. Jumlah subjek dalam penelitian yaitu 34 anak. Secara umum bila ditinjau dari social budaya dan ekonomi masyarakat peserta didik tergolong cukup perhatiannya terhadap pendidikan dan ini salah satu pendorong terhadap peningkatan kualitas pendidikan SDI Sarudu III Kecamatan Sarudu.
3.2 Obyek Penelitian
Obyek penelitian ini adalah penggunaan metode pendekatan bermain regu untuk meningkatkan hasil belajar passing bola voli pada siswa kelas IV SDI Sarudu III, Kecamatan Sarudu, Kabupaten Mamuju Utara tahun pelajaran 2015/2016. ptk penjas atletik sma
3.3 Waktu Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di SDI Sarudu III Kecamatan Sarudu Kabupaten Mamuju Utara pada bulan April tahun 2016.
3.4 Lokasi Penelitian
Penelitian ini dilakukan di SDI Sarudu III yang berada di Karangasem selatan Kecamatan Sarudu Kabupaten Mamuju Utara Propinsi Jawa Tengah.
3.5 Teknik Pengumpulan Data
Data yang diperlukan dalam penelitian tindakan kelas berupa catatan hasil pengamatan. Untuk mengumpulkan semua data yang diperlukan melalui tes unjuk kerja siswa. Sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan penelitian sebagai berikut :
a. Tes Praktik : dipergunakan untuk mendapat data dari unjuk kerja siswa pada proses pembelajaran bola voli.
b. Lembar Observasi : dipergunakan sebagai teknik untuk mengumpulkan data tentang aktivitas siswa dan guru selama kegiatan pembelajaran penerapan model variasi passing untuk meningkatkan hasil pembelajaran bola voli pada siswa kelas IV SDI ptk penjaskes sd sepak bola
c. Evaluasi : Pengumpulan dengan berbagai cara evaluasi agar penulis mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam menguasai lompat tinggi yang disesuaikan fakta yang ada dalam proses pembelajaran dilapangan.

CONTOH LENGKAP PTK PENJAS SD KELAS IV

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN


4.1 Hasil Penelitian
Penelitian Tindakan Kelas dalam pendidikan jasmani dengan pendekatan bermain beregu mengutamakan pada peningkatan kemampuan hasil belajar siswa setelah adanya tindakan. Pembelajaran bola voli ini, secara umum terdiri dari : pendahuluan meliputi membariskan siswa, berdo’a, presensi, penyampaian materi dan memimpin pemanasan. Berikutnya adalah kegiatan inti yaitu teknik dasar bola voli. Terakhir adalah kegiatan penutup yang terdiri dari membariskan siswa, evaluasi pembelajaran dilanjutkan berdo’a, kemudian siswa dibubarkan. ptk penjaskes lari jarak pendek
Penyampaian materi bola voli melalui pendekatan bermain beregu dengan cara menjelaskan materi kepada siswa dan dengan memberikan contoh, serta memberikan tugas sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Koreksi kesalahan siswa dilaksanakan sebagai observer dimana data yang diperoleh digunakan sebagai evaluasi kegiatan belajar mengajar.
4.1.1 Deskripsi Data Kondisi Awal Hasil Belajar Bola Voli.
Observasi dan tes awal dilakukan peneliti untuk mengetahui data awal mengenai hasil belajar bola voli pada siswa kelas IV SDI Sarudu III, Kecamatan Sarudu Kabupaten Mamuju Utara Tahun Pelajaran 2015/2016. Data tersebut untuk membantu peneliti mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar passing bola voli dari kondisi awal, siklus 1 hingga pada siklus 2. Berikut data awal yang dari hasil belajar bola voli pada siswa kelas IV SDI Sarudu III, Kecamatan Sarudu Kabupaten Mamuju Utara Tahun Pelajaran 2015/2016.

DAFTAR PUSTAKA


Eko Tarono. 2012. PTK Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Pendekatan Bermain 5 kali Sentuhan. ...... : UNNES
Machfud Irsyada. 2000. Bola Voli, Depdikbud Dirjen Pedidikan Dasar dan Menengah. Jakarta
Soetoto Ponntjopoetro,et al. 2007. Permaianan Anak tradisional dan Aktivitas Ritmik ; 1 – 9 ; PPDO2305/3 SKS/Soetoto P, dkk, Cet. 15 Jakarta : Universitas Terbuka
Subroto, Toto. 2007. Materi strategi pembelajaran penjas; 1-9; PORA2206/3 SKS/Toto Suibroto. Cet. 1 Jakarta: Universitas Terbuka
Subroto, Toto. 2007 Materi azas dan falsafah penjas 1-9; PORA2205/3 SKS/Toto Suibroto. Cet. 2 Jakarta: Universitas Terbuka
Subroto, Toto. 2008. Materi permainan besar; 1-12; PORA2408/4 SKS/Subroto, Sukatamsi. Cet. 2 Jakarta: Universitas Terbuka
Syaiful Bahri Djamarah. 2010. Strategi belajar mengajar / Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zain. Cet. 4 Jakarta : Rineka Cipta
Tim Abdi Guru. 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan; Kelas 6 Semarang: Erlangga
Tim Penyusun. 2016. Permainan Bola Voli; Cet. 1 Surabaya: Graha Pustaka Media Utama

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP ) Siklus 2
Sekolah : SDI Sarudu III
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : 4 [ Empat ] / 2 [ dua ]
Pertemuan ke : 1 / Pra Siklus
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi : 6. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 6.2 Mempraktikkan gerak dasar berbagai gerakan yang bervariasi dalam permainan bola besar beregu dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama regu, sportivitas, dan kejujuran**)
A. Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat melakukan dan memahami permainan bola voli
Siswa dapat melakukan bermain bola voli serta dapat melakukan kerjasama dengan menjungjung tinggi sportivitas.
Siswa dapat memahami strategi dalam bermain bola voli
Karakter siswa yang diharapkan 
: Motivasi , Tanggung jawab, Kerja sama, Sportifitas, kejujuran
B. Materi Ajar (Materi Pokok):
Permainan bola besar / bola voli
C. Metode Pembelajaran:
Ceramah
Demonstrasi
Praktek
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal:
Siswa dibariskan menjadi empat barisan
Mengecek kehadiran siswa
Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Mengembangkan kerjasama tim dalam permainan bola voli
Melakukan bermain volley fun games tetapi daerah servis dimajukan dari gari belakang
Melakukan bermain secara beregu
Mematuhi peraturan permainan dan kerjasama regu serta menjungjung tinggi sportifitas.
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.

Post a Comment for "DOWNLOAD CONTOH PTK PENJAS SD KELAS IV BOLA VOLI"