Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PTS MENGGUNAKAN APLIKASI DARING MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU

CONTOH PTS BDR MENGGUNAKAN APLIKASI DARING MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU-Sebelum penelitian, peneliti melakukan observasi awal dan wawancara beberapa guru binaan, ada 4 sekolah yang menjadi binaan peneliti yakni SMK I, SMK  II, SMK III, dan SMK IV. Dari keterangan guru dapat disimpulkan bahwa, guru bingung ketika harus menggunakan aplikasi media daring. Pada penelitian ini, pengawas sekolah hendak meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi media daring melalui melalui pembinaan berkelanjutan.

Penelitian ini dilaksanakan di 4 sekolah binaan dengan subjek penelitian adalah guru yang ada di sekolah binaan ini, yang berjumlah 10 orang. Kondisi di 4 sekolah binaan adalah kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi media daring masih rendah.

Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2020 sampai  dengan November  2020. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,wawncara dan dokumentasi.

Pada pra siklus, peneliti belum mengadakan pembinaan berkelanjutan karena pra siklus ini sebagai pembanding nantinya, bagaimana hasil kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi media daring sebelum di adakan pembinaan berkelanjutan dan sesudah di adakan pembinaan berkelanjutan. 

Pada pra siklus, pengawas sekolah atau peneliti meminta masing-masing guru praktek menggunakan aplikasi daring.

CONTOH PTK PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN APLIKASI VIDEO

CONTOH PTK DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM SMP KELAS IX

Peneliti mengecek apakah guru sudah mampu menggunakan aplikasi daring tapi masih banyak guru yang belum mampu dan masih kesulitan dalam menggunakan aplikasi daring. Pada pra siklus ini di hasilkan skor rata-rata 4,5, artinya kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi media daring kurang, maka perlu di lanjutkan siklus I untuk lebih miningkatkan lagi kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi media daring.

Pada siklus I ini, guru sudah mulai faham dan mampu menggunakan aplikasi daring walaupun belum maksimal karena skor yang di dapat dari hasil penilaian adalah 7,7 dengan kriteria Skor maksimal tiap guru: N>10, yang berarti kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi media daring baik. 

Pada siklus I dan II ini, guru sudah mulai faham dan mampu menggunakan aplikasi daring dan sudah maksimal karena skor yang di dapat dari hasil penilaian adalah 14,1 dengan kriteria Skor maksimal tiap guru: N>10, yang berarti Kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi media daring sudah sangat baik. 

Pada siklus II ini, guru sudah mampu  dalam menggunakan aplikasi media daring, mampu mengoperasionalkan aplikasi (zoom, google meet, google calassroom, edmodo) dengan prosedur yang benar , mamahami cara menampilkan PPT/dokumen , dan mampu dalam memberikan evaluasi pembelajaran secara daring.



6 comments for "CONTOH PTS MENGGUNAKAN APLIKASI DARING MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU"

  1. Assalamualaikum terimakasih ilmunya bapak, semoga menjadi amal jariah dan amal kebaikan kita bersama. Aamiin. Wassalam

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. waalaikumsalam, terimkasih sudah berkunjung

      Delete
  3. Assalamu'alaikum wr. wb. Izin dowmload. Terima kasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wr.wb. terimakasih sudah berkunjung

      Delete