Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK PAUD MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL MELALUI PENDEKATAN PSIKOLOGIS

Hasil ahir penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan psikologis dapat meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak kelompok A. Lebih renci akan di jelaskan hasil pra siklus, siklus I dan siklus II.

Pada pra siklus di hasilkan skor rata-rata hasil pengisian skala psikologis sebesar 1,93 artinya kecerdasan sosial emosional anak masih rendah.Selanjutnya peneliti merasa melaksanakan penelitian dengan melakukan pendekatan psikologis.

Pada siklus I di hasilkan skor rata-rata hasil pengisian skala psikologis sebesar 4,5 artinya kecerdasan sosial emosional anak dalam kategori sedang. Pada siklus 1 di hasilkan skor observasi 4 artinya kecerdasan sosial emosional anak yang tinggi  mencapai sekitar 40-60% dari jumlah siswa. Ada beberapa anak yang mempunyai kecerdasan sosial emosional yang sedang sehingga mereka dapat bersikap baik di kelas dan bisa berteman dengan siapa pun tanpa memilah dan memilih teman. Masih ada beberapa anak yang mempunyai kecerdasan sosial emosional rendah sehingga anak-anak inilah yang perlu intens mendapatkan bimbingan dengan pendekatan psikologis. 


Pada siklus II di hasilkan skor rata-rata hasil pengisian skala psikologis sebesar 7,5 artinya tingkat kecerdasan sosial emosional anak sudah dalam kategori tinggi. Pada siklus II di hasilkan skor observasi 6 artinya kecerdasan sosial emosional anak yang tinggi  mencapai sekitar 80-100%. Beberapa anak yang mempunyai kecerdasan sosial emosional yang sedang meningkat menjadi kategori tinggi sehingga mereka lebih mampu bersikap baik di kelas dan bisa berteman dengan siapa pun tanpa memilah dan memilih teman. Beberapa anak yang mempunyai kecerdasan sosial emosional rendah meningkat menjadi kategori sedang, dan anak-anak ini yang kelanjutanya setelah siklus II selesei, guru akan tetap memantau dan membimbing serta mendekati secara psikologis sehingga anak akan merasa di perhatikan, tidak di acuhkan, anak merasa ada orang tua yang memberi perhatian untuk diri mereka contoh ptk paud doc.
Potensi seorang anak akan berfungsi dengan maksimal apabila dia sehat secara fisik dan mental seperti yang dikatakan (WHO). Selain sehat secara fisik, anak juga wajib cerdas dan kreatif. Bisa menghasilkan sesuatu. Selain itu, anak juga harus berani dan peduli. Berdasarkan kutipan Kassandra A Putranto, sesuai dengan teori Emotional Intelligence, kecerdasan itu tidak hanya kecerdasan intelektual, tapi juga kecerdasan emosional dan sosial contoh ptk paud pengembangan bahasa.
Bahkan, di belahan dunia mana pun disepakati bahwa keberhasilan seseorang tidak hanya terletak pada kecerdasan intelektual saja, namun juga kecerdasan sosial-emosional juga mempengaruhi. Sekarang model pendidikan di seluruh dunia itu mendahulukan sosial-emosional, harapannya anak itu bisa punya kemampuan bersosialisasi, mengendalikan emosi.

Di dalam keterampilan sosial-emosional tersebut, ada aspek berani. Berani memeliki arti bukan berani akan ribut, tapi punya inisiatif, berani bertanya, dan berani menyampaikan pendapat. Begitu pula dengan sikap peduli, sebagai bagian dari kecerdasan sosial-emosional, dengan peduli kepada orang lain, dia bisa merasakan dari dalam hatinya.

Sehubungan dengan itu, ,banyak hasil penelitian membuktikan bahwa bahwa 50% kecerdasan anak terbentuk dalam waktu 4 tahun pertama. Setelah anak berusia 8 tahun perkembangan otaknya mencapai 80% dan pada usia 18 tahun mencapai 100%.

Oleh karenanya pada masa emas ini atau juga di sebut golden age perlu sekali mendidik kecerdasan intelektualnya, kecerdasan sosial emosionalnya dan kecerdasan spiritualnya, karena pada masa emas ini, kondisi anak akan mengalamai pertumbuhan dan perkembangan pikir yang pesat sekali. Dan sayang sekali kalau masa-masa emas ini akan terlewatkan dengan tidak di didik secara baik dan benar, karena perkembangan anak usia dini merupakan perkembangan usia yang sangat memiliki makna bagi masa depan mereka, jika usia itu dioptimalkan pertumbuhannya melalui pendidikan yang tepat contoh ptk paud tentang kognitif.

Download File Word PTK 

Salah satu permasalahan yang terjadi pada anak kelompok A adalah ada beberapa siswa yang menunjukkan indikasi kurangnya kecerdasan sosial emosional anak. Hal ini di tunjukkan dengan sikap anak yang suka merebut mainan temannya, jadi anak kurang empati terhadap teman dan lingkunganya. Anak suka bertengkar dengan teman-temanya. Anak juga bersikap kurang baik di kelas. Hal ini menunjukkan rendahnya kecerdasan sosial emosional anak. Tentu saja tidak  mungkin anak bertingkah laku demikian jika tidak ada sebab dan aralnya. Salah satu penyebab perilaku kurang baik anak tersebut adalah kurangnya perhatian dari orang-orang terdekat anak terutama adalah orang tua anak. Tidak sedikit anak yang di tinggal bekerja ke luar negeri oleh ibunya karena masalah ekonomi. Tidak sedikit juga anak yang di asuh oleh nenek atau kakeknya yang sudah renta karena orang tua mereka bekerja. Dari sinilah masalah perilaku anak timbul contoh proposal ptk paud pengembangan motorik.

Post a Comment for "PTK PAUD MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL MELALUI PENDEKATAN PSIKOLOGIS"