Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

JUDUL PTS PEMBINAAN PROFESIONAL PENGEMBANGAN SILABUS DAN RPP

JUDUL PTS PEMBINAAN PROFESIONAL PENGEMBANGAN SILABUS DAN RPP-Penelitian tentang peningkatan kemampuan guru dalam pengembangan ptk dan pts lengkap silabus dan RPP melalui pola pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif di SMAN pada semester 2 tahun pelajaran 2016/2017.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dengan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 8 guru dengan penjelasan 6 guru kelas, 1 guru PAI dan 1 guru Penjaskes di SMAN Kabupaten Semester 2  Tahun Pelajaran 2016/2017 Contoh Judul-Judul Penelitian Tindakan Sekolah (PTS).

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU PENGELOLAAN ADMINISTRASI KELAS MELALUI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DI SDN KECAMATAN KARANGPUCUNG KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014

PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI KEGIATAN SUPERVISI KLINIS PADA SEKOLAH DASAR NEGERI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN PBM  MELALUI KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF  DI SDN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN PBM  MELALUI PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF  DI SMPN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kegiatan observasi dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangaluasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan guru  dalam pengembangan silabus dan perencanaan pelaksanaan pembelajaran meningkat yakni dari nilai rata-rata dari 49,59 dengan kriteria nilai kurang pada kondisi awal,  menjadi 69,98 kriteria nilai cukup pada siklus pertama dan  menjadi 89,47 kriteria nilai sangat baik pada siklus kedua. Kesimpulannya adalah pola pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif terbukti dapat meningkatkan  kemampuan guru dalam pengembangan silabus dan RPP di SMAN pada semester 2 tahun pelajaran 2016/2017 Contoh Judul PTS Pengawas dan Kepala Sekolah.

Kata Kunci : pembinaan, kooperatif, kemampuan, silabus, RPP

DOWNLOAD PTS

A. Simpulan
Hasil analisis data yang diperoleh dari hasil pengamatan terhadap peserta pembinaan dan kelompok telah menunjukkan bahwa kualifikasi pelaksanaan pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif terhadap guru-guru di SMAN .............  semester 2 tahun pelajaran 2016/2017 dalam pengembangan silabus dan RPP.  Hari hasil analisis tersebut, maka peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut :
1. Aktivitas peserta dalam pembinaan profesional guru di SMAN .............  semester 2 tahun pelajaran 2016/2017  juga meningkat ditandai dengan keberanian peserta mengajukan pertanyaan dan mengemukakan permasalahan yang ada di sekolah dalam diskusi dari siklus I, dan siklus II  terus meningkat dan kerja sama antar peserta pembinaan dari siklus I dan II semakin baik. Aktivitas kelompok dalam pembinaan profesional guru di SMAN .............  semester 2 tahun pelajaran 2016/2017 juga meningkat ditandai dengan keberanian kelompok sering mengajukan pertanyaan dan penyampaian pendapat dan saran dalam diskusi, dan kerja sama antar peserta dalam kelompok meningkat Kumpulan Judul-Judul PTS.
2. Kompetensi guru  dalam pengembangan silabus dan perencanaan pelaksanaan pembelajaran meningkat yakni dari nilai rata-rata dari 49,59 dengan kriteria nilai kurang pada kondisi awal,  menjadi 69,98 kriteria nilai cukup pada siklus pertama dan  menjadi 89,47 kriteria nilai sangat baik pada siklus kedua
B. Saran
Sebagai kontribusi pemikiran untuk keberhasilan pelaksanaan pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif yang dilaksanakan oleh kepala sekolah di SMAN .............  semester 2 tahun pelajaran 2016/2017, maka perkenankan peneliti menyampaikan beberapa saran yang diajukan sebagai hasil penelitian ini diantaranya sebagai berikut :

CONTOH JUDUL PTS

1. Guru 
a. Hendaknya guru  membuat dan mengembangankan silabus dan RPP secara rutin dan dilengkapi lembar kerja, penilaian proses, strategi mengajar dan alat peraganya  judul PTS bagi pengawas sekolah. 
b. Apabila ada masalah atau kesulitan segeralah minta bantuan kepada teman guru, kepala sekolah, atau pengawas untuk memecahkannya, sehingga kualitas silabus dan RPP bisa lebih optimal. 
c. Kemampuan guru membuat dan mengembangankan silabus dan RPP akan terwujud bila guru ada kemauan untuk aktif dan kreatif.
2. Kepala Sekolah 
a. Pelaksanaan kegaitan pembinaan agar dilaksanakan secara terprogram dan kontinyu, yaitu dengan cara : (a) menyusun program dan perangkat pembinaan, mensosialisasikan program, melaksanakan pembinaan, menindaklanjuti hasil pembinaan. (b) melakukan hubungan dan komunikasi bersifat terbuka dan kekeluargaan antara kepala sekolah dengan guru dan warga sekolah, (c) meningkatkan kompetensi, keterampilan dan menambah wawasan kependidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi bagi dirinya, guru dan tenaga kependidikan lainnya di sekolah.
b. Harus dapat mecarikan solusinya terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembinaan, terutama faktor yang dapat menghambat kegiatan pembinaan akademik di sekolah.
c. Dapat meningkatkan pelaksanaan pembinaan akademik dan
menindaklanjuti hasilnya, sehingga guru-guru memperoleh manfaat secara nyata berupa peningkatan kualitas profesionalisme guru.
3. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Upaya untuk meningkatkan pelaksanaan pembinaan yang dilakukan oleh kepala sekolah perlu mendapat dukungan serius dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan :
a. Menyusun dan melaksanakan program peningkatan kompetensi guru melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan (Diklat), workshop, T OT, dan lain lain. Program yang telah dilaksanakan harus dievaluasi serta ditindaklanjuti sehingga kegiatan yang dilaksanakan tepat sasaran dan berhasil sesuai tujuan yang diharapkan.
b. Memberikan motivasi berupa penghargaan terhadap kinerja kepala sekolah dan guru berprestasi melalui kegiatan akreditasi sekolah dan penilaian kinerja.

Post a Comment for "JUDUL PTS PEMBINAAN PROFESIONAL PENGEMBANGAN SILABUS DAN RPP"