Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK TK PAUD KEMAMPUAN BERHITUNG MEDIA TUTUP BOTOL

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk peningkatan pembelajaran siswa kelas B-1 tahun pelajaran 2016/2017 melalui penerapan media pembe;ajaran tutup botol. Penelitian ini dilakukan secara Collaborative learning dan participation yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi partisipan dan tes tertulis.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan media tutup botol dapat meningkatkan pembelajaran siswa ptk tk doc. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan tes tertulis yang dilakukan pada pertemuan kedua di setiap siklusnya. Pada saat pra siklus, ketuntasan siswa hanya 30%, setelah dilaksanakan siklus I dengan media tutup botol persentase ketuntasan kemampuan berhitung siswa sebesar 65% kemudian pada tindakan siklus II, ketuntasan kemampuan berhitung mencapai 90%.

Penerapan media tutup botol juga dapat meningkatkan indikator kemampuan berhitung siswa kelas B-1 Tahun Pelajaran 2016/2017. Indikator peningkatan pembelajaran siswa terdiri dari kognitif, afektif dan psikomotor. Pada siklus I indikator kemampuan berhitung siswa memperoleh skor akhir 62%, artinya indikator peningkatan  pembelajaran siswa berada pada kriteria baik. Pada siklus II skor akhir indikator kemampuan berhitung siswa mencapai 88% sehingga berada pada kriteria sangat baik.

Pendidikan di TK adalah pendidikan pra sekolah yang berorientasi pada pendekatan yang berupa permainan. Berdasarkan pengamatan dari penulis diketahui banyak anak-anak yang mendapatkan nilai dalam berhitung rendah sebelum menggunakan metode permainan tutup botol. Mencermati kenyataan tersebut dapat dikatakan bahwa pembelajaran berhitung awal belum menunjukkan hasil yang menggembirakan, demikian pula yang terjadi pada anak kelompok B-1 di tahun ajaran 2016/2017. Semester I, dari 20 anak yang mampu menghitung baru 6 anak download ptk tk gratis.
Rendahnya tingkat pembelajaran berhitung tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu strategi pembelajaran kurang tepat, fasilitas sumber pembelajaran yang kurang lengkap dan alat peraga yang kurang tepat.  Berkaitan dengan media anak usia dini, maka pengertian media adalah segala komponen berupa alat fisik yang dapat memotivasi anak dan merangsang minat belajar anak untuk tujuan meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak usia dini contoh ptk tk kelompok a. 
Adapun aspekaspek yang dapat dikembangkan adalah aspek nilai agama moral, fisik motorik (kasar/halus), kognitif, bahasa dan sosial emosi. Peningkatan kemampuan berhitung awal perlu dilaksanakan karena didasarkan pada alasan bahwa berhitung awal merupakan aspek  pengambangan pokok disekolah dan memiliki peranan penting dalam membekali keterampilan mengenal konsep bilangan, lambang bilangan dan berhitung pada anak. Peningkatan kemampuan berhitung awal dapat dilakukan dengan menggunakan media.
Media pembelajaran merupakan hal yang paling penting dalam proses belajar mengajar seperti yang telah dikemukakan oleh Rohani (Susilawati , 2008:27) menjelaskan media merupakan segala sesuatu yang dapat diindra yang berfungsi sebagai perantara atau sarana atau alat dalam proses belajar mengajar. Sedangkan Gagne (Susilawati, 2008:27) mengemukakan media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan anak yang dapat merangsang anak untuk belajar contoh ptk paud 2018.

Dalam proses belajar mengajar media digunakan untuk memperlancar komunikasi, dapat disebut sebagai media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran sangat penting dalam berlangsungnya pembelajaran, karena media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan dalam proses pembelajaran, sehingga komunikasi antara guru dan anak akan berlangsung secara efektif.

Post a Comment for "PTK TK PAUD KEMAMPUAN BERHITUNG MEDIA TUTUP BOTOL"