Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

DOWNLOAD CONTOH PTK PKn SMP MTS KURIKULUM 2013 DOC

DOWNLOAD CONTOH PTK PKn SMP MTS KURIKULUM 2013 DOC-Haii pembaca blog pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan untuk Anda tentang contoh penelitian tindakan kelas (PTK) SMP bidang studi PKn. Bersama dengan postingan ini semoga membantu  bapak atau ibu guru SMP kelas VII dalam menyusun PTK PKn untuk kepentingan apapun seperti kenaikan pangkat. Referensi tentang PTK PKn SMP kelas VIII ini menggunakan kurikulum 2013 lengkap dari cover sampai lampiran serta file yang kami berikan sudah berformat word document atau doc yang bisa Anda edit dengan kebutuhan Anda. Tulisan kami ini memang bertujuan untuk memberikan inspirasi berupa ide penelitian PTK Kurikulum 2013 yang dapat di download.

DOWNLOAD PTK PKn SMP KELAS IX TERBARU

PTK SMP PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PKN)

CONTOH PTK MTs KELAS VII, VIII, DAN IX

PTK PKN LENGKAP

Penelitian Tindakan Kelas (PTK ) Sekolah Menengah Pertama/SMP untuk bidang studi PKn ini bisa langsung Anda download file dari unduhan tersebut berformat pdf. Anda dapat mengunduh program pdf reader/ program pembaca berkas pdf di sini apabila Anda belum memilikinya karena untuk bisa membaca file berekstensi pdf harus memiliki program pdf reader tersebut. Banyak sekali referensi mengenai PTK pendidikan kewarganegaraan yang tersedia di internet yang bisa digunakan salah satu pemicu inspirasi untuk melakukan penelitian. Tetapi juga banyak sekali file atau sumber yang tidak bisa kita download dengan lengkap karena hanya spam. Karena itulah kami ingin berbagi dan bertujuan untuk memudahkan Anda dengan memberikan berbagai contoh Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) PKn yang sudah siap download lengkap.

Memang tidak mudah menyusun penelitian tindakan kelas yang sangat menyita waktu. Pekerjaan kita di ranah akademik maupun administratif juga sudah sangat menyita waktu. Kami juga menyediakan jasa penyusunan PTK dari jenjang TK, SD, SMP, dan SMA. Ditambah lagi, inspirasi yang bagus yang mudah-mudahan saja diperoleh dari tulisan ini.

Contoh PTK PKn SMP Kurikulum 2013 Doc Lengkap

  • UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI FUNGSI DAN KEDUDUKAN UUD 1945 DALAM SISTEM HUKUM NASIONAL DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) PADA SISWA KELAS VIII A   MTs MU KOTA KELAHIRANKU TAHUN PELAJARAN 2017/2018


  • “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII.3 SMP NEGERI 7 KOTA KELAHIRANKU MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI POKOK NORMA DAN KEADILAN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019” 


  • Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Dengan Metode Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas VIIb SMP Negeri  Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015
  • Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Ceramah Bervariasi Dan Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VIII A Semester II Tahun Ajaran 2016 / 2017 

Contoh PTK PKN/PPkn SMP Di Masa Pandemi Covid

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn SISWA KELAS VII A SMP NEGERI DI MASA PANDEMI COVID 19 DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Download Katalog Judul PTK SMP/MTS Klik Disini

Kegiatan belajar mengajar dalam dunia pendidikan merupakan sebuah usaha yang ditempuh untuk mengembangkan sumber daya manusia. Oleh karena itu, pendidikan memiliki peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia bagi kehidupan dimasa yang akan datang. Menempuh proses pendidikan dapat dilakukan melalui 3 jalur yaitu pendidikan formal, pendidikan non formal dan pendidikan informal. Mayoritas pendidikan ditempuh melalui jalur pendidikan formal (Sekolah) sehingga dengan bersekolah, manusia akan lebih banyak untuk mengembangkan potensi diri download ptk pkn smp doc. 

Kegiatan belajar mengajar (KBM) merupakan interaksi tatap muka yang terjadi antara guru dan peserta didik didalam kelas sebelum merebaknya virus covid 19. Namun setelah pandemic covid 19 melanda Negara kita, peroses kegiatan belajar mengajar tidak bisa lagi dilakukan secara daring. Melainkan kegiatan belajar mengajar harus diselenggrakan secara daring. Hal ini dilakukan agar peserta didik tidak terpapar virus covid 19. Dalam proses belajar mengajar yang dilakukan secara daring, pendidik atau guru memiliki peranan penting sebagai fasilitator, motivator, dan mediator untuk peserta didik ptk pkn smp kelas 7 8 9 kurikulum 2013.

