Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

DOWNLOAD CONTOH PTK IPS KELAS 6 TERBARU DOC

DOWNLOAD CONTOH PTK IPS KELAS 6 TERBARU DOC-Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil pembelajaran IPS dengan materi Globalisasi,. Dari  hasil  ulangan formatip menunjukan 32 orang siswa kelas VI hanya 35,8% (7 orang) siswa sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), selebihnya sebanyak 64,20% (24 orang) siswa belum mencapai KKM, sedangkan target KKM mata pelajaran IPS kelas VI di SDN  adalah 70. ptk ips sd kelas 6 lengkap

Upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satu pendekatan yang dianggap dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah Dengan belajar kelompok. Melalui pembelajaran dnegan berkelompok diharapkan siswa mampu memahami sepenuhnya pembelajaran yang dilaksanakan khususnya pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Siswa dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa meningkat. contoh ptk sd 

Masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan secara umum yaitu : Apakah Penggunaan pembelajaran berkelompok Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang dampak globalisasi?” Secara rinci masalah penelitian adalah: Bagaimanakah perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa dengan pembelajaran kelompok pada materi globalisasi?  ptk ips sd kelas 6 doc
Tujuan penelitian adalah untuk mengoptimalkan penerapan pembelajaran kelomok untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS tentang globalisasi di kelas VI SD  Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan melalui tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah 32 orang siswa kelas VI . Tindakan penelitian dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Untuk pengolahan data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. download ptk sd word

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata perencanaan pembelajaran 72%, pada siklus II 97%. Untuk pelaksanaan pembelajaran siklus I mencapai 78,25% dan pada siklus II 98,5%.  Aktifitas belajar siswa pada siklus I mencapai 73,45%, pada siklus II 89%. Nilai hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71,60%, pada siklus II mencapai 89,50%. Dengan demikian pembelajaran menggunakan belajar kelompok pada pembelajaran IPS dapat dikatakan berhasil. contoh ptk sd pdf

PENERAPAN METODE BELAJAR KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VI SD

Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991
DOWNLOAD PTK 

Download Contoh PTK SD Lengkap Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah
Penyelenggaraan pendididkan tidak terlepas dari kegiatan belajar mengajar. Menurut pakar pendidikan kant (dalam Wahyudin, 2009:1.22) manusia belum selesai menjadi manusia, ia dibebani keharusan untuk menjadi manusia, tetapi ia tidak dengan sendirinya menjadi manusia, adapun untuk menjadi manusia, ia memerlukan pendidikan atau harus didik "Man can become man through education only".  ptk kelas 6 sd pdf

Berdasarkan pendapat Kant di atas, maka manusia membutuhkan pendidikan yang layak dan terarah, dalam artian pendidikan yang yang mengacu pada pendidikan nasional. 

Pasal 4 UU RI no. 2 Tahun 1989 (dalam Surya, 2008:2.25) pendidikan nasional bertujuan menumbuh kembangkan pribadi-pribadi yang yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, memiliki pengetahuan dan keterampilan, memiliki kesehatan jasmani dan rohani, memiliki kepribadian yang mantap dan mandiri, serta memiliki rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan bangsa. 

Berdasarkan tujuan pendidikan nasional di atas, maka guru merupakan kunci dan sekaligus ujung tombak pencapaian misi pembaharuan pendidikan, mereka berada di titik sentral untuk mengatur, mengarahkan dan menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar guna mencapai tujuan dan misi pendidikan nasional yang dimaksud. Oleh karenanya secara tidak langsung guru dituntut untuk lebih profesional, inovatif, perspektif, dan proaktif dalam melaksanakan tugas pembelajaran. contoh penelitian tindakan kelas ips

Contoh PTK  IPS SD Kelas 6 

BAB II
KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS TINDAKAN


A. Kajian Teori
1. Pengertian Belajar
Belajar merupakan aktivitas yang disengaja dan dilakukan oleh individu agar terjadi perubahan kemampuan diri. Menurut Gagne (dalam Tim Pengembangan MKDP, 2008) „Belajar adalah suatu proses dimana suatu organisma berubah perilakunya sebagai akibat pengalaman. Dari pengertian tersebut terdapat tiga unsur pokok dalam belajar, yaitu: proses, perubahan perilaku, dan pengalaman

a. Proses
Belajar adalah proses mental dan emosional atau proses berpikir dan merasakan. Contoh: seorang siswa bertanya, menanggapi, menjawab pertanyaan guru, berdiskusi, memecahkan permasalahan.

