Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK PKN SMA KELAS X LENGKAP FORMAT DOC

PTK PKN SMA KELAS X LENGKAP FORMAT DOC-Upaya untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam penerapan Model Penyelidikan Berkelompok (Group investigation) adalah 1) guru mempersiapkan format pembagian kelompok dengan memperhatikan keragaman kemampuan akademik siswa, 2) ptk pkn kenaikan pangkat memotivasi siswa untuk lebih aktif lagi dalam melakukan penyelidikan berkelompok dan menumbuhkan tingkat kepercayaan diri siswa untuk menyelidiki, proposal pkn sma 3) pengalokasian waktu lebih efektif tertuang dalam RPP yang dirancang secara baik dan matang, dan 4) guru dapat menginformasikan kepada siswa cara belajar Model Pembelajaran Penyelidikan Berkelompok (Group Investigation) yang baik sehingga siswa paham dan timbul motivasi untuk mengikuti pembelajaran dengan baik contoh ptk mapel pkn.

DOWNLOAD LENGKAP CONTOH PTK PKn SMA KURIKULUM 2013 DOC

DOWNLOAD CONTOH LAPORAN PTK PKN SMK DOC KURTILAS

PTK PPKN

Implementasi model penyelidikan pada pembelajaran PKn ditemukan ada peningkatan hasil belajar siswa yang diperoleh pada setiap siklusnya dengan demikian, hasil belajar PKn kelas X.IPA.4 8 Kota Tangerang berada di atas target minimal keberhasilan belajar berdasarkan Kriteria ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah ptk pkn man.

Hasil analisis kemampuan berpikir kritis siswa selama tindakan I sampai III menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat. Pada tindakan I belum terlihat adanya kemampuan berpikir kritis pada siswa, pada tindakan II menunjukkan sedikit peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siswa sebanyak 9,1 %, kemampuan berpikir kritis siswa pada tindakan III ini mengalami peningkatan sebanyak 63,6 %, dan hal ini merupakan suatu kemajuan yang dinilai sangat baik.


PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING MELALUI TEKNIK JIGSAW DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X.IPA4 PADA PEMBELAJARAN PKN SMAN 8 KOTA TANGERANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991 

Latar Belakang Masalah
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh penulis di SMA Negeri 1 Cibitung, permasalahan dalam pembelajaran yang dialami oleh Guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) adalah mengenai keadaan kelas yang pasif dalam belajar dan siswa hanya mampu mengembangkan kemampuan mengingat/hapalan saja. Pada saat berlangsungnya proses belajar mengajar siswa tidak banyak bertanya ataupun menjawab pertanyaan guru, sehingga hal ini dirasakan sebagai kendala bagi pengajar (guru) mata pelajaran PKn, yang dapat menghambat tercapainya tujuan pengajaran PKn yang salah satunya adalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa download contoh ptk.
Selain itu, dalam pembelajaran di kelas guru seringkali mengalami putus asa apabila dihubungkan dengan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Sedangkan tujuan pengajaran PKn adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan siswa dalam memahami dan menghayati nilai-nilai luhur budaya bangsa yang tercermin dalam suatu sikap dan kepribadian yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila ptk pkn doc.
Pendidikan kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang diharapkan dapat membina nilai moral siswa dan pembentukan watak, yaitu nilai moral Pancasila.

Seperti yang dikemukakan oleh Kosasih Djahiri (1996: 7) bahwa melalui mata pelajaran ini diharapkan siswa mampu menguasai ptk format doc:
a. Nalar akan konsep dan norma Pancasila dalam berbagai fungsi dan perannya.
b. Melek konstitusi (UUD 1945) dan perangkat hukum yang berlaku dalam negara RI.
c. Menghayati dan meyakini nilai, moral serta agama, budaya yang diakui negara RI.
d. Mengamalkan dan membudayakan hal tersebut sebagai sikap dan perilaku kehidupannya dengan penuh kehidupan dan nalar.

Pendidikan pada ptk pkn kelas X hakekatnya adalah proses pencerdasan manusia atau subjek didik. Proses ini akan bermuara pada tumbuhnya dan dimilikinya seperangkat kecerdasan pada diri subjek didik untuk selanjutnya kecerdasan ini diharapkan dapat menjadi modal atau alat utama pemecahan masalah yang dihadapi oleh subjek didik itu di waktu-waktu selanjutnya sepanjang hayat, baik sebagai individu, sebagai warga penelitian tindakan kelas lengkap suatu kelompok masyarakat luas, dan balikan sebagai warga bangsa.

