Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

LAPORAN HASIL PTK PELAJARAN MATEMATIKA SMP DOCS

LAPORAN HASIL PTK PELAJARAN MATEMATIKA SMP DOCS-Penelitian ini berawal dengan adanya permasalahan di kelas IX-F SMP Negeri 2 Cilacap yaitu rendahnya komunikasi matematika peserta didik pada pembelajaran matematika khususnya pada materi perbandingan bertingkat. Hal ini dikarenakan sulitnya peserta didik dalam melakukan operasi pada bilangan perbandingan bertingkat dan banyaknya peserta didik yang salah dalam menerjemahkan soal pada materi pokok tersebut. Selain itu berdasarkan pengamatan juga diperoleh fakta bahwa nilai peserta didik pada tahun sebelumnya masih tergolong rendah dikarenakan kurangnya komunikasi peserta didik pada saat pembelajaran matematika. Guru mengajar dengan metode yang monoton sehingga proses komunikasi dalam pembelajaran berjalan searah laporan hasil penelitian tindakan kelas. Hal ini yang membuat komunikasi matematika peserta didik tidak terbangun. Diharapkan pembelajaran melalui model pembelajaran problem posing digunakan untuk ptk matematika akan meningkatkan komunikasi matematika peserta didik pada materi perbandingan bertingkat ptk smp docs.

CONTOH PTK MATEMATIKA MTS KELAS 7 SEMESTER 1

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi model pembelajaran problem posing  pada materi pokok perbandingan bertingkat kelas IX-F semester gasal SMP Negeri  2 Cilacap tahun pelajaran 2016/2017. 2) Apakah penerapan model pembelajaran problem posing pada materi pokok perbandingan bertingkat dapat meningkatkan komunikasi matematika peserta didik kelas IX-F semester gasal SMP Negeri  2 Cilacap tahun pelajaran 2016/2017.

Penelitian ini dilakukan dengan mengambil subjek penelitian peserta didik kelas IX-F SMP Negeri  2 Cilacap tahun pelajaran 2016/2017 sejumlah 34 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, masing¬masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sedangkan teknik pengambilan data ada 4 metode yaitu dokumentasi, wawancara, tes, dan observasi hasil ptk matematika kelas IX.

PTK MATEMATIKA SMP UNTUK KENAIKAN PANGKAT

DOWNLOAD LENGKAP CONTOH PTK MATEMATIKA SMP MTS DOC

CONTOH PTK MATEMATIKA KELAS IX KURIKULUM 2013

PTK MATEMATIKA

PTK MATEMATIKA KELAS VIII SMP

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan komunikasi matematika peserta didik melalui model pembelajaran problem posing. Hal ini terbukti adanya peningkatan pada pra siklus sebesar 35% dan siklus I sebesar 48,1% menjadi 70,4% pada siklus II. Selain itu peningkatan komunikasi matematika peserta didik juga mempengaruhi pada peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IX-F SMP Negeri 2 Cilacap dari nilai rata-rata pra siklus 50 dengan ketuntasan klasikal 41,7% menjadi 61 dengan ketuntasan klasikal 46,7% pada siklus I dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dengan rata-rata 78,5 dengan ketuntasan klasikalnya mencapai 83,3% contoh laporan hasil ptk.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti mengambil kesimpulan bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran problem posing  dapat meningkatkan komunikasi matematika peserta didik kelas IX-F SMP Negeri  2 Cilacap khususnya pada materi perbandingan bertingkat contoh ptk matematika.


MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA MATERI POKOK PERBANDINGAN BERTINGKAT KELAS IX-F SEMESTER GASAL SMP NEGERI  2 CILACAP TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991 

Latar Belakang Masalah
Pembelajaran yang efektif ditandai dengan adanya proses belajar dalam diri siswa. Seseorang dikatakan telah mengalami proses belajar apabila di dalam dirinya telah terjadi perubahan, dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak mengerti menjadi mengerti dan sebagainya. Dalam proses pembelajaran hasil belajar dapat dilihat secara langsung. Oleh sebab itu, agar dapat dikontrol dan berkembang secara optimal melalui proses pembelajaran di kelas, maka program pembelajaran tersebut harus dirancang oleh guru dengan memperhatikan berbagai prinsip yang telah terbukti keunggulannya secara empirik ptk pelajaran matematika.

