Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK MATEMATIKA KELAS VIII SMP

PTK MATEMATIKA-Sebagai upaya untuk memperbaiki kualitas dalam proses belajar mengajar, penelitian tindakan kelas atau PTK membantu guru memecahkan berbagai permasalahan pembelajaran melalui serangkaian kegiatan yang sudah direncanakan secara matang.Pada dasarnya hasil belajar yang kurang memuaskan merupakan sebuah indikasi jika proses pembelajaran tersebut mengalami sebuah masalah. Dan pada faktanya, tidak seorang pun guru yang tidak mengalami kendala atau masalah dalam kegiatan mengajarnya.Seiring berkembangnya zaman, dari tahun-ketahun guru dituntut untuk selalu mengembangkan dan meningkatkan layanan pembelajaran. Sehingga, penelitian tindakan kelas ini merupakan salah satu cara strategis bagi guru untuk meningkatkan atau memperbaiki layanan pembelajaran tersebut.

Jika Anda seorang guru matematika, penelitian tindakan kelas merupakan salah satu cara yang membantu agar terus mengembangkan kemampuan diri. Selain itu, membiasakan untuk melakukan penelitian dalam memecahkan berbagai persoalan pembelajaran yang tengah dijalankan.
PTK Matematika juga akan membantu guru untuk terus berinovasi mencoba hal baru yang bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajarannya. Sikap inovatif ini juga akan memicu meningkatnya kinerja dan profesionalisme secara berkesinambungan dan berkala. Terutama pada masalah penghitungan sebuah angka.Melalui PTK Matematika ini, guru juga akan dilatih agar cepat tanggap terhadap dinamika pembelajaran di kelasnya. Sehingga, dapat menjadi semakin kritis dan kreatif terhadap proses pembelajaran. Saat pelaksanaannya tidak akan mengganggu tugas utama dalam kegiatan belajar.

PTK MATEMATIKA SMP UNTUK KENAIKAN PANGKAT

DOWNLOAD LENGKAP CONTOH PTK MATEMATIKA SMP MTS DOC

CONTOH PTK MATEMATIKA KELAS IX KURIKULUM 2013

LAPORAN HASIL PTK PELAJARAN MATEMATIKA SMP DOCS

PTK MATEMATIKA

Penelitian tindakan kelas merupakan suatu kegiatan penelitian yang masih ada kaitannya dengan pelaksanaan proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru dituntut tidak harus meninggalkan kelas pada saat melakukan sebuah penelitian.Selain itu, dengan adanya PTK Matematika guru dituntut untuk melakukan berbagai inovasi terhadap teori dan teknik pembelajaran yang sedang digunakan. Sehingga, kegiatan belajar akan semakin menarik dan bervariatif. Apalagi kemampuan setiap pelajar tidaklah sama.Penerapan penelitian tindakan kelas dalam pendidikan dan pembelajaran sendiri memiliki tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas dari praktek pembelajaran yang kemudian akan meningkatkan mutu baik dari segi keterampilan ataupun intruksional.
Bagi seorang guru Matematika, penelitian tindakan kelas ini banyak sekali manfaatnya lainnya. Seperti, meningkatkan motivasi belajar dan membantu menemukan cara yang tepat agar siswa tidak merasa jenuh ketika mengikuti proses pembelajaran.

Sebagai upaya nyata yang dilakukan oleh seorang guru di kelasnya, PTK Matematika juga bisa digunakan sebagai laporan dari kegiatan untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Dengan demikian telah melakukan salah satu tugasnya dalam kegiatan pengembangan profesi.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan bukan hanya karena tuntutan tugas dan kebutuhan pendidik dalam meningkatkan kualitas dalam proses pembelajaran di kelas saja. Tetapi juga digunakan untuk kenaikan pangkat atau golongan.Selain itu PTK Matematika juga dapat digunakan untuk sertifikasi guru atau dosen serta untuk pengembangan karir. Mengingat pentingnya penelitian tindakan kelas dilihat dari berbagai aspek tersebut, hendaknya mulai melakukan dan meningkatkan kegiatan penelitiannya.

  • MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA KONSEP BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS VIII  
  • PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK FUNGSI KUADRAT MELALUI PENDEKATA N  PEMBELAJARAN  KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BAGI SISWA KELAS IX  


Terima kasih telah berkunjung di blog Kami yang membahas PTK Matematika. Semoga PTK  Matematika ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + atau share Facebook dan Twetter Rekomendasikan ini di Google untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol  di bawah.  hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.

2 comments for "PTK MATEMATIKA KELAS VIII SMP"

  1. terimakasih banyak...sungguh sangat bermanfaat buat saya dan teman-teman di sekolah..

    ReplyDelete