Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PTK FISIKA K13 SMA DAN MA DOC

CONTOH PTK BIOLOGI K13 SMA DAN MA DOC-Kesulitan dalam pemahaman konsep, pemecahan masalah, penalaran Fisika merupakan permasalahan yang sering dihadapi oleh guru Fisika, oleh karena itu diperlukan pembelajaran dengan suasana belajar aktif, yang salah satunya dengan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) ptk fisika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran POE dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIA 2 pada materi pokok mekanika gerak di SMA Swasta contoh ptk k13 Persiapan Stabat atau tidak.

DOWNLOAD CONTOH PTK FISIKA SMA LENGKAP FORMAT DOC

CONTOH LAPORAN PTK FISIKA SMK LENGKAP DOC

CONTOH PTK SMA FISIKA DAN KIMIA

PTK SMA FISIKA MATERI KELAS X, XI, DAN XII

Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas XI MIA 2 Swasta Persiapan Stabat, ptk sma doc sedangkan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas kelas XI MIA 2. ptk fisika MA Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran POE dapat meningkatkan penelitian tindakan kelas doc hasil belajar siswa kelas XI MIA 2 pada materi mekanika gerak di SMA Swasta Persiapan Stabat. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik masih 60 dengan contoh ptk kurikulum 2013 ketuntasan klasikal 5 6,7%, pada siklus I meningkat menjadi 71,29 dengan ketuntasan klasikal sebesar 74,2%, pada siklus II nilai rata-rata lebih ptk fisika kelas XI meningkat menjadi 78,5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 87% donwload contoh ptk.


PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI MEKANIKA GERAK DENGAN MODEL POE (PREDICT‑ OBSERVE-EXPLAIN) PADA SISWA KELAS XI MIA 2 SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991 

Latar Belakang
Belajar merupakan hal yang sangat mendasar yang tidak bisa lepas dari kehidupan semua orang. Perkembangan dan kebutuhan masyarakat yang terus meningkat, pemerintah berupaya juga untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Hal yang harus dilakukan dalam dunia pendidikan adalah mempersiapkan ptk k13 sma kelas X sumber daya manusia yang kreatif, mampu memecahkan persoalan-persoalan yang aktual dalam kehidupan dan mampu menghasilkan teknologi baru yang yang mampu memperbaiki pendidikan sebelumnya.

Peranan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sangat penting untuk dapat menciptakan teknologi baru dunia pendidikan dalam jasa pembuatan ptk fisika mempersiapkan sumber daya manusia yang kreatif dalam memecahkan persoalan-persoalan aktual kehidupan. Oleh karena itu penguasaan suatu konsep pengetahuan sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Fakta dan prinsip-prinsip konsep hendaknya tidak diterima secara prosedural tanpa pemahaman dan penalaran, dalam belajar Fisika. Pengetahuan tidak dapat dipindahkan begitu saja dari otak seseorang (guru) ke kepala orang lain (siswa). ptk fisika k13 lengkap Siswa sendirilah yang harus mengartikan apa yang telah diajarkan dengan menyesuaikan terhadap pengalaman­pengalaman siswa. Pengetahuan atau pengertian dibentuk oleh siswa secara aktif, bukan hanya diterima secara pasif dari guru.

Penelitian pendidikan sains pada tahun-tahun terakhir telah menunjukkan suatu pergeseran ke arah paradigma pembelaj aran konstruktivis. Berkenaan dengan pembelajaran konstruktivis, tugas seorang guru adalah menyediakan atau memberikan kegiatan yang dapat merangsang keingintahuan siswa dan membantu mengekspresikan gagasan-gagasan siswa serta mengkomunikasikan ide ilmiahsiswa. Jadi Peranan guru dalam pembelajaran adalah donwload ptk MA kelas XII mediator dan fasilitator dalam pembentukan pengetahuan dan pemahaman siswa.