Hasil observasi terhadap kegiatan belajar mengajar secara daring pada mata pelajaran PPKn yang diperoleh melalui kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri pada kelas VII A, menunjukan permasalahan dalam pembelajaran selama pandemic covid 19, yaitu menurunnya hasil belajar peserta didik yang ditunjukan dari nilai tugas dan ulangan harian yang jauh dari KKM yang telah ditetapkan. Pada waktu pembelajaran berlangsung terlihat tidak banyak siswa yang bertanya saat kegiatan belajar dan saat ditanya siswa tidak dapat menjawab. Siswa juga tidak langsung paham mengenai penjelasan guru salah satunya saat guru menjelaskan materi. Sangat banyak siswa kelas VII A  yang belum paham dan perlu diulang ketika guru menjelaskan suatu materi PPKn download ptk pkn smp kelas 7 8 9.

Selain itu siswa juga kurang antusias dan kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar secara daring. Untuk itu guru mencoba menerapkan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas VII A SMP Negeri, Setelah diterapakan, didapatkan hasil yang cukup memuaskan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas VII A SMP Negeri dapat meningkatkan Kemampuan Menulis peserta didik Kelas VII A SMP Negeri pada materi “Keberagaman Dalam Masyarakat Indonesia”. Hal tersebut dapat diketahui dari data pada siklus I, mulai terjadi peningkatan pada Hasil Belajar siswa Kelas VII A. Terdapat 23 (82,14%) siswa Kelas VII A yang mencapai criteria KKM, dengan nilai rata-rata mencapai 81,07. Sedangkan pada siklus II terdapat 26 (92,85%) siswa yang mencapai KKM, dengan nilai rata-rata mencapai 85,89 yang telah ditentukan

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Kelas VII A, PPKn. 

Kegiatan belajar mengajar dalam dunia pendidikan merupakan sebuah usaha yang ditempuh untuk mengembangkan sumber daya manusia. Oleh karena itu, pendidikan memiliki peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia bagi kehidupan dimasa yang akan datang. Dapat diketahui pendidikan merupakan Tujuan Negera Indonesia yang tertulis didalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesisa tahun 1945 yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Menurut undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 pendidikan dilakukan untuk mengembangkan potensi yang ada didalam diri sehingga memiliki kekutan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, aklak mulia dan ketrampilan. Pentinganya pendidikan bagi manusia sehinga pendidikan telah dilakukan sejak usia dini. Pemerintahan yang berkuasa di Indonesia selalu berupaya dalam meningkatkan kualitas dari pendidikan pendidikan.

Contoh PTK PKn SMP Kurikulum Sekolah Penggerak (KSP) Kurikulum Prototype atau Prototipe 2022

Menempuh proses pendidikan dapat dilakukan melalui 3 jalur yaitu pendidikan formal, pendidikan non formal dan pendidikan informal. Mayoritas pendidikan ditempuh melalui jalur pendidikan formal (Sekolah) sehingga dengan bersekolah, manusia akan lebih banyak untuk mengembangkan potensi diri. Suatu bangsa atau negara dapat melangkah menjadi maju apabila generasi penerusnya belajar di sekolah, Melaluli belajar, masyarakat akan mendapat modal untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.
Jenjang pendidikan formal di Negara kita, Indonesia terdiri dari jenjang dasar (wajib belajar 9 tahun), menengah, dan tinggi. Pada setiap akhir dalam suatu jenjang, pendidik akan mempersiapkan peserta didik agar mampu melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi ptk pkn jadi kurikulum prototype.

Sepertihalnya peserta didik yang akan naik jenjang, dari Sekolah Dasar, menuju jenjang menengah. Siswa (peserta didik) akan diarahkan untuk melanjutkan kejenjang lebih tinggi melalui SMP. Semakin tinggi jenjang yang ditempuh, maka semakin tingginya tuntutan yang harus diterima peserta didik (siswa).. Kompetensi sangat diperlukan oleh peserta didik untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Sebuah kompetensi dari pelajar berbeda, karakter  setiap murid juga berbeda sehingga tingkat kemampuan pemahaman materi juga dapat berbeda, sehingga sebagai pengarah belajar harus mengembangkan kemampuan dan kreasinya dalam mengajar siswa yang wajib dimiliki seorang guru, barupa teknik mengajar, pengelolaan pembelajaran dan beberapa model pembelajaran yang diterapkan agar siswa selalu antusias dan aktif dalam pembelajaran ptk pkn smp untuk kenaikan pangkat ptk pkn smp pdf kurikulum prototipe. 

