Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK BAHASA INGGRIS

Di Indonesia, Bahasa inggris selain menjadi bahasa internasional, dalam keseharian juga dianggap sebagai bahasa asing. Tidak banyak siswa yang dapat menguasai Bahasa Inggris dengan baik. Untuk itu, PTK Bahasa Inggris dirasa penting untuk dilakukan seorang guru untuk meningkatkan kualitas belajar siswa-siswi.Kesulitan guru dalam menyampaikan pembelajaran Bahasa Inggris melatar belakangi diadakannya PTK. Diharapkan, akan bisa menghasilkan banyak metode atau strategi-strategi baru yang lebih efektif dalam mengenalkan Bahasa Inggris kepada siswa-siswi.Kesulitan guru yang pertama biasanya berkaitan dengan siklus lisan. Siklus lisan ini biasanya dikarenakan siswa-siswi yang tidak terbiasa mengenal bahasa lain di luar bahasa kesehariannya. Dalam hal ini tentu seorang guru harus menemukan strategi yang tepat dalam PTK khususnya dalam penggunaan bahasa secara lisan.

Senada dengan hal tersebut, siklus lisan biasanya juga berkaitan dengan pelafalan/pengucapan vocabulary (Kosakata). Pelafalan ini biasa disebut dengan pronounciation. Seperti yang diketahui, Bahasa Inggris memiliki kaidah-kaidah dalam pelafalan katanya.Kesulitan selanjutnya ada pada penggunaan struktur kalimat dalam Bahasa Inggris atau biasanya disebut dengan grammar. Untuk menguasai Bahasa Inggris, salah satu kunci utamanya adalah dengan mengetahui grammar dan biasanya seseorang mengingatnya dengan cara menghafalkan.Secara umum, tujuan PTK Bahasa Inggris tidak jauh berbeda dengan PTK lainnya. Yaitu untuk memperbaiki metode atau strategi yang kurang efektif untuk diganti yang lebih baik. Namun, setiap materi memiliki hasil atau solusi masing-masing sesuai permasalahan yang terjadi saat pembelajaran.Hal pertama yang harus diketahui adalah, Bahasa Inggris termasuk materi wajib yang diberikan kepada siswa-siswi untuk mengembangkan, membimbing dan membina kemampuan berbahasa Inggris dengan baik. Hal ini bertujuan agar siswa-siswi dapat berkomunikasi baik secara aktif maupun pasif.
Maka, tujuan diadakan PTK untuk membimbing siswa-siswi lebih aktif lagi menggunakan Bahasa Inggiris. Selain itu, permasalahan mengenai siklus lisan, struktur kalimat, dan pembiasaan dalam berkomunikasi keseharian dapat diatasi.Dalam proses pembelajaran, banyak faktor dapat dilihat sebagai penyebab permasalahan yang muncul. Faktor-faktor ini juga akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa-siswi. Faktor tersebut meliputi Metode Belajar, Stimulis Belajar, dan Individual seorang siswa.Melihat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar, maka seorang guru juga harus benar-benar mempertimbangkan penggunaan strategi pembelajaran dalam menyampaikan materi. Dalam hal ini, ternyata masih banyak guru yang masih menggunakan komunikasi hanya dengan satu arah saja.Dengan cara tersebut, seorang guru diposisikan sebagai pemberi pengetahuan yang pasif dan membuat siswa menjadi pasif pula. Sedangkan seharusnya, siswa harus dibuat lebih aktif untuk merangsang pengetahuan yang dimiliki.

Melihat pentingnya melakukan PTK Bahasa Inggris ini, guru diharapkan banyak melakukan berbagai kegiatan dalam pembelajaran siswa-siswi. Sehingga, dapat menjadi alternatif agar proses belajar mengajar menjadi lebih baik. Berikut beberapa contoh PTK yang bisa dijadikan referensi.

2 comments for "PTK BAHASA INGGRIS"

  1. bagaimana cara mendapatkan ptk lengkapnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. jasa pembuatan PTK PTS sekolah bisa hubungi WA di atas terimakasih sudah berkunjung

      Delete