Pembelajaran matematika di sekolah dapat efektif dan bermakna bagi siswa jika proses pembelajarannya memperhatikan konteks siswa. Konteks nyata dari kehidupan siswa meliputi latar belakang fisik, keluarga, keadaan sosial, politik, agama, budaya dan kenyataan hidup lainnya.
Pembelajaran matematika khususnya pada materi perbandingan bertingkat seharusnya dilakukan dengan melibatkan peserta didik belajar aktif agar pembelajaran berjalan dua arah. Pembelajaran pada materi perbandingan bertingkat di sekolah sebaiknya juga dilakukan dengan menyisipkan nilai-nilai keislaman agar suasana pembelajaran lebih religius. Selain itu pembelajaran materi perbandingan bertingkat dapat dilakukan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematika peserta didik karena operasi bilangan perbandingan bertingkat memiliki ciri yang berbeda dan lebih rumit dari pada bilangan bulat. Hal ini menjadikan peserta didik mampu mengungkapkan gagasannya dan mengidentifikasikan dari permasalahan sehari-hari dalam bahasa matematika ataupun sebaliknya download laporan ptk.

Kondisi yang ada, di SMP Negeri  2 Cilacap pembelajaran matematika pada materi perbandingan bertingkat dilakukan dengan metode ceramah, sehingga pembelajaran berjalan searah. Selain itu pembelajaran yang sudah berjalan di SMP Negeri  2 Cilacap belum pernah dilakukan dengan nuansa keislaman, padahal SMP Negeri  2 Cilacap merupakan salah satu sekolah yang memiliki sistem pendidikan dan sebagian peserta didiknya adalah berasal dari lingkungan di daerah tersebut.

Menurut pengalaman beberapa guru matematika SMP Negeri  2 Cilacap komunikasi matematika yakni suatu kemampuan peserta didik dalam menyampaikan sesuatu berupa konsep, rumus, atau strategi penyelesaian suatu masalah yang dimiliki oleh peserta didik yang diketahuinya melalui peristiwa dialog atau saling hubungan yang terjadi di lingkungan kelas, yang dimiliki peserta didik kelas IX-F masih rendah. Banyak peserta didik yang masih kesulitan dalam memahami konsep-konsep dan menyampaikan ide-ide yang dimiliki dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi pokok perbandingan bertingkat contoh ptk smp docs.

Hal ini ditandai dengan banyaknya peserta didik yang masih salah dalam melakukan operasi bilangan perbandingan bertingkat dan menerjemahkan soal-soal dari materi pokok tersebut, sehingga juga berpengaruh pada minimnya hasil belajar peserta didik.

Untuk mengatasi hal tersebut, penulis mengambil langkah yaitu dengan memperbaharui model pembelajaran. Model pembelajaran yang akan diuji cobakan adalah model pembelajaran problem posing (pengajuan soal/masalah) .
Model pembelajaran problem posing adalah suatu model pembelajaran yang mewajibkan peserta didik untuk mengajukan soal sendiri melalui belajar soal (berlatih soal) secara mandiri. Bentuk lain dari problem posing, yaitu pemecahan masalah dengan melalui elaborasi yaitu merumuskan kembali masalah menjadi bagian-bagian yang lebih sederhana sehingga lebih mudah untuk dipahami. Sehingga pada prinsinya problem posing  ditunjukkan dengan adanya pola pembelajaran yang menyisipi pengetahuan agama islam serta pengajuan masalah dari peserta didik terkait pembelajaran matematika yang memiliki nilai-nilai keislaman. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk mengukur dan meningkatkan kemampuann komunikasi matematika peserta didik.

2 comments for "LAPORAN HASIL PTK PELAJARAN MATEMATIKA SMP DOCS"