Kegiatan belajar mengajar (KBM) merupakan interaksi tatap muka yang terjadi antara guru dan peserta didik didalam kelas sebelum merebaknya virus covid 19. Namun setelah pandemic covid 19 melanda Negara kita, peroses kegiatan belajar mengajar tidak bisa lagi dilakukan secara daring. Melainkan kegiatan belajar mengajar harus diselenggrakan secara daring. Hal ini dilakukan agar peserta didik tidak terpapar virus covid 19. Dalam proses belajar mengajar yang dilakukan secara daring, pendidik atau guru memiliki peranan penting sebagai fasilitator, motivator, dan mediator untuk peserta didik.

Hasil observasi terhadap kegiatan belajar mengajar secara daring pada mata pelajaran PPKn yang diperoleh melalui kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri pada kelas VII A, menunjukan permasalahan dalam pembelajaran selama pandemic covid 19, yaitu menurunnya hasil belajar peserta didik yang ditunjukan dari nilai tugas dan ulangan harian yang jauh dari KKM yang telah ditetapkan. Dapat dilihat saat kegiatan pembelajaran hanya sedikit murid yang mengajukan pertanyaan saat prose pembelajaran dan waktu ditanya murid tidak dapat menjawab contoh ptk pkn kurikulum sekolah penggerak KSP.

Siswa juga tidak langsung paham mengenai penjelasan guru salah satunya saat guru menjelaskan materi. Sangat banyak siswa kelas VII A  yang belum paham dan perlu diulang ketika guru menjelaskan suatu materi PPKn. Selain itu siswa juga kurang antusias dan kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar secara daring. Hal ini ditunjukan dengan seringnya siswa kelas VII A yang hadir terlambat saat pembelajaran daring dilakukan, atau peserta didik tidak memperhatikan penjelasan dari guru saat kegiatan belajar mengajar secara daring berlangsung. Murid kesulitan menjawab suatu pertanyaan karena murid kurang memahami mengenai materi yang diberikan dan tidak mau bertanya. Ketidakmampuan siswa dalam menjawab pertanyaan mengindikasikan pemahaman siswa terhadap materi sangat rendah. Keengganan siswa untuk melakukan pertanyaan disebabkan beberapa kemungkinan misalnya karena takut atau malu. Hal tersebut bisa dilihat setelah bapak/ibu guru mendorong/memaksa menjawab maka siswa baru mau bertanya. Permasalahan-permasalahan seperti ini akhirnya berdampak pada Hasil Belajar siswa kelas VII A yang sangat jauh dari KKM yang telah ditentukan. 

Diskusi kelompok merupakan strategi belajar mengajar yang tepat untuk meningkatkan kualitas interaksi virtual antar peserta didik (Suprijanto, 2007: 97). Diskusi dapat mendorong partisipasi siswa dalam pembelajaran, dalam pembelajaran diskusi siswa kelas VII A akan belajar lebih banyak daripada yang hanya duduk dan mendengarkan. Selain itu diskusi mendorong seseorang untuk mendengarkan dengan baik, dan akan aktif dalam menemukan jawaban dalam permasalahan Model pembelajaran harus melibatkan siswa secara keseluruhan untuk aktif dalam pembelajaran yang diselenggarakan secara daring, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat ptk pkn smp masa pandemi.

Model pembelajaran yang digunakan harus memperhatikan kondisi atau karakter peserta didik, faselitas, dan juga kondisi lingkungan siswa kelas VII A SMP Negeri yang saat ini masih berbahaya, karena merebaknya virus covid 19. Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan di Kelas VII A SMP Negeri bahwa model pembelajaran yang biasa dipakair yang biasah digunakan, sangat kurang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri. Pemilihan model pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik materi, siswa dan lingkungan belajar. Hasil observasi pra penelitian didapat bahwa siswa pada Kelas VII A SMP Negeri kurang aktif dalam pembelajaran.

Model Pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa Kelas VII A SMP Negeri yaitu dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Siswa dituntut saling membantu untuk memahami materi. Pelajar yang belum mengerti akan diajarkan oleh pelahar yang sudah mengerti dalam satu kelompoknya. Pembelajaran STAD akan membuat pembelajaran menjadi aktif. Pelajar yang sebelumnya enggan bertanya karena takut atau malu dan belum paham akan bertanya kepada teman dalam satu kelompok yang sudah paham, dan sebaliknya siswa yang ditanya akan mengajari siswa/temanya yang belum paham. Diharapkan model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 
Kesimpulan dari uraian diatas diketahui beberapa masalah yang harus diselesaikan. Permasalahan pembelajaran di kelas VII A SMP Negeri yaitu menurunnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran maka peneliti termotivasi untuk meneliti permasalahan tersebut.


Terima kasih telah berkunjung di blog Kami yang membahas Download Lengkap Contoh ptk PKn SMP dan MTs Kurikulum 2013 lengkap doc. Semoga PTK pendidikan kewarganegaraan SMP ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

10 comments for "DOWNLOAD CONTOH PTK PKn SMP MTS KURIKULUM 2013 DOC"