Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

DOWNLOAD PTS KEPALA SEKOLAH SD SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS LENGKAP

Hasil pengamatan peneliti terhadap penggunaan alat peraga pembelajaran di SD menyimpulkan belum semua guru menggunaan alat peraga/media pembelajaran pada proses belajar mengajar pts kepemimpinan kepala sekolah. Guru beranggapan bahwa penggunaan alat peraga sangat merepotkan dan membutuhkan waktu yang cukup banyak pts kepala sekolah berprestasi pdf. Mereka merasa kesulitan menggunaan alat peraga pembelajaran, hal ini mengakibatkan komunikasi serta interaksi antara guru dan peserta didik tidak berjalan secara maksimal.




Upaya peningkatan kemampuan guru khususnya pada penggunaan alat peraga pembelajaran dapat dilakukan oleh kepala sekolah salah satunya adalah dengan melaksanakan kegiatan kunjungan kelas. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah dengan empat langkah pokok, yaitu : perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleks. Subjek penelitian adalah guru kelas di SD yang terdiri dari 11 orang guru kelas I  s.d  guru kelas VI. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah peningkatan kemampuan guru dalam kunjungan kelas. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Validasi data dengan teknik triangulasi download pts 2020. Metode analisis  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan  analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam perencanaan pembelajaran menggunakan alat peraga pembelajaran pada kondisi awal hanya mencapai angka rerata sebesar 57,58 dengan kriteria kurang dan siklus pertama meningkat menjadi 68,18 dalam kriteria cukup dan pada siklus terakhir menjadi 80,30 dalam kriteria sangat baik, dan secara individual per guru pada kondisi awal belum ada guru yang dinyatakan tuntas, meningkat menjadi 5 guru atau 45,45% dan pada siklus terakhir menjadi 11 orang guru atau 100%, dan kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan alat peraga pembelajaran pada kondisi awal hanya mencapai angka rerata sebesar 59,22 dengan kriteria kurang dan siklus pertama meningkat menjadi 69,57 dalam kriteria cukup dan pada siklus terakhir menjadi 84,22 dalam kriteria sangat baik, dan secara individual per guru pada kondisi awal belum ada guru yang dinyatakan tuntas, meningkat menjadi 5 guru atau 45,45% dan pada siklus terakhir menjadi 11 orang guru atau 100%. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi dengan teknik kunjungan kelas terbukti dapat meningkatkan kemampuan guru-guru di SD Negeri Cimanggu 01 Semester 2  Tahun Pelajaran 2015/2016 dalam penggunaan alat peraga pembelajaran.

Kata Kunci : kemampuan, alat peraga pembelajaran, kunjungan kelas

2 comments for "DOWNLOAD PTS KEPALA SEKOLAH SD SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS LENGKAP "