Dalam Sistem Pendidikan Nasional, kerangka di atas dirumuskan dalam Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 yang menyatakan bahwa : contoh ptk lengkap “Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”
PKn atau Pendidikan Kewarganegaraan sebagai salah satu mata pelajaran meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang memiliki keterampilan hidup bagi diri masyarakat, bangsa dan negara.

Nu’man Somantri (2001: 299) mengemukakan bahwa ptk pkn sma terbaru 2018:
“Pendidikan Kewarganegaraan adalah program pendidikan yang berintikan demokrasi politik yang diperluas dengan sumber-sumber pengetahuan lainnya. Pengaruh-pengaruh positif dari pendidikan sekolah, masyarakat, orang tua, yang kesemuanya diproses guna melatih siswa untuk hidup demokratis yang berdasarkan Pencasila dan UUD 1945.”

Namun, kondisi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan selama ini kurang mendukung terhadap tujuan Pendidikan Kewarganegaraan itu sendiri. Ini ditandai dengan proses pembelajaran yang masih bersifat tradisional tersebut disebabkan oleh paradigma lama Pendidikan Kewarganegaraan, yaitu bahwa Pendidikan ptk pkn kurikulum 2013 Kewarganegaraan merupakan struktur keilmuan yang tidak jelas, materi disesuaikan dengan kepentingan politik rezim, hanya memiliki visi untuk memperkuat state building yang bermuara pada posisi warga negara yang lemah ketika berhadapan dengan penguasa. Akibatnya, semakin sulit untuk mengembangkan karakter warga negara yang demokratis.

Reformasi dalam pembelajaran perlu dibangun dan dikembangkan guna menciptakan suasana belajar yang lebih demokratis, sehingga suasana interaksi kelas baik antara guru dengan siswa, maupun siswa dengan siswa itu sendiri dapat tumbuh dan berkembang. Pola interkasi kelas yang tidak seimbang, tidak dapat menciptakan suasana belajar yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. download ptk kurikulum 2013 Peran guru sebagai infrastruktur perlu mengalami pergeseran menjadi fasilitator atau pemandu dalam belajar. Upaya untuk menciptakan suasana belajar yang demikian sangat memungkinkan tumbuhnya cara-cara belajar kerjasama, melalui kegiatan belajar secara gotong royong (cooperative learning) dengan teknik jigsaw.

Dengan digunakannya cooperative learning yang syarat dengan nilai moral dalam pembelajaran di kelas, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam belajar. Sehingga siswa dapat mengembangkan kemampuannya dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat, mencerdaskan kehidupan bangsa dan untuk mengembangkan potensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tujuan Pendidikan Nasional contoh ptk lengkap doc.

Cooperative learning sebagai model pembelajaran yang kreatif dan inovatif merupakan satu solusi yang dianggap efektif. Pengembangan model pembelajaran ini perlu diupayakan guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam belajar. Cooperative learning memungkinkan siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran sehingga memberikan dampak yang positif terhadap kualitas interaksi dan komunikasi diantara siswa. Interaksi dan komunikasi yang berkualitas ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Teknik jigsaw merupakan teknik belajar mengajar yang dikembangkan oleh Aronson et al. Dalam teknik ini, guru memperhatikan skema atau latar belakang pengalaman siswa dan membantu siswa mengaktifkan skemata ini agar bahan pelajaran menjadi lebih bermakna. Selain itu, siswa bekerja dengan sesama siswa dalam suasana gotong royong dan mempunyai banyak kesempatan untuk mengolah informasi dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi ptk pkn gratis.

Tidak semua kerja kelompok bisa dianggap sebagai belajar dengan metode cooperative learning. Keinginan baik para guru untuk mengaktifkan para siswa perlu dihargai. Namun, para guru juga perlu dikenali dengan sedikit latar belakang, landasan pemikiran, dan penerapan metode pembelajaran gotong royong untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

2 comments for "PTK PKN SMA KELAS X LENGKAP FORMAT DOC"

  1. terimakasih contoh PTK nya sangat membantu dan menginspiras

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap. semoga bisa membantu dalam penyusunan PTK nya sukses selalu

      Delete