Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

DOWNLOAD CONTOH PTK IPS SD KELAS 3 K13

DOWNLOAD CONTOH PTK IPS SD KELAS 3 K13-PTK, Penelitian tindakan kelas ini mengkaji penggunaan metode bermain peran  guna meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi Mata angin di kelas III SD Negeri ptk ips kelas 3 semester 2. 

Tujuan tindakan penelitian untuk mengetahui apakah metode bermain peran dalam pembelajaran IPS materi mata angin dapat meningkatkan hasil belajar siswa ? data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrument test formatif ptk ips sd kelas 3 lengkap dalam bentuk pertanyaan tertulis,hasil observasi  terhadap siswa selama pembelajaran berlangsung dilakukan pengolahan data dengan teknik deskriftif melalui perhitungan presentase. 
Dari hasil penelitian tindakan kelas melalui perbaikan pembelajaran, nilai keberhasilan dan kegagalan yang ditemui dalam perbaikan pembelajaran dapat disimpulkan sebagai berikut.

1. Pada tahap perbaiakan pembelajaran siklus I, nilai siswa yang tuntasan belajar mencapai 65%, dan yang belum tuntas tinggal 35% atau jumlah siswa yang tuntas belajar mencapai 17 siswa dan yang belum tuntas ada 9 siswa, dengan nilai rata-rata kelas 69, nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 55. ptk sd kelas 3 doc

2. Pada tahap perbaikan pembelajaran siklus II, siswa yang tuntasan belajar mencapai 88%, dan yang belum tuntas ada 12% dengan nilai rata-rata kelas 77, nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 60.
Berdasarkan penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan penggunaan metode bermain peran pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Maka dari hasil tersebut, peneliti menganggap perbaikan pembelajaran sudah berhasil ptk sd kelas 3 ips pdf

UPAYA MENINGKATAKN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MATA ANGIN DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN
PADA SISWA  KELAS  III  SDN  

Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991
DOWNLOAD PTK 

Contoh PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Mapel IPS Kelas 3

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Penyelenggaraan pendidikan tidak terlepas dari kegiatan belajar mengajar. Menurut pakar pendidikan Kant (dalam Wahyudin, 2009:1.22) manusia belum selesai menjadi manusia, ia dibebani keharusan untuk menjadi manusia, tetapi ia tidak dengan sendirinya menjadi manusia, adapun untuk menjadi manusia, ia memerlukan pendidikan atau harus didik "Man can become man through education only".  ptk ips sd kelas 4 lengkap

Berdasarkan pendapat Kant di atas, maka manusia membutuhkan pendidikan yang layak dan terarah, dalam artian pendidikan yang yang mengacu pada pendidikan nasional.    

Pasal 4 UU RI no. 2 Tahun 2002 (dalam Surya, 2008:2.25) pendidikan nasional bertujuan menumbuh kembangkan pribadi-pribadi yang yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, memiliki pengetahuan dan keterampilan, memiliki kesehatan jasmani dan rohani, memiliki kepribadian yang mantap dan mandiri, serta memiliki rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan bangsa.    contoh proposal ptk ips pdf

Berdasarkan tujuan pendidikan nasional di atas, maka guru merupakan kunci dan sekaligus ujung tombak pencapaian misi pembaharuan pendidikan, mereka berada di titik sentral untuk mengatur, mengarahkan dan menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar guna mencapai tujuan dan misi pendidikan nasional yang dimaksud. Oleh karenanya secara tidak langsung guru dituntut untuk lebih profesional, inovatif, perspektif, dan proaktif dalam melaksanakan tugas pembelajaran .ptk sd kelas 2 ips

Meningkatkan prestasi belajar IPS kelas III

BAB II
KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS TINDAKAN

A. Kajian Teori
1. Pengertian Belajar
Belajar merupakan aktivitas yang disengaja dan dilakukan oleh individu agar terjadi perubahan kemampuan diri. Menurut Gagne (dalam Tim Pengembangan MKDP, 2008) „Belajar adalah suatu proses dimana suatu organisma berubah perilakunya sebagai akibat pengalaman. Dari pengertian tersebut terdapat tiga unsur pokok dalam belajar, yaitu: proses, perubahan perilaku, dan pengalaman
a. Proses
Belajar adalah proses mental dan emosional atau proses berpikir dan merasakan. Contoh: seorang siswa bertanya, menanggapi, menjawab pertanyaan guru, berdiskusi, memecahkan permasalahan. skripsi ptk ips sd
b. Perubahan Perilaku
Seseorang yang belajar akan mengalami perubahan perilaku sebagai akibat kegiatan belajarnya. Pengetahuan dan keterampilannya bertambah, dan penguasaan nilai-nilai dan sikapnya bertambah. Perubahan perilaku sebagai hasil belajar diklasifikasikan menjadi tiga domain: kognitif, afektif, dan psikomotorik. Domain kognitif meliputi perilaku daya cipta, yaitu berkaitan dengan kemampuan intelektual manusia. Domain afektif berkaitan dengan perilaku daya rasa atau emosional manusia, yaitu kemampuan menguasai nilai-nilai yang dapat membentuk sikap seseorang. Domain psikomotorik berkaitan dengan perilaku dalam bentuk keterampilan-keterampilan motorik (gerak fisik).
c. Pengalaman
Belajar adalah mengalami, artinya bahwa belajar terjadi karena individu berinteraksi dengan lingkungannya, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial. Lingkungan fisik adalah lingkungan disekitar individu baik bentuk alam smesta maupun dalam bentuk hasil ciptaan manusia. ptk ips sd pdf