Para pakar pendidikan telah mengembangkan berbagai sistem pembelajaran yang lebih memperhatikan aspek siswa, yang salah satunya adalah pembelajaran dengan pendekatan POE (Predict-Observe-Explain). Model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) merupakan suatu model yang efisien untuk menciptakan diskusi para siswa mengenai konsep tentang konsep Fisika. Model pembelajaran POE melibatkan siswa dalam meramalkan suatu fenomena, melakukan observasi melalui demonstrasi atau eksperimen, dan akhirnya menj elaskan hasil demonstrasi dan ramalan mereka sebelumnya. contoh PTK fisika lengkap pdf Kemampuan POE (prediksi, observasi, eksplanasi) dapat menyelidiki gagasan siswa dan cara mereka dalam menerapkan pengetahuan pada keadaan yang sebenarnya (praktikum).

Pembelajaran model POE memungkinkan siswa berpindah atau bergerak dan bekerja atau belajar dalam kelompok, mengandung unsur permainan, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam pembelajaran. Kesiapan guru untuk mengenal karakteristik siswa dalam pembelajaran merupakan modal utama penyampaian bahan belajar dan menjadi indikator kesuksesan pelaksanaan pembelajaran. ptk fisika kurikulum 2013 Model pembelajaran POE, siswa diharapkan dapat memprediksi bagaimana suatu fenomana terjadi yakni penyebab perubahan sifat benda serta perubahan benda yang dapat dan tidak dapat kembali. Siswa melakukan pengamatan melalui percobaan yang dilakukan secara berkelompok untuk membuktikan prediksi yang telah dibuat. Kegiatan pengamatan dalam model pembelajaran POE, diharapkan siswa dapat membuktikan sendiri mengenai perubahan sifat benda.

Kegiatan berikutnya yaitu siswa mendiskusikan fenomena yang telah diamati secara konseptual­matematis, serta membandingkan hasil observasi dengan hipotesis sebelumnya bersama kelompok masing-masing. Setelah itu dilanjutkan dengan mempresentasikan hasil observasi di kelas, serta kelompok lain memberikan tanggapan, sehingga diperoleh kesimpulan dari permasalahan yang sedang dibahas judul ptk fisika lengkap. Pada pembelajaran dengan model POE, siswa diberi kebebasan untuk memprediksi, mengamati, menganalisis dan menarik kesimpulan sendiri. Selain itu, siswa juga dilatih untuk menyelidiki konsep yang belum dipahami dan membangkitkan rasa ingin tahu siswa terhadap suatu fenomena atau kejadian yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Dikaitkan dengan pengertian Fisika sebagai bagian dari IPA, model pembelajaran dengan POE ini cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran Fisika. Hal ini karena POE lebih menekankan pada keaktifan siswa dalam belajar, siswa diberi kebebasan untuk memprediksi, mengamati, menganalisis dan menarik kesimpulan sendiri . Hal itu akan lebih membuat belajar Fisika menjadi menyenangkan dan lebih berkesan, karena siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Fisika merupakan generalisasi dari gejala alam yang tidak perlu dihafal tetapi perlu dimengerti, dipahami dan diterapkan.

Sistem pembelajaran yang diterapkan di SMA Swasta Persiapan Stabat, lebih didominasi oleh pembelajaran model ceramah dan diskusi. Siswa cenderung pasif karena siswa hanya menerima materi dan latihan soal dari guru, judul-judul ptk terbaru sma hal itu tidak cukup mendukung penguasaan terhadap konsep Fisika menjadi lebih baik. Masih rendahnya penguasaan terhadap konsep Fisika ditandai oleh nilai hasil Fisika siswa yang masih rendah. Hasil belajar yang diharapkan jika kompetensi yang diharapkan sekolah bisa mencapai 75 % siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 65.

Berdasarkan uraian latar belakang tersebut, maka upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMA Swasta Persiapan Stabat, peneliti tertarik untuk mencoba menerapkan model pembelajaran POE (predict-observe-explain) guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui suatu penelitian tindakan kelas untuk kenaikan pangkat.

Post a Comment for "CONTOH PTK FISIKA K13 SMA DAN MA DOC"