Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

DOWNLOAD CONTOH ABSTRAK PTK IPS SD FORMAT DOC

DOWNLOAD CONTOH ABSTRAK PTK IPS SD FORMAT DOC-Dibawah ini kami meyediakan contoh abstrak ptk ips. Banyak dari bapak atau ibu guru dalam menyusun penelitian tindakan kelas kesulitan dalam merangkai kata untuk sebuah abstrak. Besar harapannya bahwa bapak atau ibu guru SD yang akan membuat penelitian tindakan kelas dapat membuat sebuah abstrak ptk ips sd yang benar dan tepat. Abstrak ptk yang kami bagikan kali ini berformat doc. Sehingga mudah untuk disesuikan dengan kebutuhan bapak atau ibu guru.

Hal yang harus diperhatikan dalam melakukan penelitian tindakan kelas adalah dengan mengedepankan niat yang bulat, fokus dan konsisten. Namun demikian, hal yang  juga sangat penting untuk Anda kerjakan adalah menemukan referensi atau rujukan yang tepat sehingga dapat Anda jadikan pedoman untuk melakukan PTK. Pada kesempatan kali ini beberapa contoh penelitian tindakan kelas/PTK SD atau MI dengan mapel Ilmu pengetahuan Sosial dapat di download dalam format doc.

DOWNLOAD CONTOH PTK SD IPS KELAS 1 2 3 4 5 6

DOWNLOAD CONTOH PTK IPS SD KELAS 3 K13

DOWNLOAD CONTOH PTK IPS KELAS 6 TERBARU DOC

DOWNLOAD PTK SD KELAS 6 IPS LENGKAP

PTK SD PENDIDIKAN IPS KURIKULUM 2013

Dari berbagai tulisan kami, PTK IPS SD ternyata paling sedikit. Untuk itu,silahkan bagi Anda yang hendak membuat PTK IPS, silahkan untuk menyimak beberapa contoh abstrak penelitian tindakan kelas SD/MI matapelajaran IPS sebagai berikut. Berkas unduhan atau file download berformat doc.

Download Contoh Abstrak PTK IPS SD 

Download Katalog Judul PTK SD Klik Disini


  • Pembelajaran Melalui Metode Diskusi Dan Kerja Kelompok Sebagai Usaha untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD Tahun Pelajaran 2009/2010.
ABSTRAK PTK SD KELAS 5
Oleh : Drs. Sulardi
(Guru Kelas V SD Negeri 03 Karanglo)

Tujuan Penelitian ini adalah: “untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS konsep Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia pada siswa SD Negeri 03 Karanglo kelas V semester genap tahun pelajaran 2009/2010, dengan metode diskusi dan kerja kelompok”

Penelitian ini mengambil lokasi di SD Negeri 03 Karanglo Tawangmangu. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 3 Agustus 2009 sampai dengan tanggal 7 September  2009. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Karanglo Tawangmangu Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. 

Hasil penelitian: Diadakannya upaya perbaikan pembelajaran dengan siklus I dan siklus II  telah membawa perubahan yaitu meningkatnya prestasi belajar siswa. Adapun hasil yang dicapai adalah: Penguasaan materi IPS sebelum diadakan perbaikan sebesar  13,3 % atau  siswa; pada siklus I siswa yang menguasai materi adalah  53,3 % atau  8 siswa; dan pada siklus II siswa yang menguasai materi 100 % sebanyak  15 siswa. Dapat disimpulkan disini bahwa pada siklus II semua siswa telah tuntas  dalam pembelajaran IPS pada konsep Keanekaragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia.


  • Upaya Perbaikan Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan AKS (ACTIVE Knowledge Sharing) Pada Siswa Kelas IV Semester II Tahun Pelajaran 2010/ 2011.


ABSTRAK PTK SD KELAS 4
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya respon dari sekolah terhadap kondisi belum baiknya prestasi belajar siswa kelas IV dibidang IPS yang dilihat dari aspek nilai rata-rata kelas serta ketuntasan belajar siswa. Kondisi ini menuntut MI Manggung Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali untuk mengejar kualitas dalam rangka meningkatkan daya saing sekolah, melalui pengembangan strategi pembelajaran AKS.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pembelajaran IPS Kelas IV Semester II diperbaiki dengan pendekatan AKS, (2) Tingkat efektivitas proses pembelajaran IPS yang dilaksanakan dengan pendekatan AKS.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian dilakukan dengan dua siklus, yaitu siklus I dan II. Pelaksanaan penelitian adalah pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011, dengan teknik analisis kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran IPS yang selama ini dilaksanakan secara konfensional dapat diperbaiki dengan AKS. Perbaikan dalam AKS mencakup perbaikan motivasi belajar siswa, perbaikan kemandirian siswa dalam belajar, perbaikan keterlibatan siswa secara aktif dalam belajar, perbaikan pembentukan kerja sama dalam belajar, dan perbaikan susasana pembelajaran yang lebih menyenangkan. (2) Pembelajaran AKS terbukti efektif, yang terlihat dari tingginya aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, tidak adanya siswa yang memiliki prestasi rendah akibat terjadi transformasi pengetahuan dan pengalaman dari dua arah yaitu dari siswa kepada siswa dan dari guru kepada siswa, serta tingginya peningkatan prestasi belajar siswa.



Terima kasih telah berkunjung di blog Kami yang membahas Download Contoh abstrak ptk ips sd format doc. Semoga PTK IPS Sd/Mi ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + atau share Facebook dan Twetter Rekomendasikan ini di Google untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol  di bawah.  hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.

Post a Comment for "DOWNLOAD CONTOH ABSTRAK PTK IPS SD FORMAT DOC"