Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK SD SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBdP)

Berkreasi, menciptakan, maupun memberi inovasi dalam budaya merupakan salah satu hal menarik yang disukai anak sekolah. Tetapi, tidak semuanya bisa nyaman pada pelajaran tersebut hingga rekan guru harus mengambil PTK SD Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) agar bisa memecahkannya.

Kenyataan yang terjadi di lapangan ialah, mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) sering dianggap remeh karena terkesan santai dan hanya itu-itu saja. Membuat siswa malas dan enyah terhadap kebuadayaannya, bahkan justru hal seperti itu jadi masalah bagi rekan guru agar dipecahkan.
Karena pelajaran Seni Budaya dan Prakarya sudah seringkali dianggap santai oleh anak-anak kelas, maka tidak jarang mereka mengeluh terus ketika rekan guru meminta para siswa melakukan suatu ketrampilan. Begitu juga dalam rangka mengenal kebudayaan sendiri sekalipun.

Padahal, mata pelajaran ini juga sama pentingnya seperti Matematika, IPA, IPS dan Bahasa Inggris. Meskipun sifatnya tidak se-intense rangkaian diatas, namun SBdP cukup membantu para murid untuk mengenal kreatifitas serta kebudayaan, minimalnya di daerah sendiri.
Apalagi bila ada hal lain yang berkaitan dengan prakarya. Seperti membuat sebuah kerajinan, melukis diatas kanvas atau menggunakan cat air serta ketika disuruh untuk menari dan menyanyi tarian tradisional pun lagu-lagu daerah. Admin perkirakan sudah pasti mereka akan malas lebih dulu.

Dalam melaksanakan PTK SD Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) tidak cukup sulit kalau rekan guru benar-benar sudah melakukan sebuah perencanaan, serta pengamatan kecil sejak awal terhadap anak didik di kelas. Karena dalam pelajaran ini sedikit berbeda dengan lainnya.

Kebanyakan, anak-anak di kelas pasti dibiarkan saja dengan diberi pekerjaan dan waktu panjang untuk mengerjakannya semaksimal mungkin. Sehingga terkadang suasana kelas kurang kondusif. Itu sebabnya, kondisikan kelas senyaman mungkin dan peserta didik tidak beranjak dari bangku.

DOWNLOAD LENGKAP PTK SENI BUDAYA SMP

Dari sana, Anda dapat melihat masalah yang mungkin timbul dari pelajaran melatih kreatifitas seperti ini. Misal, kenapa kira-kira mereka tidak fokus mengerjakan, mengapa beberapa anak memilih untuk mengabaikannya. Setelah itu, bisa dilakukan penelitian seperti yang telah dibahas sebelumnya.

Melakukan PTK SD Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) memang sedikit sulit mengingat masalah yang tidak ditampakkan secara nyata, namun terselubung dibalik rasa nyaman dan santai dalam berkreasi. Admin sarankan, perhatikan selalu siswa rekan guru agar bisa memberi solusi belajar mereka.


Post a Comment for "PTK SD SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBdP)"