b. Perubahan Perilaku
Seseorang yang belajar akan mengalami perubahan perilaku sebagai akibat kegiatan belajarnya. Pengetahuan dan keterampilannya bertambah, dan penguasaan nilai-nilai dan sikapnya bertambah. Perubahan perilaku sebagai hasil belajar diklasifikasikan menjadi tiga domain: kognitif, afektif, dan psikomotorik. contoh ptk sd kelas VI Domain kognitif meliputi perilaku daya cipta, yaitu berkaitan dengan kemampuan intelektual manusia. Domain afektif berkaitan dengan perilaku daya rasa atau emosional manusia, yaitu kemampuan menguasai nilai-nilai yang dapat membentuk sikap seseorang. Domain psikomotorik berkaitan dengan perilaku dalam bentuk keterampilan-keterampilan motorik (gerak fisik).

Contoh PTK SD Kelas 6 Format Word

BAB III
METODE PENELITIAN


A. Setting Penelitian
Penelitian yang penulis maksudkan disini adalah  Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Reasearch). Dalam garis besarnya pelakanaan penelitian tindakan ini menggunakan 4 (empat) langkah yaitu pengembangan plan (perencanaan), act (tindakan), observe (pengamatan), dan reflect (perenungan) yang dilakukan secara sistematis, dan penelitiannya dilaksanakan di kelas VI pada SD  Kec. Dolok Pardamean Kabupaten Simalungun. contoh penelitian tindakan kelas ips

Fokus penelitian menekankan pada penggunaan metode belajar kelompok dalam Materi Globalisasi dalam mata pelajaran IPS di kelas VI SD Negeri 094099 Sirube-rube pada semester ganjil  tahun pelajaran 2016/2017. Dan penelitian ini dilakukan dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam Materi Globalisasi dengan teknik pembelajaran menggunakan metode belajar kelompok.
Penelitian ini dimulai tanggal 22 September 2016 dan 29 September 2016. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus untuk mata pelajaran tematik dengan mata pelajaran mayor  Ilmu Pengetahuan Sosial ptk kelas 6 document (IPS). 
Jadwal pelaksanaan perbaikan pembelajaran sebagai berikut.

1. Siklus I : Kamis, 22 September 2016.
2. Siklus II : Kamis, 29 September 2016.

LAPORAN PTK LENGKAP MATEMATIKA SD KELAS VI

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN


A. Hasil Penelitian 
Sebelum peneliti melaksanakan perbaikan pembelajaran siklus I dan II pada SDN 094099 Sirube-rube Kecamatan Dolok Pardamean materi globalisasi pada mata pelajaran IPS, terlebih dahulu peneliti melakukan observasi melalui pembelajaran pra siklus dengan model pembelajaran yang masih klasik yang menggunakan metode pembelajaran ceramah, diskusi dan tanya jawab saja. Yang mana capaian belajar anak didik banyak yang masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM), yaitu nilai rata-rata masih banyak di bawah 70. 
Berangkat dari pembelajaran semacam itu peneliti melakukan penelititan tindakan kelas (PTK)  melalui perbaikan pembelajaran siklus I di SDN tersebut, pada materi globalisasi mata pelajaran IPS, dengan menggu-nakan metode belajar kelompok  Dan ternyata metode belajar kelompok tersebut membuahkan hasil yang baik. ptk ips sd pdf

1. Tahap Perencanaan
Berpijak dari kondisi dan keadaan kelas serta temuan data tentang kendala-kendala dan permasalahan yang ada yang dapat menghambat situasi belajar mengajar IPS yang lebih baik supaya terjadi peningkatan aktivitas belajar siswanya, peneliti berusaha untuk dapat mengatasi kendala-kendala dan persoalan tersebut dengan menganalisis untuk dimaknai selanjutnya dituangkan ke dalam perencanaan tindakan.
Perencanaan atau persiapan tindakan adalah berupa pembelajaran IPS dengan menerapkan metoda belajar secara berkelompok. Dengan menerapkan metoda ini diharapkan akan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran IPS sebagai upaya perbaikan pembelajaran yang biasa dilakukan oleh guru dengan metoda ceramah atau pemberian tugas.