PENELITIAN TINDAKAN KELAS PTK IPS

BAB III
METODE PENELITIAN

A. Setting Penelitian
Penelitian yang penulis maksudkan disini adalah  Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research). Dalam garis besarnya pelakanaan penelitian tindakan ini menggunakan 4 (empat) langkah yaitu pengembangan plan (perencanaan), act (tindakan), observe (pengamatan), dan reflect (perenungan) yang dilakukan secara sistematis, dan penelitiannya dilaksanakan di kelas III pada SD Negeri.

Fokus penelitian menekankan pada penggunaan metode bermain peran dalam mengajarkan materi mata angin dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas III SD Negeri  pada semester ganjil  tahun pelajaran 2017/2018. Dan penelitian ini dilakukan dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam Materi Mata Angin dengan teknik pembelajaran menggunakan metode bermain Peran.

Penelitian ini dimulai tanggal 27 September 2017 sampai dengan 4 Oktober 2017. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus untuk mata pelajaran tematik dengan mata pelajaran mayor  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). ptk ips sd kelas 6 doc 
Jadwal pelaksanaan perbaikan pembelajaran sebagai berikut.

1. Siklus I : Rabu, 27 September 2017.
2. Siklus II : Rabu, 4 Oktober 2017.

Contoh Judul PTK SD Kurikulum 2013

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN


A. Hasil Penelitian
Sebelum peneliti melaksanakan perbaikan pembelajaran siklus I dan II pada SDN 091318 Pematang Raya Kecamatan Raya materi mata angin pada mata pelajaran IPS, terlebih dahulu peneliti melakukan observasi melalui pembelajaran pra siklus dengan model pembelajaran yang masih klasik yang menggunakan metode pembelajaran ceramah, diskusi dan tanya jawab saja ptk kurikulum 2013 sd. Yang mana capaian belajar anak didik banyak yang masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM), yaitu nilai rata-rata masih banyak di bawah 68. 

Berangkat dari pembelajaran semacam itu peneliti melakukan penelititan tindakan kelas (PTK)  melalui perbaikan pembelajaran siklus I di SDN tersebut, pada materi mata angin mata pelajaran IPS, dengan menggu-nakan metode bermain peran. contoh ptk tematik sd kurikulum 2013 Dan ternya metode bermain peran tersebut membuahkan hasil yang baik.

Pada siklus I capaian nilai siswa yang lulus KKM meningkat, yang tadinya tahap pra siklus hanya 42% siswa yang nilainya mencapai KKM, sekarang siklus I  menjadi 65% siswa dari 26 siswa nilainya yang mencapai KKM.

Dikarnakan pada siklus I masih ada 35% siswa yang nilainya belum  mencapai KKM, maka penulis meneruskan penelitiannya  ke jenjang siklus II. Pada siklus II capaian nilai siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 82%, dengan nilai rata-rata kelas 75. Maka dari itu peneliti dapat mengatakan bahwa, PTK sudah dapat diakhiri pada siklus II, karena capaian nilai siswa yang mencapai KKM meningkat pesat dan capaian nilai siswa yang tidak mencapai KKM menurun drastis. Untuk lebih jelasnya, tahapan-tahapan perbaikan pembelajaran siklus I dan siklus II, peneliti sajikan dalam bentuk deskripsi persiklus. Deskripsi tersebut sebagai berikut proposal ptk kelas 1 sd kurikulum 2013.

DAFTAR PUSTAKA


Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konse Karakteristik dan Implementasi, penerbit PT.  Rema Rosada Karya Bandung.
Sukardi, 2003. Metode Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Perakteknya Penerbit  Bumi Aksara.
Suparno Mohamad Yunus,2002,Ketrampilan Menulis,Penerbit Universitas Terbuka
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) RPP, Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas III Semester I dan II, 2016.
Udin.S, Winataputra,dkk. 2012 Teori Belajar dan Pembelajaran, penerbit Universitas Terbuka.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SIKLUS 1

Nama Sekolah :  SDN 091318 Pematang Raya
Mata Pelajaran :  IPS
Tema : Lingkungan
Kelas / Semester:  III/1
Alokasi Waktu   :  2 x 35 menit


STANDAR KOMPETENSI
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah

KOMPETENSI DASAR
Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan  sekolah
Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah

INDIKATOR
Mendeskripsikan arah mata angin dengan melihat arah matahari
Menyebutkan arah mata angin dengan melihat arah matahari denah rumah siswa dengan menentukan arah mata anginnya

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat memahami arah mata angin
Siswa dapat menyebutkan arah mata angin dengan melihat arah matahari.

Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility) dan  Ketelitian (carefulness)

B. MATERI AJAR
Kerja sama di lingkungan rumah

C. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah
Tanya Jawab
Demonstrasi
Pemberian Tugas

Post a Comment for "DOWNLOAD CONTOH PTK IPS SD KELAS 3 K13"