DAFTAR PUSTAKA

Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional.
Saminanto. 2012. Ayo Praktik PTK. Semarang: RaSAIL Media Group.
Santoso, Puji dkk. 2011. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional.
Sardjiyo dkk. 2008. Pendidikan IPS Di SD. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional.
Sumaatmadja, Nursid. 2003. Konsep Dasar  IPS. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional. ptk ips sd kelas 6 lengkap

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
(RPP)
SIKLUS 1

Nama Sekolah :  SD Negeri 094099 Sirube-rube
Mata Pelajaran :  Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS)
Kelas / Semester :  VI (Enam) / 1 (satu)
Alokasi Waktu    :  2 x 35 menit 


STANDAR KOMPETENSI
3. Memahami peranan Indonesia di era globalisasi

KOMPETENSI DASAR
3.1 Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif  
       serta negatifnya terhadap kehidupan Bangsa Indonesia

INDIKATOR
Menjelaskan Peranan Indonesia pada era globalisasi
Menjelaskan contoh perubaan perilaku masyarakat sebagai

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan Bangsa Indonesia.

Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence),  Tanggung jawab (responsibility) dan  Ketelitian (carefulness)

B. MATERI AJAR
Dampak Globalisasi

C. METODE PEMBELAJARAN
Diskusi Kelompok
Tanya Jawab
Pemberian Tugas ptk ips sd kelas VI doc

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN 
Kegiatan Awal  (± 10 Menit)
Mengkondisikan siswa untuk siap belajar
Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan
Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa “ apa yang dimaksud globalisasi”?


Kegiatan Inti (± 50 Menit)
Siswa berdo'a dan memberi salam kepada guru, guru mengabsen siswa, dari 32 siswa, dan seluruh siswa hadir semua.
Guru memberikan arahan dan penjelasan kepada siswa untuk membentuk kelompok yang setiap kelompoknya tidak lebih dari 3 orang siswa. Dalam pengarahan tersebut siswa diberi kebebasan untuk memilih teman kelompoknya.
Dalam memilih dan menentukan teman untuk belajar secara kelompok, kebanyakan siswa memilih berdasarkan tempat duduk yang berdekatan dengan dirinya, sehingga teman sebangkunya menjadi teman kelompoknya. 
Setelah seluruh siswa yang hadir dengan jumlah 32 orang siswa tersebut, maka terbentuklah 7 kelompok. Mereka terlihat senang dengan raut muka yang berseri-seri karena mendapatkan teman untuk belajar secara berkelompok.
Karena tak seperti biasa, mereka tampak antusias dan bersemangat untuk memulai pelajaran ketika guru memberi penjelasan tentang materi IPS yang akan dipelajari.
Dalam menyelesaikan dan menjawab LKS, mereka betul-betul bekerja sama dan serius dalam kelompoknya. Dan tidak mau ketinggalan dengan kelompok lainnya.
Guru berkeliling ke kelompok-kelompok, sambil membimbing, mengarahkan dan membantu siswa (kelompok) yang kesulitan menyelesaikan LKS-nya.
Guru mengumpulkan LKS dari setiap kelompok. Kemudian membagikan lembar evaluasi (tes) kepada setiap siswa untuk mengukur sejauh mana siswa dapat memahami materi yang telah dipelajari secara berkelompok.
Setelah setiap kelompok selesai mengerjakan lembar evaluasi (tes), guru mengumpulkannya, kemudian membagikan daftar cek kepada siswa untuk melihal persepsi siswa tentang kegiatan belajar mengajar yang telah mereka alami.
Kegiatan Penutup (± 10 Menit)
Memberikan kesimpulan tentang dampak globalisasi
Mengakhiri pelajaran dan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

Post a Comment for "DOWNLOAD CONTOH PTK IPS KELAS 6 TERBARU DOC"